Jumat, 5 Maret 2021

Warga Binaan di Lapas Narkotika Cirebon Diberikan Pelatihan dan Keterampilan

Populer

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Singgah di Pelabuhan Cirebon

Cirebon,- Kapal legendaris KRI Dewaruci bersandar di Pelabuhan Muara Jati Cirebon, sejak Minggu (28/02/2021). Kedatangan kapal tersebut dalam rangka...

Polres Cirebon Kota Berhasil Amankan Empat Pelaku Pengeroyokan Gerombolan Bermotor

Cirebon,- Video aksi gerombolan bermotor yang terjadi pada Minggu (28/2/2021) viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, terekam...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Sukageuri View Cocok Jadi Destinasi untuk Berakhir Pekan⁣

Kuningan,- Sejak diresmikan Januari 2017, Sukageuri View menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kuningan. Dengan suguhan panorama alam...

Menggali Potensi dan Bakat Siswa, SMAN 1 Susukan Gelar Fashion Carnaval

Cirebon,- SMA Negeri 1 Susukan (SMANSUS) menggelar Fashion Carnaval, Kamis (25/2/2021). Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah tersebut, digelar...

Cirebon,- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cirebon (Gintung) Kabupaten Cirebon memberikan pembinaan dan kerajinan kepada warga binaan.

Pemberian pembinaan dan kerajinan tersebut sebagai bekal pasca masa tahanan agar dapat membuka lapangan kerja sendiri saat keluar nanti.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Jalu Yuswa Panjang menjelaskan para narapidana yang ada di Lapas dilatih beberapa keterampilan yang bekerja sama dengan BLK (Balai Latihan Kerja).

Loading...

“Kami bekerja sama dengan BLK untuk memberikan keterampilan kepada narapidana yang ada di Lapas,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Rabu (29/7/2020).

BACA YUK:  Pemkab Cirebon dan Baznas Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Jalu memaparkan keterampilan yang diberikan kepada narapidan berupa keterampilan seperti perbaikan dan pemeliharaan AC dan elektronik lainnya.

Selain itu, diberikan juga pelatihan produksi roti, kerajinan tangan, pangkas rambut, keterampilan rotan, menjahit, pijat reflexi, hingga pembudidayaan tanaman hias.

“Jadi, keterampilan yang kita pilihkan adalah keterampilan yang mudah dilaksanakan dan memang dibutuhkan oleh masyarakat,” terangnya.

Harapannya, lanjut Jalu, setelah mereka pulang, mereka tidak perlu modal terlalu besar untuk bisa melaksanakan apa yang mereka latih selama disini.

Dalam pemilihan keterampilan, para narapidana ini diberikan pilihan dan mereka memilih sendiri apa yang mereka inginkan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Ada juga dari luar orang yang pernah ikut di perbaikan AC, jadi mereka memperdalamnya disini,” ungkapnya.

Untuk mekanisme pelatihan dan keterampilan yang diberikan, kata Jalu, setiap kegiatan rata-rata diberikan pelatihan dasar selama 20 hari, kemudian 20 hari kedua untuk praktek, dan alat-alat yang mereka butuhkan disediakan oleh Lapas.

Hasilnya, tambah Jalu, untuk kerajinan rotan bekerja sama dengan perusahaan rotan dan akan diberikan upah, upah tersebut nanti akan diberikan kepada mereka dalam bentuk tabungan.

BACA YUK:  Dukung Pencegahan Stunting, Telkomsel Hadirkan Aplikasi e-Health Simpati

“Termasuk beberapa pelatihan perbaikan pompa air dan semacam itu, akan ada preminya. Premi itu akan kita tunjukan dalam bentuk tabungan dan berikan pada saat keluar,” kata Jalu.

“Harapan kita, tabungan tersebut digunakan untuk modal mereka. Hal ini kami sampaikan agar masyarakat tahu, bahwa mereka disini dididik, dibina, dan supaya membuat keluarganya lebih sedikit tenang,” tambahnya.

Sampai hari ini dan masih berlangsung, kata Jalu, narapidana yang mengikuti keterampilan ada sebanyak 460 warga binaan dari total 750 warga binaan.

“Untuk sisanya masih menjalani program rehab dan tahun depan mereka akan mengikuti kegiatan keterampilan. Sehingga, program ini bertahap,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pemkab Cirebon dan Baznas Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron bersama Baznas Kabupaten Cirebon meninjau sekaligus meresmikan rumah tidak layak huni di Desa...

Operasi Jaran 2021, Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor

Cirebon,- Selama Operasi Jaran 2021, Satreskrim Polresta Cirebon berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor. Operasi Jaran berlangsung dari tanggal 22 Februari sampai 3 Maret...

Bersama Charly Setia Band, Bupati Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19⁣

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron menerima vaksin Covid-19. Pemberian vaksin dilakukan di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan RA Kartini, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021) malam.⁣ ⁣ Pemberian...

Hari Ketiga, 899 Personel Polresta Cirebon Sudah Divaksinasi Covid-19

Cirebon,- Ratusan personel Polresta Cirebon dan Polsek jajaran telah menjalani vaksinasi Covid-19. Pemberian vaksin kepada para personel tersebut dilaksanakan di Poliklinik Polresta Cirebon sejak...

More Articles Like This