RW 8 Merbabu Asih Kota Cirebon Ikuti Lomba Desa Wisata Jawara Jawa Barat

Cirebon,- RW 08 Merbabu Asih, Kelurahan Larangan, Kota Cirebon mengikut Lomba Desa Wisata Jawara Jawa Barat Tahun 2022. RW 8 Merbabu Asih merupakan kampung wisata edukasi lingkungan atau disebut juga kampung proiklim.

Untuk mendukung lomba desa wisata Jawara Jawa Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon memberikan pendampingan dan pembinaan bersama dinas lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kota Cirebon, Hanry David mengatakan untuk mendukung kampung wisata edukasi lingkungan di RW 8 Merbabu Asih, Disbudpar melakukan pembinaan dan juga pendampingan di lingkungan setempat bersama-sama dengan dinas lainnya.

BACA YUK:  Pluang Semarakkan Lampung Crypto Expo 2022, Tingkatkan Potensi Cuan Melalui Berbagai Pilihan Aset Kripto

“Pembinaan yang kita lakukan yaitu melakukan pembinaan secara administrasi, personal, dan juga lingkungan sekitar,” ujar David kepada About Cirebon, Kamis (12/5/2022).

Pembinaan, kata David, dimulai dari memantapkan RW 8 Merbabu Asih menjadi tujuan desa wisata. Kemudian, memperkuat struktur organisasi dan mendorong adanya regenerasi.

“Regenerasi ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) dan menjadi tantangan desa wisata yang sudah maju. Sehingga, kita memberikan pendampingan dan pembinaan kepada anak-anak mudah,” katanya.

Selain itu, RW 8 Merbabu Asih, kata David, sudah menanam 1.300 tanaman di lingkungannya. Oleh karena itu, pihaknya akan membuat sentra pembibitan tanaman langka di lingkungan RW 8 Merbabu Asih, Kota Cirebon.

BACA YUK:  Ekonomi Kota Cirebon 2021 Alami Pertumbuhan 3,04 Persen, Real Estate Alami Pertumbuhan Signifikan

“Karena masyarakat senang menjaga lingkungan, disana akan kita jadikan sentra pembibitan tanaman langka, seperti tanaman Kosambi, kelapa kopyor, Duwet, dan lainnya. Kita akan kerjasama dengan balai pembibitan,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 48 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.