Wali Kota Cirebon : Gerai IKM Kota Cirebon Spektakuler

Cirebon,- Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon meresmikan Galeri IKM, Selasa (10/8/2021). Gedung yang berada di lantai dasar Gedung DPKUKM Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis.

Dalam peresmian tersebut, turut hadir pula Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Eti Herawati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Mulyadi.

Azis mengungkapkan bahwa hadirnya Gerai IKM ini merupakan spektakuler, karena masyarakat Kota Cirebon diberikan kesempatan untuk Go Internasional melalui galeri yang ada di gedung DPKUKM.

“Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh pengusaha yang tergabung dalam UMKM dan IKM untuk terus berkarya sebaik mungkin. Kemudian pemerintah beserta stakeholder yang lain akan berupaya memasarkan sampai ke tingkat internasional,” ujar Azis.

BACA YUK:  Upgrade Ilmu-ilmu Baru, Dokter Fasyakes Ikuti Seminar Tingkatkan Kompetensi tentang Penyakit Hepatobilier

Menurut Azis, geliat UMKM di Kota Cirebon dari dulu sudah menunjukan grafik yang positif. Walaupun, saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19, mereka tidak pernah patah semangat.

“Terbukti pada hari ini kita membuka sebuah galeri. Ini ibarat musafir yang sedang kehausan di padang tandus kemudian mendapatkan air. Ini bentuk semangat masyarakat Kota Cirebon yang ditunjukan melalui UMKM dan IKM yang ada,” ungkapnya.

Menurut Azis, semua produk yang ada di Gerai IKM memiliki prospek yang baik. Baik itu kuliner maupun cendera mata, dari mulai fashion sampai pernak-pernik kelasnya sudah internasional.

BACA YUK:  OPINI : Cirebon Katon ; Tari Topeng Cirebon Kesenian yang Jadi Media Dakwah

“Terlihat dari kemasan yang bagus, kualitas juga bagus. Rasanya ini sangat kena, sehingga produk yang ditunjukan pada galeri yang diproduksi oleh UMKM ini enak dirasakan enak dipandang,” jelasnya.

Melalui program-program yang diemban oleh DPKUKM, kata Azis, pemerintah daerah memberikan prioritas untuk UMKM dalam mengembangkan di masa Pandemi Covid-19.

“Saya sangat optimis di tengah pandemi Covid-19, karena masyarakat Kota Cirebon kreatif dengan kualitas yang sangat luar biasa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DPKUKM Kota Cirebon, Maharani Dewi mengatakan ada sekitar 400 produk dari 98 pengrajin yang mengisi Gerai IKM yang ada di Kota Cirebon. Mulai dari kerajinan, kraf, fashion, hingga kuliner.

“Alhamdulillah Gerai IKM sudah diresmikan oleh bapak Wali Kota Cirebon. Disini ada sekitar 400 produk dari 98 pengrajin Kota Cirebon,” ujar Maharani.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Tilang 90 Kendaraan Knalpot Bising

Menurut Maharani, produk yang bisa mengisi Gerai IKM ini harus memiliki kriteria. Mulai dari memilik KTP Kota Cirebon, mempunyai produk sendiri, dan juga memiliki ijin usaha. Gerai ini, menurutnya untuk seluruh UMKM dan IKM yang ada di Kota Cirebon.

“Masyarakat umum boleh banget datang kesini. Karena hadirnya Gerai IKM ini dipersembahkan untuk masyarakat Kota Cirebon,” katanya.

Gerai IKM di Gedung DPKUKM Kota Cirebon dibuka setiap hari kerja sampai pukul 16.00 WIB. Soal harga, menurut Maharani, lebih murah dari yang lainnya. (AC212)

(Dilihat: 72 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.