Bisa Mantau Lalu Lintas dari Ruangan, ATCS Sudah Terpasang di 9 Titik di Kota Cirebon

0
301

Cirebon,- Dinas Perhubungan Kota Cirebon telah memasang Automatic Traffic Control System (ATCS) terbaru di persimpangan Gunungsari. Pemasangan ATCS terbaru tersebut dilakukan pada awal Agustus 2018.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Gunawan mengatakan pemasangan ATCS sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2014 secara bertahap hingga ada 9 titik yang terpasang ATCS sampai tahun 2018. 

Aston Hotel

“Yang terbaru di Traffic Light atau lampu merah Gunung Sari pada awal Agustus 2018 kemarin,” ujarnya, Selasa (16/10/2018).

Menurut Gunawan, dengan terpasangnya ATCS di sembilan titik tersebut, lampu merah bisa diatur di ruang kontrol yang berada di Kantor Dinas Perhubungan.

“Sehingga, rekayasa lalu lintas di persimpangan yang sudah terpasang ATCS bisa diatur dari ruangan,” terangnya.

Lanjut Gunawan, dari sembilan titik yang sudah terpasang ada dua ATCS yang tidak dapat berfungsi seperti di lampu merah Krucuk dan lampu merah perumnas Rajawali.

Untuk yang di Krucuk, kata Gunawan, tidak berfungsi karena sinyal terhalang dengan Gedung Setda di Balaikota Cirebon, serta yang di lampu merah Perumnas Rajawali memang rusak.

“Soalnya yg di krucuk itu masih menggunakan sinyal wireless, jadi masih rawan gangguan. Namun untuk yang terbaru di Gunung Sari dan Kejaksan sudah menggunakan Fiber Optik (FO),” ungkapnya.

Pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan terhadap ATCS yang sudah terpasang, dengan dipasang Network Video Recorder (NVR). Dengan teknologi tersebut, segala aktivitas di persimpangan ATCS bisa terekam di ruang Kontrol.

“ATCS yang sudah dilengkapi NVR mempunyai kapasitas yang cukup besar 12 Terra Byte,” tandasnya. (AC212)