Sabtu, 25 September 2021

Wakil Bupati Cirebon: Masalah Sampah, Tanggung Jawab Bersama

Populer

KAI Buka Lowongan Kerja dan Tidak Dipungut Biaya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini sedang membuka rekrutmen untuk berbagai formasi. Masyarakat yang ingin melamar dapat...

Wanita Cantik Asal Cirebon Ini Memiliki Segudang Prestasi Biliar

Cirebon,- Cantik dan pintar bermain biliar, itulah gambaran yang cocok bagi Nony Krystianti Andilah. Wanita berkulit putih asal Cirebon...

Kampoeng Photography dan Videography (KPV) Merayakan Anniversary yang Kedua

Cirebon,- Kampung Photographer adalah sebutan dari Komunitas Photography dan Videography (KPV) yang terletak di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin...

Inilah Pembalap Muda Purworejo Masuk di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2022

Purworejo,-  Kabar membanggakan datang dari dunia balap motor Indonesia. Pasalnya, Fadillah Arbi Aditama yang merupakan pembalap muda asal Purworejo ini resmi di...

Grand Opening Meetime Rasain Cabang Ketiga di Majasem

Cirebon,- Meetime Rasain Cirebon membuka cabang ketiganya di Jalan Perjuangan – Majasem No. A2 Kota Cirebon (tepatnya di depan...

Cirebon,- Permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Cirebon merupakan masalah bersama. Bukan hanya Pemkab Cirebon saja, tetapi semua pihak.

Seperti yang dilakukan Baznas Kabupaten Cirebon yang memiliki program Ramadan Bersih, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih sangat mengapresiasi langkah Baznas dengan program tersebut.

“Masalah sampah ini masalah kita bersama. Bukan hanya Pemkab Cirebon tetapi semua lembaga ikut bertanggung jawab dengan permasalahan ini, baik dari DLH, Baznas serta lembaga pecinta lingkungan,” ujar Ayu sapaan akrab Hj. Wahyu Tjiptaningsih saat menghadiri acara Launcing Program Ramadan Bersih di Kantor Baznas Kabupaten Cirebon,” Jumat (26/3/2021).

Loading...

Ayu menjelaskan, permasalahan sampah di Kabupaten Cirebon hingga saat ini didominasi  dari sampah rumah tangga.

“Makanya dengan adanya Program Ramadan Bersih dari Baznas ini sangat membantu Pemkab Cirebon dalam penanganan sampah,” ungkap Ayu.

BACA YUK:  Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelajar di SMAN 1 Beber Cirebon

Ia pun mengungkapkan, nantinya dalam Program Ramadan Bersih ini diharapkan pihak kecamatan maupun desa aktif dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan sampah.

“Nanti DLH tugasnya hanya membersihkan sampah industri, sampah rumah sakit, kemudian sampah pasar. Karena sampah rumah tangga sudah tertangani,” kata Ayu.

Ayu mengatakan, untuk TPA di Desa Kubangdeleg Kecamatan Karangsembung sudah selesai. Sehingga nantinya TPA tersebut bisa digunakan untuk pengelolaan sampah. Pasalnya, Kabupaten Cirebon baru mempunyai TPA di Gunung Santri, Palimanan.

“Dengan adanya TPA di Kubangdeleg ini diharapkan permasalahan sampah di Kabupaten Cirebon bisa terselesaikan dengan baik,” harapnya.

Selain itu, kata Ayu, Pemkab Cirebon bersama Baznas dan DLH akan terus berkelanjutan dengan program ramadan bersih ini.

“Jadi ini nanti berkelanjutan supaya target Kabupaten Cirebon bebas sampah 2024 bisa terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfudz  mengatakan pihaknya menerjunkan 25 relawan untuk Program Ramadan Bersih. Bahkan, relawan tersebut nantinya akan menerima pelatihan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan.

BACA YUK:  Ribuan Santri Ponpes Gedongan Ikuti Vaksinasi

“25 relawan tersebut selama dua hari dari Sabtu dan Minggu besok akan mengikuti training bagaimana cara untuk mengedukasi masyarakat tentang penanganan sampah,” kata Budiman.

Budiman menjelaskan, untuk Program Ramadan Bersih ini nantinya akan dilakukan sejumlah desa di Kabupaten Cirebon.

“Awal kita lakukan untuk 10 desa di 10 kecamatan. Nantinya relawan tersebut dibagi untuk melakukan edukasi dan ikut membersihkan sampah  bersama beberapa unsur pemerintah daerah,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Dr. Deni Nurcahya mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah Baznas yang ikut berperan aktif dalam penanganan sampah.

“Saya mendukung sekali apa yang dilakukan Baznas pada Program Ramadan Bersih ini. Nantinya DLH juga akan mengirimkan armada baik mobil maupun mobil Kobelco untuk sarananya,” ujar Deni.

Ia pun menjelaskan, selama ini ada beberapa desa sudah melakukan penanganan sampah secara mandiri.

“Ada tujuh desa yang sudah melakukan penanganan sampah secara mandiri seperti di Desa Setuwetan, Ciawijapura, Ciawigajah serta ada beberapa desa di Kecamatan Tengahtani,” tukas Deni. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Bupati – Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tekan kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2021

Cirebon,- Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon Mohamad Lutfi tandatangani Nota Kesepakatan...

Kampung Dongeng Kuningan Salurkan Buku Bacaan untuk Taman Baca Masyarakat

Kuningan,- Pergerakan literasi pada masyarakat Kuningan semakin meningkat. Hal tersebut ditandai dengan bermunculannya beberapa Rumah Baca/TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Sebagai penggiat literasi, Kampung Dongeng Kuningan...

Antisipasi Pohon Tumbang Jelang Musim Penghujan, Pohon di Kota Cirebon Dilakukan Pemangkasan

Cirebon,- Antisipasi pohon tumbang jelang musim penghujan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon melakukan pemangkasan pohon. Upaya ini untuk meminimalisir terjadinya pohon...

Pesan Raisa untuk Wanita Indonesia

“Aku ingin membagikan arti kecantikan positif untuk membuat semua wanita bersinar, merasa kuat, dan mampu menggapai masa depan yang lebih bahagia.” -Raisa Andriana Empowerment  Semua wanita memiliki...

More Articles Like This