Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi Parlemen Remaja DPR RI tahun 2020.

Alif yang juga santri Buntet Pesantren Cirebon tersebut satu-satunya peserta dari Cirebon yang terpilih untuk mengikuti kegiatan Parlemen remaja DPR RI selama lima hari 2-6 November 2020 mendatang.

Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Peserta akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI.

Alif menjelaskan kegiatan Parlemen Remaja ini tujuannya untuk memperkenalkan tugas-tugas DPR RI kepada generasi muda dan kegiatan ini diikuti pelajar seluruh Indonesia.

BACA YUK:  Percepat Eliminasi TB Di Indonesia Tahun 2022, Giatkan Peran Wadah Kemitraan TB Nasional

“Untuk pemilihannya menyesuaikan Daerah Pemilihan (Dapil) di daerah masing-masing. Bahkan, untuk Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur hanya satu pelajar yang lolos di satu dapilnya,” ujar Alif saat dihubungi About Cirebon, Kamis (22/10/2020).

Alif menjelaskan, Parlemen Remaja DPR RI tahun 2020 mengusung tema “Gotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19 Optimis Kita Bisa!” dengan total pendaftar untuk tahun ini sebanyak 6.257 pendaftar. Dari 6.257 pendaftar hanya terpilih sebanyak 134 orang.

Tambah Alif, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para peserta untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut, seperti membuat essay sesuai dengan tema yang diangkat, lalu mengisi CV, dan terakhir membuat video kampanye yang berisi apa saja yang akan dilakukan ketika terpilih.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 23 – 28 Mei 2022

“Pendaftar ada sebanyak 6.257 pendaftar, tapi yang terpilih hanya 134 orang saja. Saya kemarin membuat video tentang apa saja yang akan saya lakukan ketika saya terpilih menjadi anggota legislator parlemen remaja tentu dengan mengangkat tema yang ada,” ungkapnya.

Alif mengaku, awal mula tahu acara ini diinfokan oleh wali kelasnya, kemudian langsung mencari tahu lebih lanjut dari Instagram @parlemen_remaja dan langsung mendaftar.

“Waktu itu saya dikasih tahu sama wali kelas, terus di kasih filenya dan saya langsung cari info lebih lanjut lewat aku Instagram @parlemen_remaja. Terus saya buka webnya, saya daftar,” kata Alif.

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Hadiri Cirebon Bersholawat dan Haul Syekh Syarif Hidayatullah

Untuk mengikuti kegiatan ini, pendaftaran ditutup tanggal 30 September lalu dan pengumumannya tanggal 15 Oktober.

“Acaranya akan dilaksanakan tanggal 2-6 November secara daring, kalo tahun tahun sebelumnya acara itu di Senayan mas,” paparnya.

Alif berharap, dengan mengikuti kegiatan Parlemen Remaja nanti, kedepan akan mensosialisasikan kepada tingkat pelajar terkait tugas-tugas DPR RI.

“Setelah mengikuti kegiatan, saya akan mensosialisasi apa saja sih tugas-tugas DPRI dan juga sosialisasi sesuai dengan tema. Saya akan coba menjadi pelopor penanganan Covid-19 di tingkat pelajar,” pungkas Alif. (AC212)

(Dilihat: 59 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.