Musim Hujan Rentan Penyakit, Alhamdulillah Kasus DBD di Kota Cirebon Alami Penurunan

Cirebon,- Pada musim hujan saat ini sangat rentan tubuh kita terserang virus. Apalagi, di tengah kondisi Pandemi COVID-19 di Kota Cirebon yang terus meningkat setiap harinya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Cirebon, dr. Edy Sugiarto mengatakan pada musim penghujan ini berbagai virus sangat mudah menyerang tubuh kita. Sehingga lanjut Edy, perlu banyak istirahat, makan buah-buahan, sayuran dan juga minum vitamin.

Menurut Edy, biasanya pada musim hujan seperti ini penyakit yang rentan menyerang imun manusia yaitu influenza. Selain itu juga serangan penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD).

BACA YUK:  Komisi II DPRD Kota Cirebon Soroti Potensi Kebocoran Pendapatan Asli Daerah

“Yang rentan itu biasanya influenza dan DBD. Tapi Alhamdulillah di Kota Cirebon kasus DBD alami penurunan,” ujar Edy saat ditemui About Cirebon di Balaikota Cirebon, Jumat (18/2/2022).

Mengenai kasus DBD di Kota Cirebon, menurut Edy, mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Sejak awal tahun 2022 sampai saat ini hanya ada 3 kasus DBD. Jumlah tersebut terbilang sedikit dibandingkan dengan waktu yang sama di tahun 2021.

“Di Kota Cirebon aman, hanya ada 3 kasus dari awal tahun. Mudah-mudahan kasus DBD ini tidak bertambah,” katanya.

BACA YUK:  Grand Launching Berumrah Bersama At-Taqwa Cirebon, Ikut Serta Beri Umroh Gratis untuk Marbot Masjid

Agar tidak terjadi penambahan kasus DBD di Kota Cirebon, kata Edy, harus melakukan cara pencegahan dengan 3M. Pencegahan tersebut harus dilakukan rutin setiap seminggu sekali, karena siklus kehidupan nyamuk dalam waktu seminggu.

“Dinkes juga melakukan edukasi dan sosialisasi secara berkala kepada masyarakat terkait dengan 3M ini. Kita juga rutin melakukan pemantauan jentik nyamuk di masing-masing RT,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 33 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.