Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei 2020 lalu.

Dari hasil swab tersebut, Pemerintah Kabupaten Cirebon akan menutup sementara operasional pasar sumber selama 14 hari ke depan.

Juru Bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan berdasarkan hasil tes massal Swab di pasar sumber kabupaten Cirebon terdapat dua pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca yuk: Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Sesuai dengan hasil musyawarah Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Cirebon, mulai tanggal 29 Mei 2020 pukul 00.00 akan ditutup selama 14 hari,” ujar Nanang saat ditemui About Cirebon di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/5/2020).

BACA YUK:  Info Loker : Matematika Sakamoto

Penutupan pasar selama 14 hari mulai tanggal 29 Mei sampai 11 Juni 2020, menurut Nanang, ada pedagang yang setuju, ada juga yang tidak setuju.

“Penutupan Pasar Sumber ini ada pedagang yang setuju dan ada juga yang tidak setuju,” ungkapnya.

“Tapi yang tidak setuju sudah saya jelaskan bahwa, kalau tidak melakukan penutupan sesuai dengan protokol kesehatan dan sesuai undang-undang, kita tidak taat kepada undang-undang tersebut,” tambahnya.

Menurut Nanang, pihaknya akan melakukan tes massal swab yang akan dilakukan di Covid Center kepada orang-orang yang kontak erat dengan pedagang tersebut.

BACA YUK:  Luas Wilayah Kota Cirebon Bertambah, Perlu Pemuktahiran Data Jelang Pemilu 2024

“Kami sudah melakukan tracking sejak sore kemarin sampai hari ini. Mudah-mudahan besok sudah ada datanya dan di tes swab di Covid Center,” kata Nanang.

Lanjut Nanang, tracking yang dilakukan kepada orang yang kontak erat dengan pasien positif seperti keluarga di rumah dan juga di pasar.

“Total yang ditracking belum dapat kita ketahui datanya, karena sekarang masih melakukan tracking,” jelasnya.

Untuk riwayat perjalanan dari kedua pasien ini, salah satu pasien memiliki riwayat perjalanan ke kota untuk belanja dan satunya ada kontak erat dengan orang yang mudik dari wilayah epicentrum.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 17 April 2022

“Tetapi kita masih dalami, apakah yang epicentrum tersebut sakit atau tidak. Tapi yang jelas, karena ini di pasar atau tempat umum, bisa saja tertular dari pembeli atau pedagang lain, sehingga akan dilakukan swab kembali,” bebernya.

Selain itu, salah satu pedagang pasar sumber, Ahmad Fauzi (48) yang ditemui About Cirebon mengaku tidak masalah untuk adanya penutupan operasional pasar selama 14 hari.

“Ngga apa-apa ditutup untuk kesehatan bersama. Saya setuju, daripada makin banyak penyakit,” ujarnya.

“Lebih baik selamat bersama-sama,” singkatnya. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.