Jumat, 25 September 2020

Wali Kota Cirebon: Hari Jadi Cirebon ke-650 Tonggak Menuju Kota Cirebon Sebagai Kota Pariwisata di Jawa Barat

Populer

Mayat Seorang Perempuan Ditemukan di Pantai Kejawanan

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan tewas di Pantai Kejawanan, Kota Cirebon, Senin (21/9/2020) pagi sekitar pukul 04.55 WIB.Mayat...

7 Desa di Kabupaten Cirebon Mendapatkan Mobil Maskara ⁣⁣

⁣Cirebon,- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Jawa Barat menyalurkan bantuan sosial, edukasi Covid-19...

Kecelakaan Tunggal di Cipali KM 177, Seorang Penumpang Meninggal Dunia⁣

⁣Cirebon,- Kecelakaan Lalu lintas kembali terjadi di Tol Cipali KM 177 pada hari Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.⁣ ⁣ Kecelakaan...

Pemerintah dan Keraton Kasepuhan Cirebon Sepakat Meniadakan Pasar Muludan

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama dengan Keraton Kasepuhan bersepakat meniadakan pasar malam atau Muludan di area Keraton Kasepuhan...

Inilah Cerita Eti Sulastri Warga Ciledug yang Sembuh

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs H Imron M.Ag melakukan dialog langsung dengan Eti Sulastri, warga Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug Kabupaten...

Cirebon,- Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-650 berlangsung meriah. Acara yang diawali dengan Rapat Paripurna, kemudian pembagian 650 porsi empal gentong gratis, Flashmob Tarian Sintren, hingga Cirebon Costume Carnival.

Pantauan About Cirebon, ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah di sepanjang jalan Siliwangi untuk bisa menyaksikan flashmob tarian sintren dan iring-iringan carnival, Minggu (1/9/2019).

Puluhan anak-anak dari Sanggar Tari Belantara Budaya yang mengikuti flashmob tarian sintren begitu antusias. Bahkan, flashmob tarian sintren diikuti juga oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, hingga Sultan Kasepuhan dan Kanoman.

Loading...

1. Menjadi Kalender Tetap

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan Hari Jadi Cirebon ke-650 ini merupakan tonggak kita untuk melangkah menuju kota Cirebon menjadi kota pariwisata di Jawa Barat.

“Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang digelar pada tahun 2019 ini orientasinya bagaimana kedepan bisa menjadi kalender tetap untuk bisa menjadi tontonan bagi para wisatawan yang datang ke Cirebon,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai kegiatan Cirebon Costume Carnival.

BACA YUK:  Sepekan Razia Masker, Petugas Gabungan di Kabupaten Cirebon Menjaring Puluhan Ribu Pelanggar

“Itulah yang kami coba lakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” imbuhnya.

2. Cirebon Costume Carnival

Terkait tema Cirebon Costume Carnival yang diusung pada Hari Jadi Cirebon ke-650, menurut Azis, bagaimana melihat kreativitas peserta dengan kostum-kostum yang tampilkan.

“Jadi yang kita pertontonkan di kegiatan ini adalah konstum dari pesertanya. Dan kita lihat konstum dari pesertanya sudah terlihat adanya kreasi-kreasi,” ungkapnya.

“Dan inilah yang bakal menarik untuk kemudian kita bisa jadikan sebagai salah satu tontonan bagi para wisatawan yang akan datang ke Kota Cirebon,” imbuh Azis.

3. Membuat Paket Wisata Bersama

Saat Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan penandatangan kerja sama antar lima kota se-Wilayah III Cirebon.

Menurut Azis, Kota Cirebon menggagas untuk bagaimana lima kota/kabupaten di wilayah Ciayumajakuning ini membuat sebuah paket wisata bersama.

“Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu memiliki keaneka ragaman kuliner dan wisata laut. Sedangkan Kuningan dan Majalengka memiliki keelokan alamnya. Nah ini akan kita padukan menjadi satu paket wisata, maka pada hari ini telah kita sepakati bersama untuk membuat paket wisata Ciaymajakuning,” ujarnya.

Menurut Azis, hal tersebut merupakan terobosan untuk menghimpun kekuatan di Ciayumajakuning.

4. Kekompakan Menjadi Modal Utama

Pada Hari Jadi Cirebon ke-650 ini, kata Azis, hampir semua stakeholder dan semua komponen masyarakat antusias untuk menunjukan dirinya, bahwa Cirebon sedang bersiap menuju pariwisata yang unggul di wilayah Jawa Barat.

“Kekompakan ini adalah modal utama bagi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan Cirebon sebagai kota pariwisata di Jawa Barat,” terangnya.

Lanjut Azis, untuk menjadi kota Pariwisata di Jawa Barat, Cirebon sudah melakukan persiapan sepanjang tahun 2019 dan akan terus dilakukan.

“Utamanya adalah perbaikan-perbaikan infrastruktur, perbaikan fasilitas umum, dan juga memunculkan kembali potensi wisata yang berbasis sejarah dan budaya, khususnya sejarah Islam,” katanya.

“Kita memiliki banyak peningalan sejarah Islam di Kota Cirebon ini, dan ini akan kita angkat untuk menjadi konsumsi bagi para wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” tutup Azis. (AC212)

BACA YUK:  Inilah Kegiatan Safety Servis Training Pemandu Wisata Bersama PSC 119 Kota Cirebon⁣⁣ ⁣⁣
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Selama September, Pertamina Suntik Modal Lebih dari Rp 2,9 M untuk UMKM di Jawa Barat

Jakarta,- Sebagai upaya untuk terus mendorong UMKM agar tetap eksis dan bangkit dari situasi pandemi, sepanjang bulan September 2020...

Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI

Jakarta,- Telkomsel terus bergerak maju menunjukan konsistensi dalam mendampingi masyarakat di berbagi fase kehidupan, terutama untuk menghadirkan kemudahan aktivitas digital yang mendukung upaya adaptasi...

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren tersebut dihentikan sementara untuk menghindari...

Bupati Minta Dishub Cirebon Ciptakan Transportasi yang Aman, Nyaman dan Sehat

Cirebon,- Dinas Perhubungan (Dishub) diminta untuk meningkatkan perannnya, dalam menciptakan transportasi yang aman, nyaman dan sehat.Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag menuturkan, jalur lalu...

More Articles Like This