Yuk, Kunjungi Pameran Gambar Sarekat Dagang Seni di Baraja Coffee

Cirebon,- Dalam rangka bulan Gambar Nasional, Sekat Art Gallery menggelar Pameran Gambar Sarekat Dagang Seni. Kegiatan yang berlangsung di Baraja Coffee Jalan Tentara Pelajar, Kota Cirebon akan berlangsung mulai 15 – 31 Mei 2022 dan terbuka untuk umum.

Agus Wanda, Anggota Sekat Art Gallery mengatakan Pameran Gambar Sarekat Dagang Seni dalam rangka bulan gambar nasional, seniman seluruh Indonesia menggagas bulan Mei menjadi bulan menggambar nasional. Pameran ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan mengadakan pameran menggambar.

“Di Cirebon, kita melibatkan 12 perupa. Di Cirebon juga sedikit menarik, kebanyakan orang bahwa pameran gambar dikerucutkan sebagai drawing, tapi kita lebarkan bahwa semua visual adalah gambar,” ujar Agus kepada About Cirebon usai pembukaan pameran, Sabtu (14/5/2022).

BACA YUK:  RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Jadi UU, Selly: Implementasikan Secara Konsisten

 

“Jadi lukisan, printing dan sebagainya bisa kita sebut gambar,” tambahnya.

Baca Yuk : Sekat Art Gallery Berkolaborasi dengan Disbudpar Lukis Bola Beton di Depan Balai Kota Cirebon

Sekat Art Gallery, kata Agus, dalam tahun ini sudah mempunyai beberapa jadwal pameran. Kebetulan, tambah Agus, Sekat Art Gallery didukung oleh Baraja Coffee dan juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon.

“Kita akan terus membuat event – event baik gambar maupun apa yang disebut seni rupa di Cirebon,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengapresiasi kegiatan pameran gambar yang digagas oleh Sekat Art Gallery. Momentum pameran ini merupakan hari menggambar nasional yang dilaksanakan dari 15 – 31 Mei 2022.

BACA YUK:  Info Loker : Ruang Guru

“Pameran ini merupakan kick off dari sebuah kerja bareng antara komunitas dan pemerintah daerah. Mudah-mudahan ini menjadi sebuah percepatan untuk mewujudkan Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” ujar Agus.

Kegiatan ini, kata Agus, merupakan kolaborasi yang kedua dengan para perupa. Sebelumnya sudah diselenggarakan kegiatan melukis bollar di depan Balaikota Cirebon.

“Selanjutnya akan ada kolaborasi lagi dan kita akan kerjasama dengan PT KAI, bagaimana area-area di wilayah kerjanya ada sentuhan seni. Sehingga mencirikan Cirebon sebagai kota budaya dan sejarahnya bisa terangkat,” katanya.

Di luar itu, tambah Agus, pihaknya tengah berkolaborasi untuk bagaimana mewujudkan kawasan Kampung Arab. Karena para perupa sudah masuk bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

BACA YUK:  Hafal 5 Surat dalam Alquran, Penumpang Cilik di Stasiun Cirebon Bisa Dapat Souvenir

Baca Yuk : Ini Gambaran Kawasan Kampung Arab di Panjunan Kota Cirebon

“Mudah-mudahan dalam tahun depan, Kampung Arab ini sudah bisa kita realisasikan,” ungkapnya.

Agus berharap dengan pameran gambar ini, masyarakat sekarang bisa gemar melukis lagi. Sehingga, ke depan akan ada event bareng lagi untuk melibatkan anak-anak sekolah.

“Kita juga akan wujudkan gallery seni rupa di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Setidaknya, bahwa seni rupa ini bagian dari sebuah kekayaan budaya dan sejarah dan bagian dari kreatifitas yang bisa dilakukan oleh semua kalangan,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 66 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.