Kamis, 30 Januari 2020

Wali Kota Cirebon: Hari Jadi Cirebon ke-650 Tonggak Menuju Kota Cirebon Sebagai Kota Pariwisata di Jawa Barat

Populer

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir...

Khawatir Virus Corona, Pasien di RS Waled Cirebon Dirawat di Ruang Isolasi

Cirebon,-Seorang warga Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon harus dirawat di ruang khusus isolasi Rumah Sakit Umum Waled, Senin...

Grab Hadirkan Layanan Baru “Grab Express Nalangin” di Kota Cirebon

Cirebon,- Mendukung pertumbuhan ekonomi para wirausaha di wilayah Cirebon, Grab meluncurkan layanan terbaru yakni “Grab Express Nalangin Cirebon”, yang...

Vinotel Cirebon Optimis, Kunjungan Wisatawan di Tahun 2020 Meningkat

Cirebon,- Pelaku industri pariwisata di Kota Cirebon melihat prospek Cirebon kedepan masih cukup bagus. Apalagi ditunjang dengan akses jalan...

Jelang Imlek, Bank Indonesia Cirebon Hadirkan Layanan Penukaran Uang

Cirebon,- Dalam rangka Hari Imlek tahun 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menghadirkan mobil penukaran uang, yang...

Cirebon,- Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-650 berlangsung meriah. Acara yang diawali dengan Rapat Paripurna, kemudian pembagian 650 porsi empal gentong gratis, Flashmob Tarian Sintren, hingga Cirebon Costume Carnival.

Pantauan About Cirebon, ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah di sepanjang jalan Siliwangi untuk bisa menyaksikan flashmob tarian sintren dan iring-iringan carnival, Minggu (1/9/2019).

Puluhan anak-anak dari Sanggar Tari Belantara Budaya yang mengikuti flashmob tarian sintren begitu antusias. Bahkan, flashmob tarian sintren diikuti juga oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, hingga Sultan Kasepuhan dan Kanoman.

1. Menjadi Kalender Tetap

Loading...

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan Hari Jadi Cirebon ke-650 ini merupakan tonggak kita untuk melangkah menuju kota Cirebon menjadi kota pariwisata di Jawa Barat.

“Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang digelar pada tahun 2019 ini orientasinya bagaimana kedepan bisa menjadi kalender tetap untuk bisa menjadi tontonan bagi para wisatawan yang datang ke Cirebon,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai kegiatan Cirebon Costume Carnival.

“Itulah yang kami coba lakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” imbuhnya.

2. Cirebon Costume Carnival

Terkait tema Cirebon Costume Carnival yang diusung pada Hari Jadi Cirebon ke-650, menurut Azis, bagaimana melihat kreativitas peserta dengan kostum-kostum yang tampilkan.

“Jadi yang kita pertontonkan di kegiatan ini adalah konstum dari pesertanya. Dan kita lihat konstum dari pesertanya sudah terlihat adanya kreasi-kreasi,” ungkapnya.

“Dan inilah yang bakal menarik untuk kemudian kita bisa jadikan sebagai salah satu tontonan bagi para wisatawan yang akan datang ke Kota Cirebon,” imbuh Azis.

3. Membuat Paket Wisata Bersama

Saat Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan penandatangan kerja sama antar lima kota se-Wilayah III Cirebon.

Menurut Azis, Kota Cirebon menggagas untuk bagaimana lima kota/kabupaten di wilayah Ciayumajakuning ini membuat sebuah paket wisata bersama.

“Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu memiliki keaneka ragaman kuliner dan wisata laut. Sedangkan Kuningan dan Majalengka memiliki keelokan alamnya. Nah ini akan kita padukan menjadi satu paket wisata, maka pada hari ini telah kita sepakati bersama untuk membuat paket wisata Ciaymajakuning,” ujarnya.

Menurut Azis, hal tersebut merupakan terobosan untuk menghimpun kekuatan di Ciayumajakuning.

4. Kekompakan Menjadi Modal Utama

Pada Hari Jadi Cirebon ke-650 ini, kata Azis, hampir semua stakeholder dan semua komponen masyarakat antusias untuk menunjukan dirinya, bahwa Cirebon sedang bersiap menuju pariwisata yang unggul di wilayah Jawa Barat.

“Kekompakan ini adalah modal utama bagi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan Cirebon sebagai kota pariwisata di Jawa Barat,” terangnya.

Lanjut Azis, untuk menjadi kota Pariwisata di Jawa Barat, Cirebon sudah melakukan persiapan sepanjang tahun 2019 dan akan terus dilakukan.

“Utamanya adalah perbaikan-perbaikan infrastruktur, perbaikan fasilitas umum, dan juga memunculkan kembali potensi wisata yang berbasis sejarah dan budaya, khususnya sejarah Islam,” katanya.

“Kita memiliki banyak peningalan sejarah Islam di Kota Cirebon ini, dan ini akan kita angkat untuk menjadi konsumsi bagi para wisatawan yang datang ke Kota Cirebon,” tutup Azis. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Koperasi Jasa Transportasi Online Ciayumajakuning Gelar Rapat RAT

Cirebon,- Koperasi Jasa Transportasi Online Ciayumajakuning (KTOC) melaksanakan kewajiban organisasinya sebagai badan hukum berbentuk koperasi yakni menyelenggarakan Rapat Anggota...

CARfix Cirebon Dipercaya Sebagai Bengkel Official Partnership BMW

Cirebon,- Bengkel Modern CARfix kini hadir di Cirebon. Setelah sukses membuka outlet ke-27 pada bulan Desember 2019 lalu, kini CARfix melebarkan sayapnya dengan membuka...

Bengkel Modern CARfix Hadir di Cirebon, Ini Lho Kelebihannya

Cirebon,- Setelah sukses membuka outlet ke-27 pada bulan Desember 2019 lalu, CARfix Bengkel Modern kembali memperluas jaringan pelayanannya dengan membuka outlet ke-28 di Cirebon,...

Serunya Laga Persahabatan Gama FC Tegalgubug Lor dan Perisai Gintung Ciwaringin

Cirebon,- Pertandingan persahabatan sepak bola antara Gama FC Tegalgubug Lor melawan Perisai Gintung Ciwaringin merupakan pertandingan sepak bola yang baru pertama kali digelar pada...

Awal Tahun 2020, Bentani Hotel Cirebon Hadirkan BBQ Dinner dengan Konsep Tematik

Cirebon,- Sejak bulan Januari ini, Bentani Hotel and Residence yang berlokasi di Jalan Siliwangi No 69 Kota Cirebon, menghadirkan BBQ Thematic.Public Relation Bentani Hotel...

More Articles Like This