Sabtu, 30 Mei 2020

Turut Perangi Covid-19, Cirebon Power Salurkan Ribuan Liter Disinfektan

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan...

Cirebon,- Konsorsium pembangkit listrik Cirebon Power turut berperan dalam upaya memerangi penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 di Cirebon, dengan memberikan ribuan liter cairan disinfektan pada Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon.

Disinfektan yang diberikan berupa cairan sodium hypochlorite (NaOCl), yang dihasilkan dari proses operasional pembangkit listrik. Perwakilan manajemen Cirebon Power menyerahkan bantuan ini di Kantor Disnakertrans Pemkot Cirebon, dan diterima oleh Kepala Disnakertrans Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya.

Farid Hentihu, Operational Manager PT Cirebon Power Services (O&M PLTU Cirebon 660 MW) mengatakan bantuan cairan disinfektan ini berawal dari inisiatif Cirebon Power, yang langsung ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan perwakilan Pemkot Cirebon pekan lalu.

“Kami menawarkan pemanfaatan sisa sodium hypochlorite kepada pemerintah daerah, untuk membantu upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya, Kamis (2/4/2020).

Loading...

Menurut Farid, Cairan yang bisa dimanfaatkan sebagai disinfektan ini berasal dari air laut yang kemudian menjalani proses elektrolisa pada Chlorination Plant, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan mikrobakteri air laut pada alat-alat produksi pembangkit listrik.

“Chlorine ini tidak diperjualbelikan, hanya untuk kebutuhan perusahaan saja, namun sekarang kita sumbangkan demi kepentingan publik,” katanya.

Farid juga memastikan, bahwa chlorine yang dihasilkan sesuai dengan standar disinfektan WHO saat virus H5N1 mewabah beberapa tahun lalu, yaitu dengan kandungan 0,05 persen.

Sementara, Kepala Disnakertrans Kota Cirebon, sekaligus Koordinator Distribusi disinfektan, Agus Sukmanjaya mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih, atas bantuan disinfektan dari Cirebon Power.

Menurut Agus, Pemerintah Kota Cirebon telah satu minggu melakukan penyemprotan disinfektan, namun hal ini kerap terkendala karena kesulitan untuk mendapatkan disinfektan.

“Selain permintaan banyak, tapi susah dapat barangnya, dan harganya mahal,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, Kota Cirebon membutuhkan sekitar 8 ribu liter disinfektan per hari untuk melakukan penyemprotan fasilitas umum, ruang publik, dan pemukiman penduduk.

Sehingga, bantuan dari Cirebon Power ini sangat membantu dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kota Cirebon. Agus juga sudah berencana untuk membagikan disinfektan pada masyarakat, melalui 249 Rukun Warga (RW) yang ada di Kota Cirebon.

“Rencananya, setiap RW akan mendapat 10 liter, dan distribusinya akan dilakukan di masing-masing kelurahan,” kata Agus.

“Disinfektan ini selain untuk Pemkot dan instansi lainnya, juga akan didistribusikan ke masyarakat, kami sudah menyiapkan jerigennya” tambahnya.

Selain itu, Yusuf Arianto, Senior Manager Corporate Affairs Cirebon Power menyatakan bahwa inisiatif untuk membagikan cairan disinfektan ini bukan cuma akan dilakukan sekali ini saja, tapi dapat dilakukan secara rutin.

“Bahkan kerjasama seperti inipun akan dilakukan juga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon,” terangnya.

Menurut Yusuf, pihaknya siap untuk membantu mendistribusikan disinfektan sesuai dengan kemampuan produksi yang bisa dilakukan oleh Cirebon Power.

“Untuk hari ini, kita distribusikan 2.000 liter untuk Kota Cirebon, kami siap terus membantu, sesuai dengan kemampuan produksi,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakat Perniagaan Antar Wilayah Ada Kelonggaran⁣

⁣Cirebon,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau...

Tren Kopi Susu Literan, Lebih Hemat dan Bisa Untuk Hampers

Cirebon,- Belum selesai dengan tren kopi susu, akhir-akhir ini berbagai Coffee Shop mulai mengembangkan produksi kopi susu dengan kemasan literan.Apalagi, di tengah situasi Pandemi...

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.Sudah hampir 3...

Moment RAFI 2020, Layanan Data Telkomsel Alami Peningkatan

Jakarta,- Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu, pemanfaatan layanan berbasis data Telkomsel mengalami peningkatan.Seperti layanan data mengalami peningkatan yang tertinggi...

Setiap Pekan, PT Soca Samudera Nusantara Rutin Berbagi Nasi dan Masker

Cirebon,- PT Soca Samudera Nusantara membagikan nasi kotak dan masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kabupaten Cirebon, Jumat...

More Articles Like This