Mengenal Lebih Dekat Sekolah Alam Al-Ghiffari Cirebon

0
298
Sekolah Alam Al-Ghiffari di Jalan Perjuangan - Majasem Kota Cirebon.

Cirebon,- Sekolah Alam Al-Ghiffari Cirebon yang berlokasi di Jalan Perjuangan No. 07, Majasem Kota Cirebon, menerapkan kurikulum Konservasi Alam berbasis Kearifan Lokal.

Sutrisno, selaku Kepala Sekolah Al-Ghiffari Cirebon mengatakan, kurikulum yang diterapkan sekolah alam ini sinkron dengan berbagai kurikulum standar anjuran pemerintah seperti K-13, KTSP, KBK, CBSA, Total, dan lain-lain.

Aston Hotel

“Pada kegiatan pembelajaran pun diaplikasikan dengan metode Spider Web Project, secara menyeluruh kesemua bidang ilmu pengetahuan,” ujarnya kepada About Cirebon, Selasa (27/2/2018).

Lanjut dia, memang sekolah alam sudah banyak di seluruh Indonesia, tetapi setiap daerah punya potensi alam masing-masing, baik itu sumber daya manusianya, sumber daya budayanya, atau alam sekitarnya.

“Karena Cirebon identik dengan daerah pesisir, kita sesuaikan kurikulumnya dengan daerah Cirebon,” bebernya.

Istana Kerang

Kata dia, di Sekolah Alam Al-Ghiffari mempunyai dua jenjang, untuk usia Play Group dan Taman Kanak-kanak. Ditambah lagi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti lingkungan alam sekitarnya 70 persen lebih luas daripada bangunannya.

“Untuk area hijau di Al-Ghiffari paling luas untuk takaran sekolah alam, karena pada tahun 2014 mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Cirebon sebagai sekolah tersehat jenjang TK,” jelasnya.

Sekolah Al-Ghiffari Cirebon yang berdiri sejak tahun 2012, selain area hijau yang luas, fasilitas lainnya pun sangat memadai seperti saung belajar, gedung play group, kolam renang, sarana outbond, perpustakaan & multimedia, ruang bermain, hingga play ground.

Selain itu, yang membedakan sekolah lain dengan Sekolah Alam Al-Ghiffari dari kegiatan belajar tidak sepenuhnya di dalam kelas, karena anak harus bersinggungan langsung dengan alam dan berpindah-pindah belajar.

Sekolah Alam Al-Ghiffari dibentuk sesua dengan miniatur alam, sehingga anak-anak bisa terbiasa dan berinteraksi dengan alam dan anak pun menjadi aktif. Dari berinterkasi dengan alam, akan muncul kreativitas anak dan menemukan gagasan dari keaktifan anak tersebut.  (AC212/Advertorial)