Indocement Raih Penghargaan Gold Award dari Wapres

Cirebon,- PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, Unit Pabrik Palimanan (Indocement) berhasil meraih Gold Award dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 yang diselenggarakan pada 23 Juni 2022 di Ballroom JS Luwansa Hotel  Convention Center Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) KH Ma’ruf Amin kepada Ir. Otto Ahadijat selaku Assistant General Manajer Indocement. Penghargaan kategori “Gold” diperoleh Indocement atas kontribusinya dalam percepatan pembangunan desa dalam pencapaian SDG’s Desa melalui Pengembangan Indobatik Ciwaringin  Menuju Wisata Kampung Batik.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 24 Mei 2022

Otto Ahadijat Selaku Asistant to Genenal Manager mengatakan, Penghargaan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

Indobatik Ciwaringin adalah kampung pengrajin batik tulis berwawasan lingkungan yang telah diwariskan secara turun temurun sejak 1833. Budaya membatik yang hampir punah berhasil dikembangkan dan dilestarikan kembali oleh Indocement bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada dalam menciptakan pewarna alami yang ramah lingkungan sehingga menjadikan Indobatik Ciwaringin sebagai Sentra Batik Tulis Pewarna Alami dan berhasil mendapatkan Ekolabel dari KLHK.

BACA YUK:  Mantapkan Program Literasi Budaya dan Profesi, Disbudpar Kota Cirebon Gelar Rapat Evaluasi

Saat ini 63 pembatik di Ciwaringin telah memiliki sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Batik dan telah memiliki 6 Hak Cipta dari Kemenhumkam terhadap motif khas Ciwaringin, yaitu Pecutan, Gribigan, Yusupan, Rajeg Wesi, Pring Sedapur dan Gedangan. Selain melalui koperasi Anugerah Batik dan 10 showroom yang berada di Ciwaringin promosi dan penjualan batik juga dilakukan secara online melalui media sosial, mitra hotel, pameran dan publikasi. (*)

(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.