Wali Kota Cirebon Targetkan RW se-Kota Cirebon Jalankan Proklim

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon menargetkan Program Kampung Iklim (Proklim) bisa dijalankan di semua RW di Kota Cirebon.  Kota Cirebon memiliki sebanyak 249 RW.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan program hasil kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bersama Pemda Kota Cirebon dinilai akan mewujudkan lingkungan yang lebih tertata dan keseimbangan. Salah satunya, lanjut Azis, di RW 04 Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon.

“Proklim yang diterapkan di sini (RW 04 Kebon Benteng Tengah) sangat menginspirasi. Karena dari tingkat RW bisa menyumbangkan manfaat secara luas. Kami berharap setiap RW yang ada di Kota Cirebon bisa menerapkan program ini,” kata Azis.

BACA YUK:  Peringatan Hari Koperasi, Generasi Muda Harus Dibekali Pengalaman Berbasis Gotong Royong

Proklim yang digulirkan di Kelurahan Kesenden, kata Azis, perlu dicontoh oleh RW lainnya. Apabila ada RW yang akan atau sedang berupaya menerapkan Proklim, bisa komparasi ke Kelurahan Kesenden dan tidak perlu ke luar kota.

“Inilah pentingnya sinergitas dan kebersamaan antar-RW. Karena hal baik ini harus dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bahkan bila perlu dibuat tagline dari RW 04 Kebon Benteng Tengah untuk dunia,” jelasnya.

Azis menuturkan, dari 249 RW yang ada di Kota Cirebon, sudah banyak yang mengarah untuk penerapan Proklim.

BACA YUK:  Job Fair 2022, Wali Kota Cirebon: Bentuk Cinta Pemerintah Kepada Rakyatnya

“Banyak manfaatnya. Tidak hanya sebagai mitigasi perubahan iklim, kampung juga bisa menjadi sarana edukasi dan lingkungan yang nyaman,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Ujianto Wahyu Utama, ATD., mengatakan, Proklim sebagai program nasional yang berbasis komunal masyarakat ini bisa menjadi mitigasi perubahan iklim yang dirasakan saat ini.

“Harus dilaksanakan secara masif dan bisa memperoleh predikat utama. Kemudian dipantau hingga dua tahun untuk mendapatkan predikat lestari. Saya optimis dengan semangat jajaran kelurahan dan warga bisa meraih yang terbaik,” katanya. (HSY)

BACA YUK:  Sekda Kota Cirebon: Sinergitas Diperlukan untuk Penyesuaian Penyusunan RTRW
(Dilihat: 114 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.