ACT Cabang Cirebon Luncurkan Program Nasional Lumbung Sedekah Pangan

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon meluncurkan program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GNLSP) yang berlangsung di Kantor ACT Cabang Cirebon, Jalan Ariodinoto No. 10D, Kota Cirebon, Senin (10/8/2020).

Program Gerakan Nasional lumbung sedekah pangan diluncurkan secara serentak di 43 cabang ACT yang ada di Indonesia.

Program GNLSP merupakan pusat seluruh bantuan pangan sahabat dermawan yang disimpan untuk disitribusikan. Program ini hadir untuk memudahkan sahabat dermawan memberikan langsung bantuan terbaiknya.

Masyarakat yang membutuhkan dan atau terdampak pandemi, dapat mengambil langsung kebutuhan mereka di Lumbung Sedekah Pangan yang akan hadir di berbagai lokasi strategis seperti masjid, perkantoran, pasar, swalayan, dan lain-lain.

Kepala Cabang ACT Cirebon, Ade Ruly S menjelaskan sebagai solusi mengatasi atau membantu warga masyarakat yang terkena dampak Covid-19, sehingga ACT menjalankan lumbung sedekah pangan ini.

BACA YUK:  Saat Hujan, Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Cirebon - Kuningan Ada 6 Orang Terluka

“Kehadiran Lumbung Sedekah Pangan ini, bertujuan untuk memberikan ketersediaan pangan bagi mereka yang di bawah garis kemiskinan dan masyarakat yang rawan akan kemiskinan,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di kantor ACT Cabang Cirebon, Senin (10/8/2020).

Ade menjelaskan, Lumbung Sedekah Pangan ini dengan membuka gerai-gerai yang memang disediakan oleh ACT untuk masyarakat yang membutuhkan dan selain itu dapat berkolaborasi dengan warga yang memiliki kelebihan.

“Jadi ada dua konsep dari lumbung sedekah pangan ini, pertama kita akan menempatkan di masjid-masjid, sekolah, tempat keramaian, atau di tempat mitra ACT,” jelasnya.

BACA YUK:  Jalan Rusak di Cangkring Plered Hampir 2 Tahun, Pengusaha Hingga Buyer Luar Negeri Mengeluh

Untuk awal ini, kata Ade, Lumbung Sedekah Pangan ini akan didistribusikan ke 10 titik. Kalaupun memang respon dari masyarakat Cirebon baik, akan kita tambah terus ketersediaan rak lumbung sedekah pangan ini.

“Kami di Kantor ACT Cirebon juga membuka posko untuk masyarakat yang ingin membantu dari segi menyediakan pangan, kedua kita juga mengajak titik mitra yang memang menyediakan lumbung sedekah pangan untuk memberdayakan warga sekitar,” terangnya.

“Untuk warga yang berlebih silakan memberikan bantuan pangannya. Untuk warga yang membutuhkan silakan ambil seperlunya,” tandasnya.

Sementara itu, Tim Program ACT Cabang Cirebon, Tawwaba menambahkan untuk teknis program Lumbung Sedekah Pangan ini, kami akan menambah jumlah bahan pangannya.

BACA YUK:  Lantik Ketua DPC se-Jawa Barat, Agus Harimurti Yudhoyono Pesan ini

“Untuk peletakannya sesuai dengan kemitraan, baik itu di masjid ataupun di lokasi strategis yang potensi kedermawanannya tinggi dalam mengisi,” ujarnya.

Aba menambahkan, dalam satu rak lumbung sedekah pangan akan dipasok beberapa bahan pangan seperti beras, gula, garam, minyak, sayur-sayuran, susu, obat-obatan, telur. Ke depannya, akan terus ditambah bahan pangannya.

“Untuk aktivasinya, kita kolaborasi dengan para mitra, baik itu DKM atapun donatur pada awal akan kita yang mengisinya. Tapi, setelah habis para mitra ataupun donaur yang mengisi selanjutnya,” kata Aba.

“ACT nantinya berperan sebagai monitoring terhadap pelaksanaan program ini. Baik itu pencatatan bahan pangannya, eksekusi di lapangannya,” tandasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *