Wakil Wali Kota Cirebon Minta Memayu Cirebon Jadi Kebiasaan

Cirebon,- Hari Jadi ke-653 Cirebon melibatkan masyarakat Kota Cirebon secara luas. Dengan tagline ‘Cirebon Ngobeng Yuh’ salah satu kegiatan yang melibatkan masyarakat dan perangkat daerah yakni Memayu Cirebon.

Memayu Cirebon merupakan salah satu rangkain agenda peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon. Agenda Memayu Cirebon adalah bersih-bersih lingkungan Kota Cirebon sebagai bagian dari persiapan menyambut puncak peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon.

Namun pada Memayu Cirebon kali ini difokuskan pada sejumlah taman untuk membersihkan dan menata agar lebih bersih dan rapi. Seluruh perangkat daerah dan unsur masyarakat terlibat dalam aksi bersih-bersih.

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Kota Cirebon Hadiri Peresmian Festival Pekalipan

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati meminta Memayu Cirebon bisa menjadi kebiasaan seluruh perangkat daerah dan masyarakat Kota Cirebon. Kegiatan Memayu Cirebon ini, lanjut Eti, jangan hanya saat peringatan hari besar saja.

“Harus menjadi kebiasaan sehari-hari, bukan hanya saat peringatan hari besar. Kami minta bersama-sama menjaga kebersihan Kota Cirebon,” ujar Eti, Senin (27/7/2022).

Menurut Eti, kebersihan Kota Cirebon menjadi hal yang mutlak jika ingin mendatangkan banyak wisatawan dan membuat nyaman seluruh warganya. Apalagi Kota Cirebon merupakan kota perdagangan dan jasa, yang salah satu tumpuan pendapatan daerahnya dari sektor pariwisata.

BACA YUK:  Cirebon Berdoa, Rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-653 Dipimping Langsung oleh Buya Yahya

“Kalau bersih lingkungannya, wisatawan akan merasa nyaman dan akan kembali ke Kota Cirebon. Oleh sebab itu harus jaga bersama-sama,” kata Eti.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Ujianto Wahyu Utomo mengatakan sebagai koordinator pihaknya mengerahkan seluruh petugas kebersihan saat Memayu Cirebon.

“Sebagai koordinator di memayu ini, kami terjunkan petugas kebersihan untuk membantu,” kata Ujianto.

Bukan hanya itu, truk pengangkut sampah diterjunkan di lokasi memayu. Sampah yang sudah terkumpul diangkut ke TPA Kopiluhur. Pihaknya mengakui, memayu ini meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

BACA YUK:  Ini Rangkaian Kegiatan Hari Jadi ke-653 Cirebon dari 15-31 Juli 2022

“Secara perlahan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan meningkat. Semoga bisa dipertahankan agar Cirebon terus bersih,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 51 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.