Wagub Jabar : Seni Pencak Silat Bisa Jadi Ekstrakulikuler di Sekolah

Cirebon,- Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPW PPSI) Jawa Barat resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Pelantikan dan Pengukuhan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan R.A Kartini, Kota Cirebon, Sabtu (12/3/2022).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum yakin, kegiatan pelantikan dan pengukuhan DPW PPSI Jawa Barat ini dapat memberikan dampak motivasi semangatnya para pengurus untuk memperkenalkan seni pencak silat kepada anak muda khususnya.

Uu juga meminta kepada pengurus baru DPW PPSI Jawa Barat untuk bisa menjadikan seni pencak silat ini menjadi ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

BACA YUK:  Cordela Hotel Cirebon Tawarkan Paket Buka Puasa dengan Menu Berbeda Setiap Harinya

“Saya minta, pengurus hari ini untuk bisa datang kepada para Bupati dan Walikota untuk memohon ekstrakulikuler di sekolah bukan hanya PMR dan Pramuka. Tetapi karena pencak silat adalah salah satu kesenian bela diri dari Sunda, kenapa tidak menjadi ekstrakulikuler di sekolah,” ujar Uu kepada awak media.

“Ekstrakulikuler di sekolah ini bisa di tingkat SD, SMP, maupun SMA, ada pelajaran silat seperti ini. Ini sangat penting,” tambahnya.

Hal ini, kata Uu, untuk mempertahankan budaya seni bela diri dan juga dapat memberikan kesibukan anak. Sehingga, anak tidak banyak diam, banyak bengong dan ujung-ujungnya terjerumus kepada hal-hal yang bertentangan dengan agama.

BACA YUK:  Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Berwisata di Goa Sunyaragi

“Saya minta kepada pengurus yang dilantik hari ini jangan “tukcing”, dibentuk terus cicing. Tapi dibentuk harus semangat, bergerak untuk kebaikan kita bersama, terutama untuk Jabar juara lahir batin,” tukasnya. (AC212)

(Dilihat: 121 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.