Toshiba Indonesia Beri Bantuan Penanganan Covid-19 Untuk Warga Sekitar Proyek PLTU

Cirebon,- PT Toshiba Asia Pacific Indonesia (TAPI), sebagai salah satu kontraktor utama proyek PLTU Unit II berkapasitas 1000 MW Cirebon Power, memberikan bantuan penanganan Covid-19 untuk dua desa.

Dua desa tersebut yaitu Desa Kanci dan Desa Waruduwur, yang merupakan desa terdekat dari proyek pembangunan PLTU Unit II Cirebon Power.

Mori Takashi, General Manager PT Toshiba Asia Pacific Indonesia menuturkan pihaknya memberikan bantuan berupa uang tunai kepada dua desa, dan juga memberikan bantuan alat pencegahan penyebaran virus covid-19, berupa masker, handsanitizer dan ember cuci tangan.

“Bantuan uang tunai, diberikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Kanci dan Waruduwur. Sedangkan untuk bantuan berupa masker dan handsanitizer serta lainnya, diterima oleh dua RW di Dusun Kandawaru Desa Waruduwur,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang di terima About Cirebon, Selasa (5/5/2020).

Menurut Mori, wabah virus Corona merupakan ancaman yang sangat serius, karena telah menyerang hampir seluruh dunia. Kami berharap, bantuan yang diberikan bisa membantu upaya warga desa untuk melawan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

BACA YUK:  Wamendes PDTT Akan Usulkan Gegesik Kreatif Festival Jadi Agenda Tahunan

“Oleh karena itu, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami, terhadap desa yang paling terdekat dengan project PLTU 2 Cirebon,” ungkapnya.

Kepala Desa Kanci, Sunaryo, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh TAPI. Bantuan yang diberikan ini, rencananya akan digunakan untuk program pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Kanci.

Sunaryo berharap, bantuan yang diberikan oleh TAPI bisa bermanfaat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Kanci.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan maksimal, sehingga Desa Kanci bisa bebas dari virus Corona,” harapnya.

Hal serupa juga disampaikan Yadi, Kuwu Waruduwur. Ia mengungkapkan, bahwa pemerintah desa memang kekurangan fasilitas untuk penanganan virus Covid-19 di wilayahnya.

BACA YUK:  BMW Bersama YES Preneur Marathon Lakukan Pendampingan UMKM Go Digital dan Izin Halal

Bantuan dari pemerintah baik kabupaten, propinsi dan pusat, juga masih belum bisa maksimal. Sedangkan dana desa sebagai salah satu sumber dana yang diandalkan untuk program pencegahan ini belum cair.

“Sehingga kami cukup kesusahan untuk melakukan pencegahan virus covid-19 ini,” ujar Yadi.

Yadi pun menuturkan rencananya akan memanfaatkan bantuan ini untuk membeli sejumlah kebutuhan penunjang pencegahan Covid-19 di Desa Waruduwur.

“Salah satunya, kita akan belikan alat semprot disinfektan,” terang Yadi.

Sementara, Sanadi, Ketua RW 05 Dusun Kandawaru Desa Waruduwur, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PT Toshiba Asia Pacific Indonesia ini, berupa masker, hand sanitizer dan ember cuci tangan.

Bantuan ini, lanjut Sanadi, untuk mendukung dan menjaga kesehatan warganya. Sanadi berencana akan membagikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk ember cuci tangan, nanti akan dibagikan dengan jarak tiga rumah. Biar banyak yang bisa memanfaatkannya,” kata Sanadi.

BACA YUK:  Rumah Zakat Luncurkan 'Bismillah Qurban Aman' di Tengah Wabah PMK

Sementara itu, Head Of Community Relation Cirebon Power, Anton Rahmadi mengatakan ia turut mengucapkan terima kasih atas inisiatif Toshiba Indonesia, sebagai salah satu kontraktor di proyek PLTU Unit II.

Anton berharap, perusahaan-perusahaan lainnya di dalam area proyek PLTU Unit II, bisa meniru langkah PT TAPI yang menunjukkan kepedulian kepada masyarakat.

“Saya berharap, perusahaan atau kontraktor lainnya bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh PT TAPI,” ujarnya.

Menurut Anton, selain bantuan yang diberikan oleh PT TAPI, Cirebon Power juga telah memberi bantuan berupa cairan disfinfektan dan alat penyemprot pada masyarakat, serta alat perlindungan diri (APD) medis untuk puskesmas setempat.

“Bahkan, Cirebon Power telah menyumbangkan lebih dari 40 ribu liter cairan disinfektan kepada Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Cirebon,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.