Minggu, 20 Oktober 2019

Wali Kota Cirebon: Hari Jadi Cirebon ke-650 Tonggak Menuju Kota Cirebon Sebagai Kota Pariwisata di Jawa Barat

Populer

Densus 88 Temukan Bahan Untuk Bom Racun Kimia di Cirebon

Cirebon - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus melakukan gerilya memberantas jaringan teroris di wilayah Cirebon Jawa Barat....

Tim Densus 88 Amankan Seorang Terduga Teroris Di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan seorang terduga teroris di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (13/10/2019)...

Tim Densus 88 Anti Teror Kembali Tangkap Terduga Teroris di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror kembali mengamankan seorang terduga teroris di wilayah hukum Polres Cirebon Kota, Senin (14/10/2019)...

Driver Ojol Asal Cirebon Dapat Skuter Vespa dari Program Undian Smartfren WOW

Cirebon,- Raut muka bahagia terpancar dari wajah Sucipto Kusumo, warga asal Blok Petapean RT/RW 016/006 Palimanan Timur, Kabupaten Cirebon.Pasalnya,...

Sebanyak 94 MUA dari Ciayumajakuning Ikuti Make Up Competition QL Cosmetic

Cirebon,- Sebanyak 94 Make Up Artist (MUA) dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka) mengikuti make up competition...

Cirebon,- Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-650 berlangsung meriah. Acara yang diawali dengan Rapat Paripurna, kemudian pembagian 650 porsi empal gentong gratis, Flashmob Tarian Sintren, hingga Cirebon Costume Carnival.

Pantauan About Cirebon, ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah di sepanjang jalan Siliwangi untuk bisa menyaksikan flashmob tarian sintren dan iring-iringan carnival, Minggu (1/9/2019).

Puluhan anak-anak dari Sanggar Tari Belantara Budaya yang mengikuti flashmob tarian sintren begitu antusias. Bahkan, flashmob tarian sintren diikuti juga oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, hingga Sultan Kasepuhan dan Kanoman.

1. Menjadi Kalender Tetap

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan Hari Jadi Cirebon ke-650 ini merupakan tonggak kita untuk melangkah menuju kota Cirebon menjadi kota pariwisata di Jawa Barat.

“Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang digelar pada tahun 2019 ini orientasinya bagaimana kedepan bisa menjadi kalender tetap untuk bisa menjadi tontonan bagi para wisatawan yang datang ke Cirebon,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai kegiatan Cirebon Costume Carnival.

“Itulah yang kami coba lakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” imbuhnya.

2. Cirebon Costume Carnival

Terkait tema Cirebon Costume Carnival yang diusung pada Hari Jadi Cirebon ke-650, menurut Azis, bagaimana melihat kreativitas peserta dengan kostum-kostum yang tampilkan.

“Jadi yang kita pertontonkan di kegiatan ini adalah konstum dari pesertanya. Dan kita lihat konstum dari pesertanya sudah terlihat adanya kreasi-kreasi,” ungkapnya.

“Dan inilah yang bakal menarik untuk kemudian kita bisa jadikan sebagai salah satu tontonan bagi para wisatawan yang akan datang ke Kota Cirebon,” imbuh Azis.

3. Membuat Paket Wisata Bersama

Saat Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan penandatangan kerja sama antar lima kota se-Wilayah III Cirebon.

Menurut Azis, Kota Cirebon menggagas untuk bagaimana lima kota/kabupaten di wilayah Ciayumajakuning ini membuat sebuah paket wisata bersama.

“Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu memiliki keaneka ragaman kuliner dan wisata laut. Sedangkan Kuningan dan Majalengka memiliki keelokan alamnya. Nah ini akan kita padukan menjadi satu paket wisata, maka pada hari ini telah kita sepakati bersama untuk membuat paket wisata Ciaymajakuning,” ujarnya.

Menurut Azis, hal tersebut merupakan terobosan untuk menghimpun kekuatan di Ciayumajakuning.

4. Kekompakan Menjadi Modal Utama

Pada Hari Jadi Cirebon ke-650 ini, kata Azis, hampir semua stakeholder dan semua komponen masyarakat antusias untuk menunjukan dirinya, bahwa Cirebon sedang bersiap menuju pariwisata yang unggul di wilayah Jawa Barat.

“Kekompakan ini adalah modal utama bagi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan Cirebon sebagai kota pariwisata di Jawa Barat,” terangnya.

Lanjut Azis, untuk menjadi kota Pariwisata di Jawa Barat, Cirebon sudah melakukan persiapan sepanjang tahun 2019 dan akan terus dilakukan.

“Utamanya adalah perbaikan-perbaikan infrastruktur, perbaikan fasilitas umum, dan juga memunculkan kembali potensi wisata yang berbasis sejarah dan budaya, khususnya sejarah Islam,” katanya.

“Kita memiliki banyak peningalan sejarah Islam di Kota Cirebon ini, dan ini akan kita angkat untuk menjadi konsumsi bagi para wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” tutup Azis. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Razia Kendaraan di Jalur Pantura Plumbon Jelang Pelantikan Presiden – Wapres

Cirebon - Jalur Pantura wilayah Cirebon hingga Cikampek merupakan jalur tersibuk di Jawa Barat. Jelang pelantikan Presiden dan Wakil...

Komunitas TDA Cirebon Gelar Musyawarah Kerja Daerah

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas atau yang dikenal dengan TDA merupakan komunitas wirausaha yang bertujuan untuk saling membantu dan bersama-sama menebar rahmat.Komunitas TDA Wilayah...

Pemain Film Lampor Keranda Terbang Hadiri Premier di Cirebon

Cirebon,- Film Lampor Keranda Terbang produksi Starvision Plus yang diangkat dari mitos masyarakat Jawa Tengah, akan tayang di bioskop tanah air pada tanggal 31...

SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Distribusikan 160 Ribu Liter Air Bersih

Cirebon,- Kemarau panjang yang terjadi  di wilayah Kabupaten Cirebon sejak enam bulan terakhir, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami krisis air bersih. Bahkan, sumber...

Viral.. Penangkapan Teroris di Pusat Perbelanjaan di Cirebon. Ini yang Terjadi Sebenarnya

Cirebon - Jagad maya di wilayah Cirebon dan sekitarnya mendadak geger dengan pesan berantai melalui Whatsapp maupun Facebook tentang penangkapan terduga teroris di salah...

More Articles Like This