Selasa, 30 November 2021

Wali Kota Cirebon: Hari Jadi Cirebon ke-650 Tonggak Menuju Kota Cirebon Sebagai Kota Pariwisata di Jawa Barat

Populer

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Open Bidding di Pemkab Cirebon Minta Pendampingan KPK RI

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta para pejabat Eselon II yang ikut tes seleksi open bidding mampu membuat inovasi untuk kemajuan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Cirebon,- Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-650 berlangsung meriah. Acara yang diawali dengan Rapat Paripurna, kemudian pembagian 650 porsi empal gentong gratis, Flashmob Tarian Sintren, hingga Cirebon Costume Carnival.

Pantauan About Cirebon, ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah di sepanjang jalan Siliwangi untuk bisa menyaksikan flashmob tarian sintren dan iring-iringan carnival, Minggu (1/9/2019).

Puluhan anak-anak dari Sanggar Tari Belantara Budaya yang mengikuti flashmob tarian sintren begitu antusias. Bahkan, flashmob tarian sintren diikuti juga oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, hingga Sultan Kasepuhan dan Kanoman.

Loading...

1. Menjadi Kalender Tetap

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan Hari Jadi Cirebon ke-650 ini merupakan tonggak kita untuk melangkah menuju kota Cirebon menjadi kota pariwisata di Jawa Barat.

“Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang digelar pada tahun 2019 ini orientasinya bagaimana kedepan bisa menjadi kalender tetap untuk bisa menjadi tontonan bagi para wisatawan yang datang ke Cirebon,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai kegiatan Cirebon Costume Carnival.

BACA YUK:  Ikuti Pemerintah Pusat, Kota Cirebon Terapkan PPKM Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru

“Itulah yang kami coba lakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” imbuhnya.

2. Cirebon Costume Carnival

Terkait tema Cirebon Costume Carnival yang diusung pada Hari Jadi Cirebon ke-650, menurut Azis, bagaimana melihat kreativitas peserta dengan kostum-kostum yang tampilkan.

“Jadi yang kita pertontonkan di kegiatan ini adalah konstum dari pesertanya. Dan kita lihat konstum dari pesertanya sudah terlihat adanya kreasi-kreasi,” ungkapnya.

“Dan inilah yang bakal menarik untuk kemudian kita bisa jadikan sebagai salah satu tontonan bagi para wisatawan yang akan datang ke Kota Cirebon,” imbuh Azis.

3. Membuat Paket Wisata Bersama

Saat Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan penandatangan kerja sama antar lima kota se-Wilayah III Cirebon.

Menurut Azis, Kota Cirebon menggagas untuk bagaimana lima kota/kabupaten di wilayah Ciayumajakuning ini membuat sebuah paket wisata bersama.

“Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu memiliki keaneka ragaman kuliner dan wisata laut. Sedangkan Kuningan dan Majalengka memiliki keelokan alamnya. Nah ini akan kita padukan menjadi satu paket wisata, maka pada hari ini telah kita sepakati bersama untuk membuat paket wisata Ciaymajakuning,” ujarnya.

Menurut Azis, hal tersebut merupakan terobosan untuk menghimpun kekuatan di Ciayumajakuning.

4. Kekompakan Menjadi Modal Utama

Pada Hari Jadi Cirebon ke-650 ini, kata Azis, hampir semua stakeholder dan semua komponen masyarakat antusias untuk menunjukan dirinya, bahwa Cirebon sedang bersiap menuju pariwisata yang unggul di wilayah Jawa Barat.

“Kekompakan ini adalah modal utama bagi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan Cirebon sebagai kota pariwisata di Jawa Barat,” terangnya.

Lanjut Azis, untuk menjadi kota Pariwisata di Jawa Barat, Cirebon sudah melakukan persiapan sepanjang tahun 2019 dan akan terus dilakukan.

“Utamanya adalah perbaikan-perbaikan infrastruktur, perbaikan fasilitas umum, dan juga memunculkan kembali potensi wisata yang berbasis sejarah dan budaya, khususnya sejarah Islam,” katanya.

“Kita memiliki banyak peningalan sejarah Islam di Kota Cirebon ini, dan ini akan kita angkat untuk menjadi konsumsi bagi para wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” tutup Azis. (AC212)

BACA YUK:  Masuk Level 1 PPKM, Keberhasilan Semua Pihak dalam Pengendalian COVID-19 di Kota Cirebon
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kenaikan Harga Minyak Goreng Harus Diredam

Jakarta,- Gejolak kenaikan harga minyak goreng hingga akhir tahun diprediksi masih terus merangkak naik. Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik...

Ratusan ASN di Kota Cirebon Dapat Anugerah Satyalancana Karya Satya

Cirebon,- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberikan anugerah kepada 218 Aparatur Sipil Negara (ASN). Anugerah...

Hadirkan Program Yes Preneur, Anis Matta: UMKM Masa Depan dan Pilar Ekonomi Indonesia

Cirebon,- Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta bersama rombongan terus melakukan roadshow ke berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, Ketua Umum bersama rombongan mengunjungi...

Jalin Kemitraan, RS Sumber Kasih Cirebon Gelar Kompetisi Futsal

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon menggelar Futsal Competition bersama mitra kerja. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 27 -28 November 2021 di Lapangan...

More Articles Like This