Wali Kota Cirebon : Kehadiran Investor di Kota Cirebon Dapat Meningkatan PAD

Cirebon,- Pasca pandemi COVID-19, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon sedang giat untuk memaksimalkan pembangunan ekonomi daerah. Upaya tersebut melalui dua strategi, yaitu mengenali potensi ekonomi wilayah dan merumuskan manajemen pembangunan daerah yang ramah investasi.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan pada konteks pengenalan ekonomi wilayah, Pemda Kota Cirebon memperhatikan perkembangan penduduk, sektor ekonomi potensial, pariwisata, kualitas lingkungan, dan keterkaitan wilayah atau aglomerasi.

“Kita tidak dapat menutup mata, pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai sektor kehidupan dan perekonomian. Makanya pemetaan ulang ini menjadi penting agar menemukan strategi yang tepat mencapai akselerasi pembangunan,” ujar Azis saat pembukaan A.S.S Mall Cirebon, Selasa (13/9/2022).

BACA YUK:  Ini Jenis Surat Suara yang Akan Dilakukan PSU di 5 TPS Kota Cirebon

Azis meyakini, bahwa sinergi antara pemda dengan pengusaha adalah salah satu kunci dalam mengembangkan ekonomi daerah. Dua sektor ini masing-masing memiliki peran yang bisa saling melengkapi.

“Pemda memiliki kesempatan untuk membuat peraturan, menyediakan sarana dan peluang serta membentuk wawasan orang banyak. Sedangkan pengusaha memiliki kemampuan untuk mengenali kebutuhan orang banyak dan proses ekonomi,” tuturnya.

Pihaknya berharap, kehadiran A.S.S. Mall dapat memberi warna baru sekaligus menambah pilihan lokasi wisata belanja bagi masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya.

BACA YUK:  Jadi Agenda Rutin, Koperasi Jasa Transportasi Online Ciayumajakuning Kembali Gelar Rapat RAT

“Apalagi lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau tentu saja memberi nilai tambah yang signifikan,” sambungnya.

Selain itu, kata Azis, kehadiran para investor yang ada di Kota Cirebon melalui berbagai jenis perdagangan dapat berimplikasi pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kemudian juga akan ada kesempatan dan lowongan kerja bagi masyarakat. Ini muaranya akan mendongkrak geliat perekonomian pasca Pandemi COVID-19 di Kota Cirebon,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *