Sabtu, 8 Mei 2021

Wakil Bupati Cirebon: Masalah Sampah, Tanggung Jawab Bersama

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Cirebon,- Permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Cirebon merupakan masalah bersama. Bukan hanya Pemkab Cirebon saja, tetapi semua pihak.

Seperti yang dilakukan Baznas Kabupaten Cirebon yang memiliki program Ramadan Bersih, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih sangat mengapresiasi langkah Baznas dengan program tersebut.

“Masalah sampah ini masalah kita bersama. Bukan hanya Pemkab Cirebon tetapi semua lembaga ikut bertanggung jawab dengan permasalahan ini, baik dari DLH, Baznas serta lembaga pecinta lingkungan,” ujar Ayu sapaan akrab Hj. Wahyu Tjiptaningsih saat menghadiri acara Launcing Program Ramadan Bersih di Kantor Baznas Kabupaten Cirebon,” Jumat (26/3/2021).

Loading...

Ayu menjelaskan, permasalahan sampah di Kabupaten Cirebon hingga saat ini didominasi  dari sampah rumah tangga.

BACA YUK:  Cirebon Power Raih Penghargaan Teladan Pajak Tiga Tahun Berturut-turut

“Makanya dengan adanya Program Ramadan Bersih dari Baznas ini sangat membantu Pemkab Cirebon dalam penanganan sampah,” ungkap Ayu.

Ia pun mengungkapkan, nantinya dalam Program Ramadan Bersih ini diharapkan pihak kecamatan maupun desa aktif dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan sampah.

“Nanti DLH tugasnya hanya membersihkan sampah industri, sampah rumah sakit, kemudian sampah pasar. Karena sampah rumah tangga sudah tertangani,” kata Ayu.

Ayu mengatakan, untuk TPA di Desa Kubangdeleg Kecamatan Karangsembung sudah selesai. Sehingga nantinya TPA tersebut bisa digunakan untuk pengelolaan sampah. Pasalnya, Kabupaten Cirebon baru mempunyai TPA di Gunung Santri, Palimanan.

“Dengan adanya TPA di Kubangdeleg ini diharapkan permasalahan sampah di Kabupaten Cirebon bisa terselesaikan dengan baik,” harapnya.

Selain itu, kata Ayu, Pemkab Cirebon bersama Baznas dan DLH akan terus berkelanjutan dengan program ramadan bersih ini.

“Jadi ini nanti berkelanjutan supaya target Kabupaten Cirebon bebas sampah 2024 bisa terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfudz  mengatakan pihaknya menerjunkan 25 relawan untuk Program Ramadan Bersih. Bahkan, relawan tersebut nantinya akan menerima pelatihan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan.

BACA YUK:  Omega Hotel Management Adakan CSR Ramadhan di Yayasan Al-Madiniyah ⁣

“25 relawan tersebut selama dua hari dari Sabtu dan Minggu besok akan mengikuti training bagaimana cara untuk mengedukasi masyarakat tentang penanganan sampah,” kata Budiman.

Budiman menjelaskan, untuk Program Ramadan Bersih ini nantinya akan dilakukan sejumlah desa di Kabupaten Cirebon.

“Awal kita lakukan untuk 10 desa di 10 kecamatan. Nantinya relawan tersebut dibagi untuk melakukan edukasi dan ikut membersihkan sampah  bersama beberapa unsur pemerintah daerah,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Dr. Deni Nurcahya mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah Baznas yang ikut berperan aktif dalam penanganan sampah.

“Saya mendukung sekali apa yang dilakukan Baznas pada Program Ramadan Bersih ini. Nantinya DLH juga akan mengirimkan armada baik mobil maupun mobil Kobelco untuk sarananya,” ujar Deni.

Ia pun menjelaskan, selama ini ada beberapa desa sudah melakukan penanganan sampah secara mandiri.

“Ada tujuh desa yang sudah melakukan penanganan sampah secara mandiri seperti di Desa Setuwetan, Ciawijapura, Ciawigajah serta ada beberapa desa di Kecamatan Tengahtani,” tukas Deni. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

PHRI dan IHGM Cirebon Gelar Sertifikasi Assesor

Cirebon,- Pandemi Covid-19 membuat dunia perhotelan dan pariwisata di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon terpuruk. Imam Reza Hakiki...

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The Cartel Katiasa Gym memberikan sembako...

Konsep Heritage, RM Mbah ROSO Hadirkan Suasana Bali

Cirebon,- Dengan konsep heritage, Rumah Makan Mbah Roso yang berlokasi di Jalan Nyi Ageng Serang Kenanga, Kabupaten Cirebon resmi dibuka, Kamis (6/5/2021). Ahmad Supardi, selaku...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

More Articles Like This