Sebanyak 99 Tim Ikuti Kejuaraan Youth Basketball Association tahun 2018 di Kota Cirebon

0
59

Cirebon,- Sebanyak 30 club dengan jumlah peserta pertandingan sebanyak 99 tim meramaikan Youth Basketball Association (YBA) VII tahun 2018 yang berlangsung di GOR GMC Arena Cirebon, Jalan Sutomo, Gg. Melati, Kota Cirebon.

Event YBA VII tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 18-22 Desember 2018 dan 26-30 Desember 2018 tersebut, dibagi menjadi enam Kelompok Umur (KU) yang dipertandingkan.

Aston Hotel

Ketua Pelaksana YBA VII tahun 2018, Njoo Lie Wen mengatakan kelompok umur yang dipertandingkan diantaranya dari KU 10, KU 12 Putra Putri, KU 14 Putra Putri, KU 16 Putra Putri, KU 18 Putra Putri, dan KU 19-23 Putra Putri.

“Total ada 99 tim yang akan bertanding dari 35 club yang berasal dari berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Bali, bahkan ada dari Makassar,” ujarnya saat ditemui About Cirebon, Selasa (18/12/2018).

Lanjut Njoo Lie Wen, pertandingan YBA tahun ini dibagi menjadi dua gelombang, untuk gelombang pertama mulai tanggal 18-22 Desember 2018 untuk KU 10, KU 12, dan KU 16 Putra dan Putri.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Sedangkan untuk gelombang kedua mulai tanggal 26-30 Desember 2018 untuk pertandingan KU 16 Putra Putri, KU 18 Putra Putri, dan KU 19-23 Putra Putri.

Dibanding tahun lalu, kata Njo Lie Wen, YBA VII tahun 2018 lebih ramai dan lebih banyak peserta yang ikut. Bahkan, tahun ini menggunakan tiga lapangan untuk mengakomodir peserta yang tahun lalu tidak kebagian.

“Animonya cukup besar YBA kali ini, dan harapan saya Perbasi bisa mengelola untuk dijadikan liga antar club. Sehingga, ada tujuannya untuk mencari bakat-bakat pemain muda,” ungkapnya.

Nyo Lie Wen pun berharap, event YBA ini bisa digelar dua kali selama satu tahun, dan dibagi menjadi empat wilayah. Dari empat wilayah diambil dua atau tiga dan bertemu finalnya di bulan Desember.

“Dengan adanya YBA ini, kita bisa menujukan bahwa club-club di Indonesia banyak, dan dengan begitu bisa terlihat pemain yang belum terpantau, artinya sebagai ajang pemantau pemain juga,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Perbasi Kota Cirebon, Deddi Bomel menyambut baik dengan adanya gelaran YBA di Kota Cirebon dan berterima kasih kepada GMC yang telah meyumbangkan satu pembinaan yang tidak bisa tercapai oleh Perbasi.

“Kompetisi ini termasuk pembinaan terhadap atlet, pelatih, dan mungkin wasit juga termasuk dibina dalam hal ini,” ujarnya.

Deddi berharap dengan gelaran YBA ini kedepan, tentunya bukan suatu hal yang tidak mungkin, kita akan menjadi yang terbaik di Jawa Barat, dan syukur-syukur bisa nasional, atau mungkin bisa menyumbang atlet untuk kepentingan Jawa Barat.

“Dengan ini saya harapkan Perbasi, siapapun nanti pengurusnya tetap bekerja sama dengan GMC,” tandasnya. (AC212)