Warkina Dapat Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Cirebon,- Pengabdian Warkina warga desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala, Kabupaten  Cirebon terhadap sadar baca  mendapat apresiasi dan penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dengan penghargaan Nugra Jasadarma Pitaloka pada Jumat (7/9/18) di Jakarta.

Warkina menjadi inisiator gerakan sadar baca ” pado maco” di desa tersebut.  Warkina sangat berterima kasih kepada PNRI yang telah memberikan penghargaan ini.

” Penghargaan sebagai cambuk untuk tetap semangat menyuarakan gerakan sadar baca di seluruh Kabupaten Cirebon,” tutur Warkina.

Saat ini Warkina yang juga guru honor SMPN 2 Suraneggaala, sudah memiliki taman baca di rumahnya dan perpustakaan keliling menggunakan mobil hasil dari bekerja tambahan.

BACA YUK:  Bandara Kertajati Siap Terbangkan 13.000 Calon Jemaah Haji Tahun 2024

” Alhamdulillah PNRI memberikan perhatian dengan memberikan penghargaan kepada gerakan Pado Maco. Penghargaan akan menjadi semangat kami terus bergerak menyuarakan gerakan sadar literasi,” kata Warkina di kediamannya, Minggu (9/9/18).

Menurut Warkina membaca adalah sebuah kewajiban bagi setiap anak yang ingin memiliki masa depan lebih baik, dari membaca akan mendapatkan ilmu, mengurangi kebodohan dan mengurangi kemiskinan.

Budaya membaca harus di mulai sejak usia dini, kebiasaan membaca akan terus dilakukan hingga dewasa nanti.

Warkina mengakui pemerintah daerah sendiri belum memberikan perhatian khusus kepada kegiatannya ini.

BACA YUK:  49 Kafilah Kabupaten Cirebon Siap Ikuti MTQ Tingkat Jabar

” Mudah – mudahan dengan penghargaan yang sudah didapat ini akan menggerakkan hati Pemda Kabupaten Cirebon untuk memberikan perhatian lebih,” harapnya. (AC400)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *