Komisi I DPRD Kota Cirebon Dukung Promosi Ekonomi Kreatif Secara Digital

Cirebon,- Komisi I DPRD Kota Cirebon audiensi bersama Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional (UNAS) Jakarta, di Griya Sawala gedung DPRD, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (3/1/2023). Pertemuan ini dalam rangka pengenalan awal perguruan tinggi tersebut untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di Kota Cirebon.

Rapat ini dihadiri Ketua dan Anggota Komisi I seperti Dani Mardani, Edi Suripno, S.IP, M.Si, Tunggal Dewananto serta R. Endah Arisyanasakanti SE. Selain itu, beberapa pejabat DKIS Kota Cirebon juga turut mengikuti jalannya pertemuan tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani menjelaskan pertemuan ini membahas beberapa poin penting terkait skema pemanfaatan ruang digital untuk mempromosikan industri kreatif, seni budaya dan pariwisata di Kota Cirebon. Di mana, semua hal tersebut akan coba dikembangkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi dari UNAS Jakarta.

BACA YUK:  Hasil Musrenbang Kecamatan Harjamukti, DPRD Kota Cirebon Dukung 716 Program Kegiatan

“Intinya kami menyambut baik, mudah-mudahan dengan kerja sama ini nanti bisa berkolaborasi agar seluruh potensi tadi bisa dimaksimalkan,” ujar Dani usai rapat.

Dani menilai, branding Kota Cirebon harus dikemas semenarik mungkin sehingga identitas dari kota ini dapat dikenal luas. Sehingga nantinya, potensi ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Cirebon secara perlahan lebih terangkat daya tariknya.

“Ini baru audiensi awal, kemudian akan dilaksanakan semacam penelitian dan pengabdian ke masyarakat pada tanggal 7-11 Febuari,” katanya.

Saat rapat berlangsung, Anggota Komisi I DPRD, Edi Suripno, S.IP, M.Si, menyebut Kota Cirebon tidak hanya dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa. Melainkan, kota ini punya warisan sejarah serta budaya yang harus dikembangkan jadi potensi ekonomi.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru untuk Skalelagge House di bulan Februari 2024

Oleh karena itu, Edi sangat menyambut baik adanya niat baik dari UNAS Jakarta yang hendak membantu pemanfaatan ruang digital sebagai ajang promosi ekonomi kreatif di Kota Cirebon.

“Kalau kita bicara potensi Kota Cirebon, kita punya warisan sejarah. Selain menjadi kota jasa dan perdagangan. Nilai historis ini bisa jadi daya tarik yang bagus,” papar Edi.

Sementara itu, Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP menjelaskan, pemanfaatan ruang digital dalam upaya mengenalkan potensi ekonomi kreatif di Kota Cirebon sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Misalnya, sambung Ma’ruf, lewat aplikasi Cirebon Wistakon masyarakat luar daerah dapat mencari referensi wisata yang ada di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Istighotsah Kubro Jawa Barat Digelar di Depan Gedung Sate

Meskipun aplikasi tersebut relatif belum sempurna, namun Ma’ruf menilai keberadaannya sudah sangat membantu masyarakat yang ingin tahu destinasi menarik apa saja di Kota Cirebon.

“Kami juga menyambut baik peluang kolaborasi dan kerja sama yang ditawarkan,” ungkap Ma’ruf.

Sedangkan Kaprodi Ilmu Komunikasi UNAS Jakarta, Drs. Adi Prakosa M.Si mengungkapkan, maksud dan tujuan pihaknya berkunjung ke DPRD Kota Cirebon untuk menjalin kerja sama pada bidang-bidang yang sesuai dengan program studi di kampusnya.

Dia berharap dengan diadakannya audiensi ini, nantinya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS Jakarta dapat membantu dan berkontribusi dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kota Cirebon. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *