Gelar Seminar Awam, RS Sumber Kasih Hadirkan Tema 1.000 Hari Pertama Kehidupan

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon menggelar kegiatan seminar awam, Sabtu (20/11/2021). Kegiatan yang berlangsung di Swiss-belhotel Cirebon tersebut mengambil tema “Kehamilan, Persalinan dan 1000 hari pertama kehidupan”.

Kegiatan tersebut mengundang dua narasumber seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Amelia Suganda, SpoG dan dokter spesialis anak dr. Hj. Betty Bursyah, SpA. Dengan protokol kesehatan yang ketat, seluruh peserta dilakukan pemeriksaan swab antigen terlebih dahulu sebelum mengikuti seminar.

dr. Amelia Suganda menjelaskan pada seminar awam ini memberikan materi tentang 1000 hari pertama kehidupan. Dimana, proses tersebut merupakan yang paling penting atau periode emas dalam kehidupan kita sebagai manusia dari hamil sampai anak usia dua tahun.

BACA YUK:  Info Loker : RS Sumber Kasih

“Dari 1000 hari pertama kehidupan yang terpenting adalah nutrisi dari ibu hamil dan sampai anak kita berusia dua tahun. Saat proses hamil sampai melahirkan, nutrisi harus benar-benar diperhatikan,” ujar dr. Amel.

Karena, lanjut dr. Amel, saat kehamilan banyak sekali problem, sehingga diperlukan skrining. Dengan pemantauan dokter atau bidan agar kita dapat mengantisipasi problem-problem dan bagaimana cara mengatasinya dalam kehamilan.

“Kalau diceritain memang banyak A sampai Z, mulai dari masalah anemia, tekanan darah tinggi, faktor resiko perdarahan saat kehamilan dan melahirkan. Nah itu kita bisa melakukan skrining sebelumnya,” jelas Amel.

Selain itu, Amel menambahkan angka kematian ibu melahirkan paling sering disebabkan karena perdarahan. Hal tersebut bisa karena perdarahan saat kehamilan maupun pasca melahirkan.

BACA YUK:  Cordela Hotel Cirebon dan PPA LC Cirebon Gelar Murojaah Alquran dan Kajian Ramadhan

“Faktor resikonya banyak, karena tensi ibunya tinggi paling sering karena itu. Kedua karena tensi tinggi juga kejang, itu bisa menyebabkan kematian hamil dan melahirkan,” katanya.

Melanjutkan dari dr. Amel, dokter spesialis anak, dr. Betty menambahkan dari melahirkan sampai anak usia dua tahun termasuk dari 1.000 hari pertama kehidupan. Dari 1.000 hari pertama kehidupan, lanjut Betty, 270 hari merupakan masa pembuahan dan sampai lahir, dan setelah lahir itu selama 730 hari.

“Jadi bukan saja pada waktu lahir saja, tetapi sejak kehamilan dan anak berusia 2 tahun merupakan periode emas. Ini tidak boleh di sia-siakan, kita harus lakukan deteksi dini, stimulasi, pemberian nutrisi yang seimbang, dan kebiasaan hidup yang sehat dan bersih,” ujarnya.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 5 April 2022

dr. Amel menghimbau kepada ibu-ibu tidak boleh melewatkan periode emas 1.000 hari pertama kehidupan ini. Harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

“Empat hal tadi yang harus kita lakukan. nutrisi yang seimbang yang baik, pencegahan infeksi dan imunisasi. Imunisasi ini sangat penting, karena kalau anak sakit-sakitan tentu kualitas hidupnya tidak baik,” jelasnya.

“Kemudian stimulasi, kalau diam saja tidak dirangsang dan tidak distimulasi juga tidak akan mempunyai kualitas hidup yang baik. Dan terakhir, harus membiasakan hidup sehat dengan mencuci tangan, karena mencuci tangan dapat mencegah penyakit,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 37 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.