Hari Lahan Basah Sedunia, FLHBN Cirebon Lakukan Penanaman Pohon

Cirebon,- Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara (FLHBN) Cirebon melakukan penanaman pohon, Kamis (18/02/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari lahan basah sedunia.

Acara yang berlangsung di Kawasan Pelabuhan Cirebon, dihadiri Wakil Walikota Cirebon, Danlanal, General Manager Pelindo, KSOP, hingga Kapolsek. Dimana, tanaman yang ditanam berupa pohon palem.

Ketua Umum FLHBN, M. Danny Djaelani mengatakan gerakan penanaman pohon merupakan salah satu bentuk kepedulian dari FLHBN dalam rangka hari lahan basah sedunia.

“Kita harus berkolaborasi dengan siapapun. Dan kebetulan Pelabuhan Cirebon akan ada pengembangan, khususnya pariwisata kearifan lokal. Sehingga ini momentum yang tepat dalam peringatan hari lahan basah sedunia,” ujar Danny.

BACA YUK:  Maksimalkan Ruang Terbuka untuk Pertunjukan Seni dan Budaya Cirebon

Menurut Danny, penanaman pohon secara simbolis ini mencirikan bahwa, pohon ini tumbuh berkembang. Diikuti juga tumbuh berkembang daripada Pelabuhan Cirebon itu sendiri.

“Dipilihnya pohon palem ini kalau di lihat menjulang keatas dan berjejer dan identik rapih. Sehingga pohon palem ini kita pilih,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan penanaman pohon ini menindaklanjuti pertemuan kemarin untuk membangun Kota Tua di Cirebon, salah satunya dengan penghijauan.

“Kita tadi sekalian berjalan dan melihat bangunan-bangunan tua di Pelabuhan. Ternyata bangunan tersebut bukan milik Pelindo, tetapi perorang,” ujar Eti.

BACA YUK:  1 – 8 Juni 2022, Gegesik Creartive Fest Digelar di Alun-alun Gegesik

Sehingga, ke depan pihaknya akan mengumpulkan pemilik-pemilik bangunan dan DKOKP terkait kawasan tersebut. Apakah kawasan tersebut masuk dalam cagar budaya atau tidak.

“Intinya mengumpulkan kawan-kawan terkait, yang nanti minimal untuk menata kembali. Agar bisa dikunjungi warga sekitar,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.