5 Tipe Konten Populer untuk Meningkatkan Engagement Menurut Marketing Coach Oky Andries dan Ninja Xpress

JAKARTA,– Istilah content is king tentu sudah tidak asing lagi. Konten dianggap sebagai aset penting yang harus diperhatikan untuk berbagai kebutuhan, seperti branding maupun advertising. Kini, berbagai jenis konten banyak bermunculan dan menjadi viral di tahun ini. Agar bisa menarik perhatian, konten perlu dibuat semenarik mungkin sehingga dapat meningkatkan engagement rate atau interaksi audiens (seperti like, komentar, dan share) terhadap suatu konten. Untuk mengetahui tipe konten populer di berbagai platform media sosial, Marketing coach Oky Andries dan Ninja Xpress mengungkapkan konten populer apa saja  yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement.

 

Oky Andries sebagai marketing coach yang telah berpengalaman menangani berbagai macam brand dan membantu lebih dari 29.000 pengusaha untuk sukses mengatakan, “Perkembangan konten di dunia bisnis yang semakin beragam dan populer, mendorong pelaku usaha untuk terus update dengan trend konten saat ini. Selain itu, pelaku usaha juga dituntut kreatif dalam membuat konten yang menarik agar mampu bersaing di era digital.”

 

Untuk membuat konten menarik ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti memiliki relevansi dengan audiens, memiliki kreativitas tinggi, bersifat informatif, dan mampu melibatkan emosi para audiens. Dari sekian banyak konten yang viral di tahun ini, berikut 5 tipe konten populer menurut Oky Andries dan Ninja Xpress.

BACA YUK:  Bupati Imron Lantik 51 Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon

 

  1. Dance Challenge

 

Konten Dance Challenge awalnya dibuat oleh para konten kreator. Konten ini dengan cepat menyebar dan menarik perhatian audiens. Dance challenge melibatkan serangkaian gerakan menari yang rumit, membuat audiens tergoda untuk mencobanya sendiri.

 

Selain para konten kreator, pelaku usaha yang memiliki media sosial di TikTok turut mengikuti dance challenge demi mengikuti tren media sosial. Sebagai contoh, Share It berhasil meningkatkan brand awareness mereka melalui kampanye dance challenge di TikTok, yang meningkatkan engagement dari audiens dan target market.

 

  1. Tutorial

 

Konten tutorial juga menjadi salah satu jenis konten yang menarik perhatian audiens. Hampir 83% pengguna media sosial lebih menyukai konten tutorial dalam bentuk video. Konten tutorial memberikan panduan tentang cara membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu dengan cara yang jelas dan informatif.

BACA YUK:  Anugerah Wajib Pajak Teladan 2024, Bupati Cirebon Sebut Wajib Pajak Adalah Pahlawan

 

  1. Hiburan & Komedi

 

Konten hiburan dan komedi juga menjadi favorit audiens di berbagai platform media sosial. Konten ini ringan dan menghibur, mencakup lip sync, meme, sketsa komedi, dan prank. Kreator juga dapat menggunakan filter unik dan lucu pada media sosial masing-masing untuk menghibur audiens.

 

  1. Fakta atau Informasi

 

Konten berupa fakta atau informasi juga tetap diminati di media sosial. Bersamaan dengan tujuan penggunaan media sosial, yakni untuk menyampaikan informasi, konten edukatif menjadi suatu hal yang seringkali membuat orang-orang merasa penasaran. Konten edukatif yang disajikan dalam durasi singkat mampu menarik perhatian dan ketertarikan audiens.

 

Contoh konten ini adalah tentang ide-ide kencan yang sering dicari oleh audiens. Seringkali para pengguna media sosial mencari-cari informasi mengenai suatu topik di internet dan juga media sosial. Pelaku usaha dapat menggunakan konten edukatif sebagai sarana promosi di media sosial.

 

  1. Reaksi dan Komentar

 

Terakhir, konten reaksi dan komentar juga menjadi salah satu jenis konten yang digemari audiens belakangan ini. Konten jenis ini disukai karena rasa penasaran audiens terhadap respon atau pemikiran dari seorang kreator terhadap topik-topik yang sedang trending atau viral. Kreator memberikan reaksi unik dan memiliki ciri khas, sehingga dapat menarik banyak audiens.

BACA YUK:  Jadwal Bioskop Cirebon 27 Maret 2024, Film Terbaru: Arthur the King dan Ghostbusters

 

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengungkapkan, “Dalam era digital saat ini, pelaku usaha perlu memahami tipe-tipe konten populer untuk memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran mereka. Dengan memanfaatkan tipe-tipe konten ini secara efektif, pelaku usaha dapat menghadirkan pengalaman yang menarik, relevan, dan berharga bagi konsumen. Dalam hal ini, Ninja Xpress bersama para ahli siap membantu memberikan edukasi kepada pelaku usaha untuk terus bertumbuh dan meningkatkan penjualan mereka.”

 

Untuk memudahkan dalam membuat konten menarik, Ninja Xpress memiliki layanan Creative Business Solution, yang memfasilitasi pelaku UKM agar dapat membuat foto dan video produk yang bisa digunakan untuk mendukung konten menjadi viral. Foto dan video produk yang dibuat ditangani langsung oleh photografer dan videografer profesional, serta akan diproduksi menggunakan tema yang menarik dan didukung model profesional.

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *