Sosok Ma Ipeh, Ibu Rumah Tangga Sukses Pengusaha Siwang Asal Suranenggala

Cirebon,- Meski tak mudah menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus menjalankan usaha. Nyatanya, Ma Ipeh, berhasil menjalankan usaha siwangnya sembari mengurus rumah tangga dengan baik.

Berusia 30an, Ma Ipeh, awalnya merupakan seorang reseller bawang goreng.

“Saya dulu reseller pas tahun 2017, tapi pas 2018 awal-awal penjualnya produksinya berhenti. Sedangkan permintaan penuh,” kata Ma Ipeh.

Tak habis piker, pada tahun 2018 lah, Ma Ipeh mulai mencoba membuat siwang dengan modal satu kilogram bawang merah yang dibuat berdasarkan pesanan.

“Awal-awal cuma berdasar pesanan, belum ada kemasan yang seperti sekarang,” ujarnya.

BACA YUK:  Toko Roti Asal Korea Selatan Tous Les Jours Cafe Hadir di Cirebon dan Banyak Promonya

Langsung disukai siwang buatannya oleh konsumen, di tahun yang sama Ma Ipeh mengajukan PIRT dan disusul Halal di tahun 2019 yang difasilitasi Disperindag Kabupaten Cirebon.

“Denger kan dari saudara soal PIRT jadi didaftarin PIRT, trus 2019 halalnya. Alhamdulillah kan ada program gratis dari Disperindag Kabupaten Cirebon tuh, jadi ikutan,” jelasnya.

Bertempat tinggal di Desa Keraton, Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Ma Ipeh juga terdaftar sebagai anggota Comprehensive Industry Coaching (CIC). Di sisi lain, meski berdampingan dengan urusan rumah tangga, berkat suami dan kedua anaknya yang mensupport, Ma Ipeh tak pernah kesulitan untuk mengurus keduanya.

BACA YUK:  Tingkatkan Kinerja BNN, Pemda Kota Cirebon Hibahkan Lahan dan Bangunan

“Alhamdulillah anak-anak yang SMP kelas 1 ngerti, yang masih TK juga,” tutur Ma Ipeh.

Sempat menjadi penjual pakaian anak-anak di Car Free Day (CFD), saat ini Ma Ipeh dapat menghabiskan 30 kilo bawang merah setiap produksinya 2 hari sekali.

“1 Kilo awal-awal itu yang pesan-pesan saja as tahun 2018. Sekarang, 30 kilo 2 hari sekali bawang yang diolah,” bebernya.

Mendapat keuntungan sebesar 5 juta, Ma Ipeh setidaknya dapat menutupi kebutuhan rumah tangga, dan jajan. Hanya saja, saat ini Ma Ipeh masih kesulitan untuk urusan video promosi dan sebagainya.

BACA YUK:  Kepengurusan Baznas Kota Cirebon Periode 2022 - 2027 Resmi Dilantik, Ini Susunannya

“Kebingungan sama tema atau ide untuk video promosi,” ungkapnya.

Meski begitu, saat ini produk Siwang Ma Ipeh telah tersedia dalam bentuk botol, toples, dan pouch, mulai dari 120 gram hingga 250 gram, dengan harga mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 27.000. Siwang Ma Ipeh pun dapat diburu di Surya Cirebon, Jatibarang, dan Kuningan, Asia, dan juga beberapa supermarket lainnya. (SUB)

(Dilihat: 151 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.