Selasa, 25 Januari 2022

Warga Binaan di Lapas Narkotika Cirebon Diberikan Pelatihan dan Keterampilan

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cirebon (Gintung) Kabupaten Cirebon memberikan pembinaan dan kerajinan kepada warga binaan.

Pemberian pembinaan dan kerajinan tersebut sebagai bekal pasca masa tahanan agar dapat membuka lapangan kerja sendiri saat keluar nanti.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Jalu Yuswa Panjang menjelaskan para narapidana yang ada di Lapas dilatih beberapa keterampilan yang bekerja sama dengan BLK (Balai Latihan Kerja).

Loading...

“Kami bekerja sama dengan BLK untuk memberikan keterampilan kepada narapidana yang ada di Lapas,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Rabu (29/7/2020).

BACA YUK:  Libur Natal dan Tahun Baru, Tingkat Kunjungan Wisatawan di Goa Sunyaragi Meningkat

Jalu memaparkan keterampilan yang diberikan kepada narapidan berupa keterampilan seperti perbaikan dan pemeliharaan AC dan elektronik lainnya.

Selain itu, diberikan juga pelatihan produksi roti, kerajinan tangan, pangkas rambut, keterampilan rotan, menjahit, pijat reflexi, hingga pembudidayaan tanaman hias.

“Jadi, keterampilan yang kita pilihkan adalah keterampilan yang mudah dilaksanakan dan memang dibutuhkan oleh masyarakat,” terangnya.

Harapannya, lanjut Jalu, setelah mereka pulang, mereka tidak perlu modal terlalu besar untuk bisa melaksanakan apa yang mereka latih selama disini.

Dalam pemilihan keterampilan, para narapidana ini diberikan pilihan dan mereka memilih sendiri apa yang mereka inginkan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Ada juga dari luar orang yang pernah ikut di perbaikan AC, jadi mereka memperdalamnya disini,” ungkapnya.

Untuk mekanisme pelatihan dan keterampilan yang diberikan, kata Jalu, setiap kegiatan rata-rata diberikan pelatihan dasar selama 20 hari, kemudian 20 hari kedua untuk praktek, dan alat-alat yang mereka butuhkan disediakan oleh Lapas.

Hasilnya, tambah Jalu, untuk kerajinan rotan bekerja sama dengan perusahaan rotan dan akan diberikan upah, upah tersebut nanti akan diberikan kepada mereka dalam bentuk tabungan.

BACA YUK:  Libur Natal dan Tahun Baru, Tingkat Kunjungan Wisatawan di Goa Sunyaragi Meningkat

“Termasuk beberapa pelatihan perbaikan pompa air dan semacam itu, akan ada preminya. Premi itu akan kita tunjukan dalam bentuk tabungan dan berikan pada saat keluar,” kata Jalu.

“Harapan kita, tabungan tersebut digunakan untuk modal mereka. Hal ini kami sampaikan agar masyarakat tahu, bahwa mereka disini dididik, dibina, dan supaya membuat keluarganya lebih sedikit tenang,” tambahnya.

Sampai hari ini dan masih berlangsung, kata Jalu, narapidana yang mengikuti keterampilan ada sebanyak 460 warga binaan dari total 750 warga binaan.

“Untuk sisanya masih menjalani program rehab dan tahun depan mereka akan mengikuti kegiatan keterampilan. Sehingga, program ini bertahap,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara...

Kolaborasi dengan Rumah Zakat, Kelurahan Kesenden Hadirkan Program Green House dan Baperkam Mart

Cirebon,- Kelurahan Kesenden dan Rumah Zakat Kota Cirebon meluncurkan dua program di RW 04, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (24/1/2022). Dua program...

Telkomsel Hadirkan Varian Baru Voucher Internet Paling Murah

mselJakarta,- Kini Telkomsel menghadirkan kembali tambahan varian paket terbaru pada Voucher Fisik Internet Telkomsel yang telah ada. Voucher Fisik Internet ini dapat dibeli oleh...

Jaga Mimpi Pebasket Putri, GoBasket dan GMC Nyalakan Lagi Api Kompetisi

Cirebon,- Harapan menghidupkan kembali kompetisi basket putri di Indonesia belum pupus. GoBasket.id dan Generasi Muda Cirebon (GMC) berkolaborasi agar asa itu tetap menyala. Berbekal semangat...

More Articles Like This