Ujian Nasional Akan Dihapus, Ini Gantinya

Jakarta, 25 November 2016,- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional (UN) pada tahun 2017. Keputusan ini selanjutnya akan disahkan dengan Instruksi Presiden (Inpres).

“Dimoratorium, di tahun 2017 ditiadakan,” kata Muhadjir ketika ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta, seperti rilis yang diterima Aboutcirebon yang dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (25/11/2016).

Ujian akhir bagi siswa sekolah selanjutnya diserahkan ke daerah. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajat diserahkan ke pemerintah provinsi. Untuk tingkat SMP dan SD sederajat diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, Kamis 14 Juli 2022

Meski diserahkan ke daerah namun dalam pelaksanaanya tetap mengacu pada standar nasional. Selanjutnya kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil ujian akhir jadi salah satu pertimbangan, namun bukan jadi satu-satunya faktor penentu kelulusan.

Ujian nasional akan kembali digelar jika tingkat pendidikan di Indonesia sudah merata. Sembari menghentikan sementara ujian nasional, Kemendikbud akan mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agar merata di seluruh wilayah. (AC250)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.