Warga Binaan di Lapas Narkotika Cirebon Diberikan Pelatihan dan Keterampilan

Populer

Tilik Kana Cirebon Hadir untuk Angkat Potensi UKM Khusus Kuliner

Cirebon,- Untuk menjadikan UKM (Usaha Kecil Menengah) naik kelas, Food Court Tilik Kana yang berlokasi di Jalan Pancuran Barat...

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren...

Wali Kota Cirebon: Mulai 1 Oktober 2020 yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan akan Ditindak Tegas

Cirebon,- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis tak henti-hentinya melakukan edukasi dan sosialisasi...

RM Abah Wardja Wedangan 90an Hadir dengan Konsep Djadul

Cirebon,- Dengan konsep kayu dan interior lawas, rumah makan dengan menu tradisional hadir untuk para pecinta kuliner Cirebon.Bertempat di...

Cemilan Donat Kekinian Donuthing Hadir Di Kota Cirebon

Cirebon,- Donuthing, cemilan donat kekinian milik artis dan youtuber Indonesia Baim Wong kini hadir di Kota Cirebon.Berlokasi di Jalan...

Cirebon,- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cirebon (Gintung) Kabupaten Cirebon memberikan pembinaan dan kerajinan kepada warga binaan.

Pemberian pembinaan dan kerajinan tersebut sebagai bekal pasca masa tahanan agar dapat membuka lapangan kerja sendiri saat keluar nanti.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Jalu Yuswa Panjang menjelaskan para narapidana yang ada di Lapas dilatih beberapa keterampilan yang bekerja sama dengan BLK (Balai Latihan Kerja).

Loading...

“Kami bekerja sama dengan BLK untuk memberikan keterampilan kepada narapidana yang ada di Lapas,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Rabu (29/7/2020).

Jalu memaparkan keterampilan yang diberikan kepada narapidan berupa keterampilan seperti perbaikan dan pemeliharaan AC dan elektronik lainnya.

Selain itu, diberikan juga pelatihan produksi roti, kerajinan tangan, pangkas rambut, keterampilan rotan, menjahit, pijat reflexi, hingga pembudidayaan tanaman hias.

“Jadi, keterampilan yang kita pilihkan adalah keterampilan yang mudah dilaksanakan dan memang dibutuhkan oleh masyarakat,” terangnya.

Harapannya, lanjut Jalu, setelah mereka pulang, mereka tidak perlu modal terlalu besar untuk bisa melaksanakan apa yang mereka latih selama disini.

Dalam pemilihan keterampilan, para narapidana ini diberikan pilihan dan mereka memilih sendiri apa yang mereka inginkan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Ada juga dari luar orang yang pernah ikut di perbaikan AC, jadi mereka memperdalamnya disini,” ungkapnya.

Untuk mekanisme pelatihan dan keterampilan yang diberikan, kata Jalu, setiap kegiatan rata-rata diberikan pelatihan dasar selama 20 hari, kemudian 20 hari kedua untuk praktek, dan alat-alat yang mereka butuhkan disediakan oleh Lapas.

Hasilnya, tambah Jalu, untuk kerajinan rotan bekerja sama dengan perusahaan rotan dan akan diberikan upah, upah tersebut nanti akan diberikan kepada mereka dalam bentuk tabungan.

“Termasuk beberapa pelatihan perbaikan pompa air dan semacam itu, akan ada preminya. Premi itu akan kita tunjukan dalam bentuk tabungan dan berikan pada saat keluar,” kata Jalu.

“Harapan kita, tabungan tersebut digunakan untuk modal mereka. Hal ini kami sampaikan agar masyarakat tahu, bahwa mereka disini dididik, dibina, dan supaya membuat keluarganya lebih sedikit tenang,” tambahnya.

Sampai hari ini dan masih berlangsung, kata Jalu, narapidana yang mengikuti keterampilan ada sebanyak 460 warga binaan dari total 750 warga binaan.

“Untuk sisanya masih menjalani program rehab dan tahun depan mereka akan mengikuti kegiatan keterampilan. Sehingga, program ini bertahap,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mulai 1 Oktober 2020, Hotel Langensari Cirebon Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri

Cirebon,- Wali Mota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis bersyukur dan terharu ada hotel di Kota Cirebon yang mau dijadikan tempat...

Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemda Kota Cirebon Akan Berubah, Salah Satunya DKOKP

Cirebon,- Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di Pemerintah Kota Cirebon akan diubah yakni dinas-dinas akan dilakukan pemisahan. Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, Pemkot Cirebon Raperda Penyertaan Modal untuk Perumda Air Minum

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengusulkan empat rancangan peraturan daerah (Raperda) dalam rapat paripurna DPRD Kota Cirebon, Kamis (1/10/2020).Empat Raperda yang diusulkan yakni Raperda...

Metland Hotel Cirebon Hadirkan Konsep Live Show Saat Breakfast

Cirebon,- Memberikan suasana berbeda, Metland Hotel Cirebon by Horison yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon mulai bulan Oktober 2020 melakukan perubahan menu dan...

Kuartal III – 2020, Pertamina Salurkan Modal Kerja Pinky Movement Hingga Rp3,1 Miliar

Jakarta,- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mencatatkan penyaluran pinjaman modal usaha sebesar Rp 3,1 miliar untuk mitra usaha program Pinky...

More Articles Like This