Uniknya Objek Wisata Banyu Panas Gempol Cirebon

0
459
Pengunjung Menikmati Objek Wisata Banyu Panas

Cirebon,- Salah satu objek wisata di Cirebon yang ramai pengunjungnya setiap weekend adalah Banyu Panas Gempol. Objek wisata ini terletak di Kawasan Pabrik Semen Indocement desa Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, sekitar 30 menit dari Kota Cirebon.

1. Banyu Panas Gempol Mengandung Belerang

Aston Hotel

Obyek Wisata Banyu Panas merupakan wisata air panas yang unik karena memiliki kandungan belerang cukup tinggi. Hal ini diyakini oleh warga bisa sebagai pengobatan untuk penyakit gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya.

Disamping itu, banyak pengunjung yang air belerang ini bisa menghilangkan pegal-pegal dan badan menjadi ringan.

“ Saya terbiasa setiap minggu kesini, karena setelah berendam air panas, badan menjadi lebih enak dan gatal-gatal juga hilang,” tutur Panji, salah satu pengunjung Banyu Panas Gempol.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3
Objek Wisata Banyu Panas Cirebon

2. Sejarah Objek Wisata Banyu Panas

PT. Indocement yang merupakan pabrik semen pada tahun 2008 melakukan pengeboran di atas lokasi Banyu Panas dan menghasilkan air yang berwarna biru. Air ini kemudian dibuat penampungan sehingga sering disebut telaga biru.

Hasil pengeboran ini menghasilkan air dengan kekuatan panas mencapai suhu 40 – 60 derajat Celsius. Kemudian atas hasil kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon, lokasi ini menjadi objek wisata yang sangat menarik.

3. Pengunjung dari Cirebon dan Luar Kota Cirebon

Menurut Sigit, Pengeloa Objek Wisata Banyu Panas Gempol mengatakan pengunjung Banyu Panas bukan hanya dari Cirebon dan wilayah sekitarnya seperti Indramayu, Kuningan dan Majalengka namun juga dari Jakarta, Bandung, Bogor serta Jawa Timur.

Objek Wisata Banyu Panas

4. Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket masuk di Objek Wisata Banyu Panas Gempol Rp 4.000 untuk weekday dan Rp 5.000 untuk weekend atau hari libur. Pengunjung bisa menikmati air panas yang mengalir di sungai serta menikmati pemandangan gunung dan suasana yang sejuk.

Objek Wisata Banyu Panas

Sedangkan jika untuk berendam di kolam yang berukuran 10 x 15 m, pengunjung dikenakan biaya Rp 10ribu. Disarankan, untuk pengunjung untuk tidak berlama-lama berendam di kolam ini karena mengandung belerang yang cukup tinggi. (AC400)