Wajib Coba Lontong Medan Bang Ucok dan Kak Butet yang Ada di Cirebon

Cirebon,- Aneka kuliner di Kota Cirebon kini semakin beragam. Kota dengan julukan kota sejarah dan kuliner ini diisi dengan beragam kuliner, mulai dari kuliner khas Cirebon hingga kuliner khas luar Cirebon.

Bagi masyarakat atau wisatawan yang datang ke Kota Cirebon, tidak ada salahnya mencoba kuliner khas Sumatra Utara yakni Lontong Medan. Lontong Medan Bang Ucok & Kak Butet ini berlokasi di Jalan Pancuran, tepatnya di belakang Loko Cafe, Jalan Kartini, Kota Cirebon.

Setiap Selasa sampai Minggu, Lontong Medan Bang Ucok dan Kak Butet ini buka dari jam 06.00 sampai 11.00 WIB. Sehari, Lontong Medan ini bisa terjual hingga 100 porsi.

Poppy Rahmadanti, pemilik Warung Lontong Medan Bang Ucok dan Kak Butet mengatakan Lontong Medan ini berbeda dengan lontong-lontong sayur pada umumnya. Pasalnya, setiap satu porsi Lontong Medan ini isian toppingnya lebih banyak.

Lontong Medan

“Lontong Medan ini toppingnya lebih banyak dari lontong sayur pada umumnya. Yang jadi ciri khasnya ada mie khas Medan yaitu Mie Goma, Balado Teri Medan, dan tauco udang,” ujar Poppy kepada About Cirebon, Rabu (9/3/2022).

BACA YUK:  Menjalani Bulan yang Baik dengan Manfaat yang Baik: AIA Wakaf Assurance, Asuransi Berbasis Syariah Pertama dengan Fitur Wakaf di Aplikasi Gojek Diluncurkan

Poppy menjelaskan dalam satu porsi Lontong Medan, selain tiga topping khasnya ada juga sambel goreng ati dan kentang, serta tempe kering. Untuk kuahnya, Lontong Medan ini menggunakan kuah kari ayam labu dan sayur tahu ditambah dengan kerupuk.

“Untuk mie gomanya sendiri kita datangkan langsung dari Medan. Lontong Medan ini juga bisa dipadukan dengan telur bulat dan juga ayam. kami juga sesuaikan dengan lidah orang Cirebon, tapi tidak mengurangi kekhasan dari Lontong Medan itu sendiri,” katanya.

“Kalau di Medan, mie gomanya ini polos, tapi disini saya kasih bumbu agar lebih menarik. Untuk rasanya masih sama seperti Mie Goma di Medan.

BACA YUK:  1 Syawal 1443 H Kapan? Kemenag Akan Gelar Sidang Hari Ini

Wanita kelahiran Medan Kota Pematang Siantar tahun 1972 ini sudah berjualan Lontong Medan hampir 6 bulan di Kota Cirebon. Tapi, sebelumnya sudah menjual lontong sayur di Kota Cirebon sejak tahun 2010.

“Kalau saya jual Lontong Medan ini baru setengah tahun, tapi kalau jualan lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk, nasi lengko, gado-gado ayam dan nasi campur, sudah 12 tahun atau sejak tahun 2010,” bebernya.

Sejak berjualan Lontong Medan, kata Poppy, peminatnya sangat banyak, sehari bisa menjual 100 porsi Lontong Medan. Apalagi penjualan Lontong Medan ini bisa melalui aplikasi pesan antar dan sudah tersedia di Go Food.

“Alhamdulillah banyak peminatnya dan best sellernya Lontong Medan. Sehari kira-kira bisa terjual sampai 100 porsi,” jelasnya.

Untuk satu porsi Lontong Medan Original, kata wanita lulusan SMK Veteran Kota Cirebon ini, dibandrol hanya Rp. 18 ribu saja. Tapi, kalau ingin nambah dengan topping telur dijual Rp. 20 ribu, dan topping ayam Rp. 27 ribu.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Gandeng DPPKBP3A Beri Layanan KB Gratis ke Masyarakat

Tak hanya itu, Lontong Medan Bang Ucok dan Kak Butet ini bisa dipesan untuk berbagai acara seperti arisan, rapat, arisan dan lain sebagainya. Saat bulan Ramadan dan lebaran, tambah Poppy, Lontong Medan juga tetap buka.

“Nanti bulan puasa dan lebaran kita juga tetap buka, tapi hanya melayani pembelian online. Untuk pemesanan juga bisa langsung menghubungi saya di nomor 081320993599,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Rizal warga asal Majalengka ini mengaku makan Lontong Medan Bang Ucok dan Kak Butet baru pertama kali. Untuk rasa, kata Rizal, cocok dengan lidah-lidah orang Cirebon.

“Apalagi satu porsi Lontong Medan ini cukup banyak. Porsinya bikin kenyang, mungkin sampai siang masih kenyang. Rasanya sih sudah pas dan enak pokoknya,” singkat Rizal. (AC212)

(Dilihat: 373 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.