Sabtu, 7 Desember 2019

Usia 13 Tahun, RS Putera Bahagia Siloam Hospitals Group Hadirkan Layanan Hemodialisis

Populer

Percepat Pengembangan Dunia Digital, Cirebon Technopreneurship Hadir di Unwir Indramayu

Indramayu,- Cirebon Technopreneurship Goes to Campus se-Wilayah III Cirebon kembali digelar. Kali ini, giliran Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu menjadi...

Tengkorak Manusia Ratusan Tahun Ditemukan di Indramayu

Indramayu - Sesosok tengkorak kepala manusia ditemukan tak jauh dari area makam Raden Wirapati (Wiralodra II) atau Bupati Kedua...

Warga Harjamukti Kota Cirebon Bawa Pulang Mobil di HUT Grage Mall ke-23

Cirebon,- Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-23 Grage Mall Cirebon, Grage Group menggelar berbagai rangkaian acara. Kegiatan diawali dengan kegiatan...

Ulang Tahun ke-13, Grage Hotel Cirebon Ganti Nama dan Logo

Cirebon,-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-13, Grage Hotel Cirebon menggelar acara syukuran yang berlangsung di area Lily...

Biznet Hadirkan Layanan NEO Web Space

Jakarta, Indonesia, 27 November 2019 – Sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, Biznet...

Cirebon,- Di hari Ulang Tahun yang ke-13, Rumah Sakit Putera Bahagia yang merupakan unit dari Siloam Hospitals Group mempersembahkan layanan Hemodialisis atau layanan cuci darah untuk masyarakat, Rabu (11/9/2019).

Peresmian layanan Hemodialisis dihadiri Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Direktur RS Putera Bahagia (Siloam Hospitals Group), Kepala Dinas Kesehatan, Camat Harjamukti, Lurah Larangan, para dokter specialis, dan juga tamu undangan.

1. Pengembangan RS Putera Bahagia

Caroline Riady, selaku Deputy President Director Siloam Hospitals Group mengucapkan selamat kepada para dokter yang telah merintis selama 13 tahun, dan sudah setia mengembangkan Rumah Sakit Putera Bahagia sampai dengan hari ini.

Loading...

Menurut Caroline, pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang tidak boleh terjadi secara terisolasi.

“Ada tiga alasan mengapa, yang pertama kesehatan adalah kepentingan kita bersama, tidak ada seorang pun yang bisa beraktivitas, bekerja tanpa ada kesehatan,” ujarnya dalam sambutan.

Kemudian, alasan yang kedua adalah, semakin kompleks pelayanan kesehatan  butuh dukungan dari berbagai pihak.

“Dan saya selalu menggunakan istilah ekosistem, ekosistem itu berarti kan banyak, banyak mengambil bagian. Semua, memainkan perannya masing-masing dan jika ada satu bagian dari ekosistem itu yang tidak berfungsi berarti seluruh ekosistem itu akan pincang,” ungkapnya.

Lalu, alasan yang ketiga, lanjut Caroline, semakin kompleksnya pelayanan kesehatan dan semakin tinggi resiko pelayanan kesehatan yang diberikan di dalam rumah sakit, sangat penting peran dari para stakeholder untuk ikut memantau pelayanan yang diberikan. Seperti dari dinas, BPJS, untuk mengingatkan, memberikan masukan dan tentu dari dokter spesialis juga.

“Sehingga adanya pelayanan di Putera Bahagia oleh Siloam Hospitals Group pada hari ini tidak terlepas dari peran serta ibu bapak yang hadir,” terangnya.

Pihaknya berharap, di tahun-tahun mendatang layanan di RS Putera Bahagia Siloam Hospitals Group bisa terus dikembangkan dan ini baru awal pengembangan pelayanan di RS Putera Bahagia.

“Masih banyak tugas dan PR yang kami berikan dari kantor pusat Siloam untuk pengembangan di Cirebon, termasuk setelah ini kami akan merenovasi radiologi, ruang rawan inap, ruang rawat jalan, loby, dan bagian-bagian lainnya,” tandas Caroline.

2. Masih Banyak Mimpi

Sementara itu, dr. Niken Novitasari, MARS, selaku Direktur RS Putera Bahagia (Siloam Hospitals Group) mengatakan usia 13 tahun Rumah Sakit Putera Bahagia, ibarat umur seperti anak-anak yang punya banyak mimpi.

“Jadi RS Putera Bahagia juga masih punya banyak mimpi, seperti yang di katakan Ibu Caroline bahwa banyak sekali fasilitas-fasilitas yang sedang kita renovasi, sesuai dengan standard atau regulasi yang berlaku,” ujar.

“Seperti ICU, kita membangun ICU yang memang sesuai dengan standarnya dan di usia 13 tahun ini kita persembahkan layanan Hemodialisis untuk masyarakat,” imbuh Niken.

Lanjut Niken, mimpi kami adalah banyak masyarakat yang perlu fasilitas Hemodialisis, dan terus terang di RS Putera Bahagia ini beberapa kali mendapatkan pasien yang harus cuci darah, tapi tidak memiliki fasilitasnya.

“Sehingga akhirnya, kita rajut mimpi bersama, mengembangkan Sumber Daya Manusianya mengikuti pelatihan hemodialisis dan fasilitasnya kita bangun,” bebernya.

3. Layanan Hemodialisis

Di hari ulang tahun ke-13, Rumah Sakit Putera Bahagia Cirebon (Siloam Hospitals Group) mempersembahkan Layanan Hemodialisis untuk masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

“Kita buka dulu empat mesin dengan dua fasilitas menggunakan tempat tidur dan dua menggunakan kursi,” terangnya

Layanan Hemodialisis di RS Putera Bahagia Cirebon, kata Niken, buka setiap hari Senin sampai Sabtu dan sementara ini masih dalam satu shift hingga pukul 15.00 WIB.

“Kita lihat tren dan kebutuhan masyarakat meningkat, kita akan naik menjadi dua shift dan mesin akan kita tambah perlahan-lahan sesuai dengan kebutuhan,” terangnya.

Di usia ke-13 dan berikutnya, Niken berharap, Putera Bahagia ingin menjadi pusat layanan untuk masyarakat, tidak hanya hemodialisis, tapi ICU dan kebutuhan pelayanan kesehatan lainnya di Kota Cirebon. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, Komunitas Sobat Anak dan Inspiration House Cirebon Gelar Nonton Bareng Film Susi Susanti Love All

Cirebon,- Komunitas Sobat Nusantara bekerja sama dengan Inspiration House menggelar nonton bareng film Susi Susanti Love All yang berlangsung...

Jadi Sarana Edukasi, Pangkalan TNI AL Cirebon Gelar Pameran Alutsista

Cirebon,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Cirebon menggelar Pameran Alutsista selama dua hari 7-8 Desember 2019, yang berlangsung di Grage City Mall, Jalan Jend....

Meningkatkan Kualitas Layanan, Dengan LinkAja Pedagang Pasar Gunung Sari Dapat Membayar Retribusi Secara Non Tunai

Cirebon,- Setelah sebelumnya mengimplementasikan digitalisasi retribusi di pasar tradisional pada berbagai daerah di Indonesia, kini LinkAja kembali mewujudkan komitmennya dalam digitalisasi transaksi dengan meluncurkan...

Cirebon Sebagai Pilot Project Sistem E-Retribusi Pakai QRIS

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bekerja sama dengan Bank BJB dan Link Aja meluncurkan sistem pembayaran E-Retribusi di Pasar Tradisional Kota...

Angka Cerai Tinggi, Kemenag Cirebon Dorong Sertifikasi Pernikahan

Cirebon - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon meminta masyarakat untuk menanggapi wacana kebijakan sertifikasi pernikahan bagi calon pengantin tidak untuk menghambat pernikahan apalagi...

More Articles Like This