Percepat Capaian Target, Pemkab Cirebon Akan Gelar Vaksinasi Drive Thru

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cirebon dan PT Cinta Damai Putra Bahagia Suzuki Indonesia akan mengelar vaksinasi drive thru. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan saat pihak PMI Kabupaten Cirebon bersama PT Cinta Damai Bahagia Suzuki Indonesia melakukan audiensi dengan Bupati Cirebon, Drs.H Imron dan Kadinkes Hj. Enny Suhaeni di ruang rapat bupati Kantor Setda, Jumat (6/8/2021).

Bupati Cirebon, Drs. H Imron mengatakan untuk membantu capaian target vaksinasi di Kabupaten Cirebon selain menyiapkan sentra vaksin disediakan pula vaksinasi secara drive thru.

Namun demikian, kata Imron, akan melihat stok vaksin itu sendiri apakah masih mencukupi atau kurang untuk Kabupaten Cirebon.

“Kita lihat stok vaksin dulu. Kalau kurang ya kita ajukan kembali ke Provinsi Jabar,” katanya.

BACA YUK:  Bupati dan Wali Kota Cirebon Lakukan Penandatanganan Kesepakatan Terkait Perbatasan

Imron menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan unsur TNI Polri terkait ketersediaan vaksin.

“Unsur TNI-Polri sangatlah penting dalam mendukung program vaksinasi drive thru ini. Siapa tahu stok vaksin di Polresta Cirebon sama Kodim masih ada,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana mengatakan dalam program vaksinasi secara drive thru pihaknya sudah menyiapkan tenaga kesehatan untuk pelaksanaannya.

“Kami mempunyai tenaga yang siap dalam program vaksinasi drive thru. Semoga kegiatan ini bisa terwujud di Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Di tempat yang sama Owner PT Cinta Damai Bahagia Suzuki Indonesia, Wahyu Sulaeman mengatakan pihaknya akan membantu dalam program vaksinasi Drive Thru  di Kabupaten Cirebon. Sebab, kegiatan serupa sudah dilakukan di Kota Cirebon bekerja sama dengan Lanal Cirebon.

BACA YUK:  Tingkatkan Kapasitas Jurnalistik, Diskominfo Kabupaten Cirebon dan BI Cirebon Gelar Bimtek dan Capacity Building

“Drive Thru satu hari dengan satu tim maksimal  bisa mencapai  vaksin 300 orang. Itu sudah saya lakukan bekerja sama dengan  Lanal Cirebon, ” ungkapnya.

Wahyu menjelaskan, warga yang akan melakukan vaksinasi dengan Drive Thru akan melakukan pendataan terlebih dahulu. Bahkan petugas yang akan melakukan pendataan langsung di mobil.

“Nantinya kita lakukan pendataan warga yang akan divaksin secara Drive Thru di mobil masing-masing. Kami batasi satu mobil tiga orang saat divaksin,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon,  Enny Suhaeni mengatakan target vaksinasi Kabupaten Cirebon mencapai 1.7 juta lebih. Bahkan pihaknya untuk mencapai target tersebut bekerja sama dengan sejumlah instansi.

“Saat ini stok vaksin di Kabupaten Cirebon sangat kurang. Bahkan stok vaksin sempat kosong,” ungkapnya.

Enny menambahkan, dengan 75 fasilitas kesehatan di Kabupaten Cirebon seperti 60 Puskesmas, tiga klinik miik Polresta Cirebon, Kodim 0620, Batalyon C Pelopor Brimob Jabar dan 12 rumah sakit  yang melayani vaksinasi untuk warga.

BACA YUK:  Brigjen TNI Iroth Beri Bimbingan Teknis Media Siber

“Semuanya itu melayani vaksin untuk warga Kabupaten Cirebon sehingga vaksin yang sudah di-drop oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat  untuk Kabupaten Cirebon stoknya menipis,” ujarnya

Selain itu, kata Enny, Pemerintah Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan vaksin dari Provinsi Jawa Barat.  Tetapi itu sudah banyak yang mengantri untuk mendapatkan vaksin.

“Kita sudah menjadwalkan vaksinasi untuk pesantren dan kemarin kami rakor dengan Polresta Cirebon dan Kodim 0620 yang akan mengelar vaksin untuk enam kecamatan yang zona merah, belum lagi untuk puskesmas yang juga melalukan pelayanan vaksinasi sehingga stok vaksin kita sudah menipis,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.