Senin, 18 November 2019

Catat Tanggalnya, BI Cirebon Akan Selenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019

Populer

Andra & The Backbone Meriahkan Puncak HUT ke-5 RSIA Cahaya Bunda Cirebon

Cirebon,- Perayaan puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda berlangsung meriah,...

Cirebon Bangga, Indonesia Bangga, Claudia Juarai The Voice of Germany 2019

Cirebon - Penyanyi asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso akhirnya memenangi ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019. Pada...

Puluhan Kendaraan Roda Dua Knalpot Bising Terjaring Satlantas Polres Cirebon

Cirebon-, Maraknya kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bising membuat Satuan Lalulintas Polres Cirebon melaksanakan penindakan pelanggaran dengan "hunting...

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Tradisi Panjang Jimat Muncul Sejak Masa Pemerintahan Pangeran Cakrabuwana

Cirebon,- Tradisi Maulid Nabi Saw, merupakan tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah Islamisasi di nusantara. Tradisi ini muncul...

Cirebon,- Sejalan dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, digitalisasi dan perkembangan inovasi telah merevolusi berbagai aspek kehidupan termasuk pada jasa layanan keuangan.

Inovasi ini dikenal dengan nama Financial Technology (Fintech) yang merupakan perpaduan antara layanan jasa keuangan dengan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, inovasi digital dalam bentuk Fintech ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan menjadi salah satu yang ditengarai dapat menjadi solusi pemerataan ekonomi.

Atas hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon akan menyelenggarakan acara Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 yang akan dilaksanakan selama dua hari di CSB Mall yaitu tanggal 9 dan 10 November 2019.

Loading...

Kepala KPw BI Cirebon, Fadhil Nugroho mengatakan maksud diselenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019 yaitu untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait perkembangan teknologi untuk mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

“Kalau secara umum CFF 2019 dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi khususnya terkait dengan ekonomi digital, inklusi keuangan dan ekosistemnya,” ujar Fadhil, Jumat (8/11/2019).

Lanjut Fadhil, selain memberikan pemahaman kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait implementasi teknologi finansial oleh industri atau pelaku fintech secara langsung.

“Ini juga untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda dan startup lokal khususnya di wilayah III Cirebon untuk berinovasi di bidang teknologi keuangan digital,” ungkapnga.

Selain itu, mengenalkan adanya alternatif transaksi pembayaran dan inovasi keuangan secara digital yang efektif dan efisien untuk mendorong kegiatan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat.

Memberikan pengalaman (experience) secara langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara fintech dalam kegiatan.

Memberikan ruang konsultasi dari regulator maupun industri, yang luas dan terbuka kepada masyarakat umum dan pelaku usaha untuk menggunakan layanan fintech, baik di bidang sistem pembayaran maupun lending/funding.

“Dan membuka peluang dan jalan hadirnya kolaborasi antara para penyelenggara fintech, pemerintah daerah, industri dan para pemangku kepentingan,” bebernya.

Kegiatan Fintech Festival akan diselenggarakan dalam 2 bentuk kegiatan yakni talkshow dan ekshibisi Fintech.

Talkshow nanti, kata Fadhil, akan ada pemaparan dan diskusi interaktif mengenai topik-topik yang berkaitan dengan teknologi dan digital ekonomi khususnya Fintech yang akan dipaparkan oleh para ahli baik dari regulator, pelaku bisnis Fintech dan narasumber lainnya.

“Kalau Ekshibisi Fintech ada booth penyelenggara Fintech untuk konsultasi dan coaching clinic kepada masyarakat atau pelaku bisnis untuk penggunaan layanan Fintech, termasuk layanan yang dapat dilakukan seperti pendaftaran merchant (Merchant on Boarding QRIS), layanan top up Uang Elektronik (UE), pembiayaan online, dsb,” jelasnya.

“Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan penampilan artis nasional, tradisional dan modern dance, standup comedy, doorprize dan games,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ulang tahun ke-8 CSB Mall Berlangsung Meriah, Undian Mobil hingga Penampilan Project Pop

Cirebon,- Pusat perbelanjaan CSB Mall yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon merayakan hari ulang tahun (HUT)...

ADV150 Urban Exploride, Ajak Konsumen dan Komunitas Kunjungi Tempat Bersejarah di Cirebon

Cirebon,- PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda Jawa Barat mengajak 100 bikers yang terdiri dari konsumen...

Cirebon Technopreneurship Kembali Gelar Seminar Nasional di Universitas Kuningan

Kuningan,- Revolusi industri 4.0 ada tantangan dan ada peluang yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) bekerja...

DAM Tawarkan Berbagai Program Spesial di Honda Premium Matic Day Cirebon

Cirebon,- PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat bekerja sama dengan PT Astra Honda...

Nasi Jamblang Hj. Lili Berdayakan Warga Sekitar, Urban Farming Hingga Sirup Kemon

Cirebon,- Nasi Jamblang Hj. Lili yang baru dibuka pada tanggal 9 November 2019 lalu mengusung konsep yang berbeda. Dengan konsep modern, kuliner khas Cirebon...

More Articles Like This