Festival Keraton Nusantara 2017
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus

Cirebon, 13 September 2017,- Kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) yang akan dilaksanakan mulai 15 September hingga 19 September 2017, diakui oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH bahwa Kota Cirebon sudah siap 100% untuk digelarnya kegiatan FKN teserbut, Rabu (13/9).

Seperti dikutip halaman cirebonkota.go.id , FKN merupakan salah satu wujud pelestarian nilai-nilai budaya bangsa yang nyata. Sebagai warisan budaya bangsa, sudah sejak dulu Keraton dipandang sebagai pusat segala aktivitas sosial kemasyarakatan yang dihuni berbagai etnis dengan latar belakang, budaya, agama, yang berbeda. tradisi dan peninggalan sejarah yang mempunyai nilai perjuangan bangsa, kebanggaan, serta kemanfaatan nasional, perlu tetap dipelihara dan dibina.Cirebon bukan pertama kali sebagai penyelenggara FKN, kemenarikan Cirebon sebagai Kota Wali akan semakin bertambah dengan kedatangan raja-raja se-Nusantara akan berkumpul di Cirebon.

Tak hanya dari dalam negeri, peserta helaran FKN XI ini pun diikutinya juga perwakilan dari sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Untuk menyambut FKN XI, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dibenahi seperti penataan Kota Cirebon sebagai tuan rumah. Penataan terutama dipandang penting di kawasan yang mengandung nilai sejarah, seperti Alun-alun Keraton Kasepuhan, Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, maupun Keraton Kacirebonan.

Dikatakan Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis SH, usai menghadiri kegiatan sinkronisasi pemetaan potensi unggulan di salah satu hotel di Kota Cirebon, mengatakan Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama pihak terkait untuk persiapan kegiatan FKN sudah berjalan 100% hanya menyempurnakan kegiatannya saja. Hal ini dikarenakan kata Azis, bahwa pembukaan acara FKN rencana akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir.Joko Widodo.

“Sejauh ini kami persiapan sudah berjalan 100% tinggal penyempurnaannya saja.
“ Karenakan nanti kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI sehingga kita menunggu seperti apa kabar dari pak presidennya apakah beliau ingin menginap atau tidak karena hal ini yang perlu menjadi perhatian bagi kita,” ujar Azis.

Azis berharap acara FKN ini dapat menjadi salah satu pintu promosi Kota Cirebon agar masyarakat luas dapat mengetahui potensi-potensi yang dimiliki Kota Cirebon. Dan acara FKN ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Perlu diketahui untuk jadwal acara FKN yakni :
1. Jumat, 15 September 2017, Welcome Diner di Taman Gua Sunyaragi pada pukul 19.00 WIB
2. Sabtu, 16 September 2017:
a. Pembukaan FKN XI tahun 2017 di Alun-Alun Keraton Kasepuhan pukul 08.00 WIB.
b. Pameran benda pusaka keraton se-nusantara di Keraton Kanoman pukul 08.00 WIB
c. Pameran kerajinan rakyat Dekranasda Jawa Barat dan produk kreatif di jalan Pasuketan (Depan BAT) pukul 08.00 WIB
d. Pagelaran Seni Kolosal di Alun-alun Keraton Kasepuhan pukul 09.40
e. Pelepasan Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara di Alun-Alun Keraton Kasepuhan pukul10.45
f. Grand Launching Museum Pusaka Keraton Kasepuhan di Museum Keraton Kasepuhan pukul 13.10
g. Pagelaran seni keraton se-nusantara di Taman Gua Sunyaragi, Keraton Kanoman dan Keraton Kacerbonan pukul 16.00
h. Pembukaan Pameran Benda Pusaka Keraton se-nusantara di Keraton Kanoman pukul 19.00
3. Minggu, 17 September 2017 Musyawarah Agung Raja/Sultan di Keraton Kasepuhan pukul 11.00
4. Senin, 18 September 2017 Seminar dan Dialog Naskah Kuno Keraton Nusantara di Alun-Alun Keraton Kasepuhan pukul 09.00
5. Selasa, 19 September 2017 City Tour.(AC400)

 

How you feel for this post?
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Bagikan:
loading...