Tujuh Inovasi Unggulan yang Dimiliki Kantor Imigrasi Cirebon

Cirebon,- Kantor Imigrasi Kelas II TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Cirebon telah lakukan inovasi-inovasi unggulan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ada tujuh inovasi yang sudah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon yakni:

1. Layanan Pengambilan Paspor Mandiri (Drive Thru)

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon telah menerapkan layanan pengambilan Paspor Mandiri sejak 25 Agustus 2015. Penerapan layanan ini, efektif mengurangi antrian dan penumpukan pemohon yang melakukan pengambilan paspor.

“Karena, sistem ini merupakan opsional yang disediakan oleh Kantor Imigrasi kelas II TPI Cirebon selain mekanisme konvensional,” ujar Muhammad Tito Andrianto, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Cirebon saat Press Conference, Sabtu (29/12/2018) di Kantor Imigrasi kelas II Cirebon, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  Sambut HUT ke-44, RS Sumber Kasih Gelar Turnamen Futsal Antar Rekanan Perusahaan

2. Layanan Mobil Pos Keliling

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon telah bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dengan menyediakan layanan Mobil Pos Keliling sejak tanggal 3 Oktober 2017.

Mobil Pos Keliling ini melayani pelayanan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) Keimigrasian melalui SIMPONI (Modul Penerimaan Negara Generasi 2).

“Mobil Pos Keliling juga melayani pelayanan jasa Pengiriman Paspor (Passport Delivery Service),” terang Tito.

3. Layanan Antrian Paspor via Aplikasi Whatsapp

Penerapan layanan antrian paspor via aplikasi ini sudah diterapkan sejak Senin, 6 Nopember 2017. Layanan tersebut telah disosialisasikan baik secara langsung maupun melalui media cetak, radio, atau media sosial lainnya.

Kantor Imigrasi kelas II TPI Cirebon juga tetap melayani pemohon paspor yang datang langsung (Walk in) dengan ketentuan memprioritaskan pemohon paspor yang melakukan pemohon secara online, pemohon paspor lansia, anak dibawah umur, kebutuhan khusus, dan memperhatikan ketersedian waktu.

BACA YUK:  Inilah Pasangan Jaka Rara Utama Kota Cirebon 2022

4. Layanan Ramah HAM

Sejak tanggal 23 April tahun 2018 lalu, Kantor Imigrasi kelas II Cirebon juga telah menerapkan layanan Ramah HAM.

“Layanan ini merupakan wujud kepedulian Kantor Imigrasi kelas II Cirebon kepada lansia, balita, dan berkebutuhan khusus,” jelas Tito.

[Baca juga : Inilah Capaian Kerja Kantor Imigrasi Cirebon Selama 2018]

5. Layanan Emergency Service (Pelayanan Darurat)

Pelayanan Darurat, hanya melayani pemohon yang hendak dirujuk pada rumah sakit di luar negri dan pelapor bagi warga negara asing yang diduga melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA YUK:  Komisi I DPRD Kota Cirebon Minta Dishub Masifkan Sosialisasi 'Tanpa Karcis, Parkir Gratis'

“Untuk layanan ini sudah kami terapkan sejak tanggal 19 Mei 2018,” beber Tito kepada awak media.

6. Layanan Tanggap

Layanan Tanggap ini merupakan pelayanan petugas piket yang sudah diluncurkan pada tanggal 7 Mei 2018 di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon.

Piket pelayanan, ada beberapa petugas yang siap secara mobile untuk memberikan informasi secara cepat dan tanggap kepada pemohon.

7. Layanan Pengambilan Paspor Hari Sabtu

Kantor Imigrasi kelas II TPI Cirebon membuka layanan pengambilan hari Sabtu yang sudah diluncurkan pada tanggal 15 Desember 2018 kemarin.

Pengambilan paspor di hari Sabtu, harus dengan ketentuan permohonan paspor terhitung 3 hari kerja setelah pembayaran.

“Layanan ini dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB,” tutup Tito. (AC212)

(Dilihat: 46 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.