Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Cirebon Mulai Bulan Ini

Cirebon,- Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dimulai 24 Desember 2021. Namun, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari Kementerian Kesehatan.

Dalam Imendagri nomor 66 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan COVID-19 pada saat Natal dan Tahun Baru, pada poin 2 nomor kedua. Tertuang syarat pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yakni vaksinasi dosis pertama minimal 70 persen dan vaksinasi dosis pertama lansia minimal 60 persen.

“Kalau arahan dari Kemendagri itu kan mulai tanggal 24 Desember 2021 dan untuk daerah yang boleh melakukan vaksinasi untuk anak itu, vaksin pertama sudah 70 persen, vaksin lansia sudah di atas 60 persen, kita sudah masuk,” ujar Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi saat ditemui About Cirebon di Balaikota, Senin (13/12/2021).

BACA YUK:  Program Literasi Budaya dan Profesi Kota Cirebon Bisa Jadi Gambaran Cita-Cita Anak

Menurut Agus, pihaknya sudah menanyakan ketersedian vaksin di Dinas Kesehatan dan sudah cukup tersedia. Hanya saja, kata Agus, tinggal menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) Kemenkes.

“Begitu Kemenkes sudah mengeluarkan juklak untuk vaksinasi usia 6-11 tahun, maka pada tanggal 24 Desember 2021 kita akan launching untuk vaksinasi anak-anak umur 6-11 tahun,” kata Agus.

Sampai saat ini, kata Agus, pihaknya masih menunggu Juklak dari Kementerian Kesehatan. Namun, tambah Agus, dari sisi pelaksanaan pemerintah daerah sudah siap melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

BACA YUK:  Peringatan Hari Koperasi, Generasi Muda Harus Dibekali Pengalaman Berbasis Gotong Royong

“Kita masih tunggu Juklak nya, apakah kita nanti launching di sentra, atau dilaksanakan di masing-masing Puskesmas atau mendatangi sekolah-sekolah dasar. Tapi akan ada sinkronisasi data dulu dari data pemerintah pusat dengan data Disdukcapil, supaya pada saat vaksinasi itu masuk ke dalam database,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 26 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.