Butuh Beasiswa? Simak 5 Info Beasiswa Kuliah Terbaru untuk Program Dalam dan Luar Negeri

Kuliah jadi satu hal yang sangat didambakan oleh banyak orang karena dengan berkuliah diharapkan bisa menjadi jalan meraih kesuksesan.

Tidak hanya itu, semakin berkembangnya zaman, banyak anak muda mulai berpikir untuk bisa melanjutkan perkuliahan.

Selain itu, dukungan dari pemerintah melalui berbagai beasiswa menjadi peluang besar adanya peningkatan jumlah anak muda yang berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Berdasarkan persentase dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), jumlah jumlah mahasiswa baru di Indonesia terus meningkat sejak tahun ajaran 2016/2017 sampai 2018/2019.

Online scholarship

Pada tahun ajaran 2016/2017, jumlah mahasiswa baru naik 3,7% menjadi 1,44 juta orang. Kemudian angkanya naik 2,4% menjadi 1,47 juta pada tahun ajaran 2017/2018. Setahun setelahnya, jumlah mahasiswa baru naik signifikan 20,1% menjadi 1,77 juta orang.

Adapun kenaikan jumlah mahasiswa baru yang memilih melanjutkan jenjang pendidikan ke perkuliahan juga sangat didorong oleh banyaknya beasiswa yang diberikan baik oleh pemerintah maupun pihak-pihak di luar pemerintahan.

Untuk beasiswa dari pemerintah sendiri ada beasiswa Bidikmisi, LPDP, KIP dan masih banyak lagi beasiswa yang diberikan oleh pemerintah melalui program milik Kemendikbud.

Selain itu, kemudahan mendapatkan informasi terkait dunia perkuliahan juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan banyak lulusan SMA memilih untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perkuliahan.

Salah satu kemudahan pencarian informasi terkait perkuliahan dapat melalui website universitas123.com yang menyediakan banyak informasi terkait kampus dan beasiswa.

Diketahui universitas123.com sendiri menjadi salah satu platform yang memiliki misi memberikan informasi lengkap kepada pelajar mengenai program-program di universitas dan info beasiswa kuliah baru yang tersedia. Sehingga hal tersebut akan memudahkan pelajar dalam pencarian berbagai informasi mengenai universitas dan juga beasiswa.

BACA YUK:  Kreatif! Manfaatkan Sampah, Mahasiswa KKN-T IPB University Membuat Urban Farming dan Pupuk Organik Cair

Dalam website universitas123.com menyediakan banyak info beasiswa kuliah baru baik dalam negeri maupun luar negeri dengan persyaratan lengkap beasiswa tersebut.

Foto/pexels

Berikut ini lima info beasiswa kuliah terbaru di dalam negeri yang dapat diakses melalui universitas123.com.

1.  Djarum Beasiswa Plus

Djarum Foundation menjadi salah satu pihak yang sering memberikan beasiswa kepada para anak muda agar bisa menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan. Hal tersebut dilakukan oleh pihak Djarum Foundation sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap pendidikan di Indonesia.

Sebab, penting adanya kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik

Oleh karena itu, Djarum Foundation melalui Djarum Beasiswa Plus nantinya menyediakan fasilitas bagi penerima beasiswa yaitu dana beasiswa selama satu tahun.

2. Beasiswa Bank Indonesia

Info beasiswa selanjutnya dari Bank Indonesia (BI). Beasiswa dari BI juga menjadi salah satu beasiswa dalam negeri yang merupakan beasiswa untuk diberikan kepada para mahasiswa Sarjana dan Program Vokasi di PTN & PTS serta pelajar SMK terpilih.

Dalam pemberian beasiswa sendiri, pihak BI akan memberikan bantuan untuk biaya pendidikan, tunjangan studi, dan juga biaya hidup.

3. Beasiswa TNI / POLRI

Beasiswa tidak hanya diberikan kepada mereka yang berprestasi dan kurang mampu secara finansial. Namun, beasiswa juga bisa diberikan kepada mereka yang merupakan anak dari seorang ASN TNI/Polri.

Diketahui, Beasiswa TNI/Polri sendiri memang ditujukan kepada calon mahasiswa yang merupakan anggota dan atau anak dari anggota TNI/Polri.

4. Beasiswa Hafiz Qur’an

Sebuah prestasi akademik juga bukan hanya satu-satunya syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa. Dalam hal ini, bagi mereka yang berprestasi di luar akademik seperti penghafal Al-Qur’an juga dapat menerima beasiswa.

BACA YUK:  Rencanakan Keuangan Masa Depan, Asuransi Jadi Solusi Penting Hindarkan Risiko Finansial

Diketahui Beasiswa Hafiz Qur’an merupakan beasiswa yang diberikan kepada penghafal Al-Qur’an di mana untuk satu program studi hanya diberikan kuota sebanyak satu orang.

5. Beasiswa KIP Kuliah (Bidikmisi)

Beasiswa ini menjadi salah satu beasiswa yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang. ini karena beasiswa ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk dapat membantu para anak muda mendapat keringanan saat menempuh perkuliahan.

Adapun program beasiswa ini tidak hanya diberikan kepada beberapa universitas, melainkan seluruh universitas di Indonesia membuka kuota untuk beasiswa ini.

Sementara itu, banyak orang tentu ingin berkuliah di luar negeri, namun terkadang terhambat oleh biaya. Sedangkan, diketahui bahwa biaya untuk berkuliah di luar negeri sendiri lebih mahal daripada berkuliah di dalam negeri.

Oleh sebab itu, universitas123.com hadir untuk menyajikan info beasiswa kuliah baru yang bisa didapatkan agar dapat menempuh pendidikan di luar negeri.

Berikut ini lima info beasiswa kuliah terbaru di luar negeri yang dapat diakses melalui website universitas123.com.

1. Beasiswa International Portfolio Competition

Adapun International Portfolio Competition merupakan salah satu program beasiswa dari NABA Masters of Arts dan Academic Masters.. Adapun NABA sendiri bermaksud untuk mendukung anak muda yang bermotivasi tinggi dan berbakat, dengan menawarkan beasiswa.

2. MBA Scholarships

Master of Business Administration menjadi salah satu program studi yang banyak diminati. Sehingga banyak orang yang mencari beasiswa untuk bisa masuk dalam program studi tersebut.

Oleh sebab itu, University of Suffolk menyediakan beasiswa MBA Scholarships dengan memberikan fasilitas beasiswa sebesar £ 4,000 untuk mahasiswa internasional yang membayar biaya yang mendaftar untuk periode 2022/2023 program studi Master of Business Administration (MBA).

BACA YUK:  Penanganan Sampah di Kota Cirebon Membutuhkan Sinergi yang Selaras

3. Beasiswa Kuliah S1 Gratis MJSP

 Hokkaido University juga membuka program beasiswa kuliah pada program Modern Japanese Studies Program (MJSP).

MJSP merupakan program studi bergelar sarjana dalam dua bahasa, dengan masa studi selama 4 tahun. Program diawali dengan enam bulan kursus bahasa Jepang intensif, lalu peserta akan memulai kuliah dengan bahasa Jepang.

4. Talented Athlete Scheme

The Talented Athlete Entry Scheme dirancang untuk membantu pemain olahraga muda berbakat dalam mendapatkan akses ke pendidikan berkualitas di Universitas Ulster.

Dalam program The Talented Athlete Entry Scheme, pendaftar program beasiswa yang berhasil masuk akan ditawarkan pengurangan dua tingkat dalam persyaratan masuk atau setara dalam kualifikasi masuk lain yang diterima, untuk pendidikan pilihan mereka.

5. 2022 Health Sector Support Scholarship (2022 HSSS)

2022 HSSS menjadi salah satu program beasiswa yang memberikan fasilitas diskon 25% untuk semua unit di Magister, Diploma Pascasarjana, atau Sertifikat Pascasarjana Manajemen Kesehatan (yaitu Biaya Magister hingga $29.940 (internasional) dan $22.500 (domestik).

Untuk program beasiswa ini ditujukan untuk semua siswa Internasional dan Domestik mulai tahun 2022 trimester 1 dan 2 dengan catatan mahasiswa domestik berarti siapa saja yang bukan mahasiswa internasional.

Itu tadi beberapa info beasiswa kuliah terbaru yang dapat kalian daftar untuk bisa meringankan biaya perkuliahan. Untuk informasi terkait persyaratan lengkap dan sebagainya, kalian bisa mengakses website resmi https://www.universitas123.com sebelum melakukan pendaftaran beasiswa.

Semoga bermanfaat. (*)

 

 

(Dilihat: 72 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.