Selasa, 26 Mei 2020

Warga Bojong Kulon, Antusias Meriahkan Acara Njujug Tajug Lesbumi Cirebon

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Bila Masih Ditemukan Warga Mudik, Polresta Cirebon Akan Putar Balik Kendaraan

Cirebon,- Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Pemda Kabupaten Cirebon Lakukan Test Swab Massal di Pasar Sumber

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon kembali menjalani test massal Covid-19 menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) atau swab.Kali ini,...

Cirebon,- Ratusan warga Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, sangat antusias meramaikan acara Njujug Tajug yang diselenggarakan Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Kabupaten Cirebon, Rabu, (18/12/2019).

Acara yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Lesbumi PCNU Cirebon ini, diawali dengan karnaval yang dimulai dari Kantor Kecamatan Susukan ke lokasi acara di Halaman Balai Desa Bojong Kulon.

Sekretaris Lesbumi PCNU Agung Firmansyah mengatakan kegiatan Njujug Tajug yang diselenggarakan oleh Lesbumi Cirebon ini, merupakan kegiatan kedua kalinya dan akan dilanjutkan di enam lokasi lainnya.

“Njujug Tajug yang pertama, kita laksanakan di Desa Bulak Kecamatan Arjawinangun Kab Cirebon,” ujar Agung.

Loading...

Menurut Agung, kegiatan Njujug Tajug ini, bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya lokal yang saat ini, hampir tidak dikenal oleh masyarakat.

Oleh karena itu, selain seni Islami, acara Njujug Tajug juga mementaskan sejumlah seni budaya tradisional, seperti tari, wayang dan kesenian lainnya. Acara ini juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih dan pengecatan tajug, pelatihan Matematika dan Bahasa Inggris, serta pengobatan gratis.

“Banyak kegiatan lainnya diluar kesenian, yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga di bawah naungan PCNU kabupaten Cirebon dalam acara ini,” terang Agung.

Keistimewaan dari pementasan yang dilakukan dalam kegiatan Njujug Tajug ini, semua temanya berkaitan dengan toleransi. Naskah yang akan ditampilkan sudah dipilih dan dipelajari dengan baik untuk kemudian dipentaskan.

Karena menurut Agung, sejak zaman dahulu, kesenian itu mengajarkan kebersamaan dan toleransi, tanpa membedakan ras, suku dan golongan.

“Sehingga pementasannya juga, memiliki makna yang lebih dalam,” kata Agung.

Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Susukan, Maryudi menuturkan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Lesbumi PCNU Kab Cirebon ini.

Menurut Muryadi, selain adanya pementasan kesenian, sejumlah perlombaan juga digelar dan diikuti oleh ratusan peserta.

“Lomba mewarnai diikuti oleh sekitar 300 peserta, dan lomba fashion show anak sebanyak 53 peserta,” kata Maryudi.

Selain itu, ada pula lomba musik obrog, yang memang sedang digandrungi oleh masyarakat sekitar. Namun, obrog yang ditampilkan nanti, akan lebih beragam, karena ditambahi dengan musik modern.

Lomba musik obrog

Muryadi menambahkan, respon dan animo masyarakat dalam kegiatan ini cukup besar. Terbukti, dengan hadirnya ratusan bahkan ribuan warga dilokasi acara.

Uti, salah satu warga Desa Bojong Kulon, juga menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan Njujug Tajug ini dirasakan oleh semua kalangan.

Selain ada pementasan kesenian yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum, ada juga perlombaan yang bisa diikuti oleh anak-anak.

“Tadi ada lomba mewarnai dan fashion show juga,” kata Uti.

Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, karena memberikan manfaat yang positif untuk masyarakat. (AC212/rls)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Sembuh

Cirebon,- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sembuh.Berdasarkan hasil...

Slamet Anak Sebatang Kara yang Tinggal di Rumah Hampir Ambruk

Cirebon,- Slamet (15) asal Blok Singkil 2 RT 02 RW 07, Desa Astanajapuran Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kondisinya terlihat memperihatinkan.Pasalnya, Slamet merupakan anak yatim...

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Cirebon,- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan satu pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5/2020).Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19...

H-2 Jelang Lebaran Idulfitri, Polresta Cirebon Terus Lakukan Penyekatan Selama 24 Jam

Cirebon,- H-2 jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2020, jajaran Polresta Cirebon bersama dengan unsur lainnya terus melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon.Kapolresta Cirebon, Kombes...

Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Minuman Keras Hasil Razia

Cirebon,- Polresta Cirebon memusnahkan barang bukti sepuluhan ribu botol minuman keras (miras) berbagai jenis hasil razia.Pemusnahan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten...

More Articles Like This