Wuih, Masyarakat Kini Bisa Berwisata Udara dari Bandara Cakrabhuwana Cirebon

Cirebon,- Alfa Flying School, sekolah pilot yang berbasis di Bandara Udara Cakrabhuwana Cirebon meresmikan Operation License Alfa Flying School 141 dan 91, Jumat (17/12/2021). Dengan diresmikannya Operation License ini, masyarakat Cirebon dan sekitarnya bisa menikmati wisata Cirebon dari udara.

Namun, untuk bisa menikmati Cirebon dari udara, masyarakat harus bersabar. Karena, Fun flight yang ditawarkan Alfa Flying School ini akan beroperasi setiap hari mulai tanggal 10 Januari 2022 mendatang.

“Melihat potensi wisata di Cirebon yang lumayan banyak dan sejauh ini juga belum pernah ada di Cirebon wisata udara atau Fun flight. Kami Alfa Flying School memberikan fasilitas kepada masyarakat Cirebon dan sekitarnya untuk menikmati pemandangan wisata Cirebon melalui udara,” ujar Direktur dan Kepala Sekolah Alfa Flying School, Capt. Hamdan Rosyadi kepada About Cirebon.

Menurut Capt. Hamdan, Alfa Flying School merupakan yang pertama di Indonesia yang mempunyai sertifikasi untuk wisata fun flight dan sport pilot license (SPL). Bagi yang punya hobi terbang, walaupun umurnya sudah 55 tahun bisa memiliki SPL.

BACA YUK:  22 Ribu Anak di Kota Cirebon akan Dilakukan Imunisasi Dasar Lengkap di Rumah Sakit dan Puskesmas

“Jadi pada saat yang hobi terbang itu ingin memiliki SPL, tinggal training ke kita, kurang lebih 30 jam di didik sama kita. Setelah 30 jam sudah dinyatakan lulus dan mampu, akan mengajukan ke Dirjen Perhubungan untuk mendapatkan SPL,” ungkap Capt. Hamdan.

“Bagi yang sudah memiliki SPL, tidak perlu didampingi oleh pilot kita, tapi dia bisa menyewa pesawat kita tanpa kita dampingi. Dan ini satu-satunya dan pertama di Indonesia,” sambungnya.

Capt. Hamdan menjelaskan, untuk masyarakat Cirebon maupun luar Cirebon yang ingin berwisata udara atau Fun flight, syaratnya bebas dari penyakit jantung dan umur di atas 5 tahun. Di luar itu, tambah Capt. Hamdan, siapapun boleh menikmati wisata Cirebon dari udara.

“Untuk durasinya dan harga Fun Flight disoft launching hanya Rp. 4,5 juta untuk satu jam terbang keliling Kota dan Kabupaten Cirebon serta sudah tercover asuransi. Harga tersebut untuk sewa satu pesawat dengan kapasitas dua orang penumpang. Jenis pesawatnya menggunakan pesawat latih Cesna 172 keluaran 1997,” bebernya.

BACA YUK:  Ruri Tri Lesmana Resmi Meneruskan Masa Jabatan Ketua DPRD Kota Cirebon 2019-2024

“Untuk Fun Flight baru akan kita buka untuk umum pada tanggal 10 Januari 2022. Ini akan buka setiap hari,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati yang menghadiri peresmian Operation License Alfa Flying School 141 dan 91, berkesempatan terbang menggunakan pesawat Cesna 172 bersama dengan Kapolres Cirebon Kota AKBP. Fahri Siregar.

Eti mengaku baru pertama kali terbang menggunakan pesawat Cesna dari Bandara Cakrabhuwana Cirebon. Menurut Eti, pemandangan Cirebon dari udara sangat menakjubkan. Cirebon sangat terlihat sekali dari udara, mulai dari garis pantai hingga Balaikota Cirebon terlihat.

“Tadi kita keliling Cirebon dari atas, garis pantai sepanjang 7KM terlihat, disitu ada pelabuhan, aktivitas tongkang dan sebagainya cukup jelas dari atas,” ujar Eti usai turun dari pesawat.

BACA YUK:  Pentingnya Cloud Computing Pada Digital Insurtech Qoala

“Tadi juga di atas nyaman-nyaman aja, tadi menggunakan pesawat Cesna 172, dan ini pengalaman pertama saya yah,” tambahnya.

Untuk warga Cirebon dan sekitarnya, kata Eti, sangat bersyukur bahwa di Bandara Cakrabhuwana Alfa Flying School menghadirkan wisata keliling Cirebon dan sekitanya dari udara.

Selain Wakil Walikota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar juga mengaku merupakan pengalaman pertama terbang menggunakan pesawat Cesna 172. Menurut Fahri, dengan penyerahan Operation License 141 dan 91, masyarakat bisa menikmati wisata udara.

“Mudah-mudahan ini bisa ditangkap oleh Pemerintah kota untuk bisa menjadi objek wisata udara. Karena, dengan Fun Flight ini bisa melihat wisata di Cirebon. Kami pun dari Kepolisian siap melakukan pengamanan kegiatan,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 146 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.