Vihara Dewi Welas Asih Cirebon Siap Sambut Umat di Malam Imlek

0
113
Persiapan Imlek di Vihara Dewi Welas Asih, Kota Cirebon, Kamis (15/2/2018).

Cirebon,- Berbagai persiapan untuk menyambut Hari Imlek 2569 atau tahun 2018 telah disiapkan di Vihara Dewi Welas Asih, Kota Cirebon, Kamis (15/2/2018).

Menurut penanggalanTionghoa tahun Imlek 2569 dimulai dengan tahun anjing tanah. Kalender Tionghua merupakan penanggalan berdasarkan perputaran matahari dan bulan.

Aston Hotel

Menurut Pemerhati Budaya Tionghua, Yan Siskarteja mengatakan, persiapan hari Imlek di Vihara Dewi Welas Asih sudah mencapai 99 persen dan pada malam ini kita sudah siap semua.

“Nanti malam umat akan mulai berdoa mengucap syukur sejak pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB dengan datang bergantian,” ujarnya kepada About Cirebon.

Kata dia, pada malam Imlek ada juga yang menyalakan lilin sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, bahwa selama tahun sebelumnya berhasil, baik usaha dan kelancaran lainnya.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Untuk mengantisipasi membludaknya umat yang berdoa, Vihara Dewi Welas Asih telah menyiapkan tempat di samping Vihara. Pihaknya akan menyiapkan makanan ringan dan juga disediakan hiburan, tapi di luar tempat ibadah.

“Umat yang hadir diperkirakan akan datang sekitar 500 sampai 600 orang,” bebernya.

Lanjut dia, Imlek tahun 2018, Vihara Dewi Welas Asih tidak menyalakan kembang api, tapi Klenteng Talang akan menyalakan kembang api.

“Pada saat hari H Imlek, umat tidak ada yang berdoa di Vihara, mereka saling mengujungi kerabat yang muda kepada yang tua,” tandasnya. (AC212)