Senin, 25 Mei 2020

Catat Tanggalnya, BI Cirebon Akan Selenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Bila Masih Ditemukan Warga Mudik, Polresta Cirebon Akan Putar Balik Kendaraan

Cirebon,- Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus...

PSBB Tahap Kedua, Pusat Perbelanjaan Boleh Buka Normal

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memutuskan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Cirebon mulai...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Cirebon,- Sejalan dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, digitalisasi dan perkembangan inovasi telah merevolusi berbagai aspek kehidupan termasuk pada jasa layanan keuangan.

Inovasi ini dikenal dengan nama Financial Technology (Fintech) yang merupakan perpaduan antara layanan jasa keuangan dengan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, inovasi digital dalam bentuk Fintech ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan menjadi salah satu yang ditengarai dapat menjadi solusi pemerataan ekonomi.

Atas hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon akan menyelenggarakan acara Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 yang akan dilaksanakan selama dua hari di CSB Mall yaitu tanggal 9 dan 10 November 2019.

Loading...

Kepala KPw BI Cirebon, Fadhil Nugroho mengatakan maksud diselenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019 yaitu untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait perkembangan teknologi untuk mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

“Kalau secara umum CFF 2019 dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi khususnya terkait dengan ekonomi digital, inklusi keuangan dan ekosistemnya,” ujar Fadhil, Jumat (8/11/2019).

Lanjut Fadhil, selain memberikan pemahaman kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait implementasi teknologi finansial oleh industri atau pelaku fintech secara langsung.

“Ini juga untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda dan startup lokal khususnya di wilayah III Cirebon untuk berinovasi di bidang teknologi keuangan digital,” ungkapnga.

Selain itu, mengenalkan adanya alternatif transaksi pembayaran dan inovasi keuangan secara digital yang efektif dan efisien untuk mendorong kegiatan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat.

Memberikan pengalaman (experience) secara langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara fintech dalam kegiatan.

Memberikan ruang konsultasi dari regulator maupun industri, yang luas dan terbuka kepada masyarakat umum dan pelaku usaha untuk menggunakan layanan fintech, baik di bidang sistem pembayaran maupun lending/funding.

“Dan membuka peluang dan jalan hadirnya kolaborasi antara para penyelenggara fintech, pemerintah daerah, industri dan para pemangku kepentingan,” bebernya.

Kegiatan Fintech Festival akan diselenggarakan dalam 2 bentuk kegiatan yakni talkshow dan ekshibisi Fintech.

Talkshow nanti, kata Fadhil, akan ada pemaparan dan diskusi interaktif mengenai topik-topik yang berkaitan dengan teknologi dan digital ekonomi khususnya Fintech yang akan dipaparkan oleh para ahli baik dari regulator, pelaku bisnis Fintech dan narasumber lainnya.

“Kalau Ekshibisi Fintech ada booth penyelenggara Fintech untuk konsultasi dan coaching clinic kepada masyarakat atau pelaku bisnis untuk penggunaan layanan Fintech, termasuk layanan yang dapat dilakukan seperti pendaftaran merchant (Merchant on Boarding QRIS), layanan top up Uang Elektronik (UE), pembiayaan online, dsb,” jelasnya.

“Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan penampilan artis nasional, tradisional dan modern dance, standup comedy, doorprize dan games,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Sembuh

Cirebon,- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sembuh.Berdasarkan hasil...

Slamet Anak Sebatang Kara yang Tinggal di Rumah Hampir Ambruk

Cirebon,- Slamet (15) asal Blok Singkil 2 RT 02 RW 07, Desa Astanajapuran Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kondisinya terlihat memperihatinkan.Pasalnya, Slamet merupakan anak yatim...

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Cirebon,- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan satu pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5/2020).Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19...

H-2 Jelang Lebaran Idulfitri, Polresta Cirebon Terus Lakukan Penyekatan Selama 24 Jam

Cirebon,- H-2 jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2020, jajaran Polresta Cirebon bersama dengan unsur lainnya terus melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon.Kapolresta Cirebon, Kombes...

Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Minuman Keras Hasil Razia

Cirebon,- Polresta Cirebon memusnahkan barang bukti sepuluhan ribu botol minuman keras (miras) berbagai jenis hasil razia.Pemusnahan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten...

More Articles Like This