Tren Bisnis Milenial Social Commerce⁣ ⁣

Satu dekade terakhir, bermunculan berbagai macam platform media sosial yang tanpa disadari telah mengambil alih dunia dan kehidupan sehari-hari. Media sosial ini telah meraih audiens yang luar biasa banyaknya jika dibandingkan dengan bentuk-bentuk komunikasi lainnya. ⁣

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia sendiri terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 160 juta, meningkat 8,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia juga di atas rata-rata global, yakni mencapai 3 jam 26 menit per hari. ⁣

Seiring perkembangannya, media sosial yang biasa digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya, kini beralih fungsi menjadi tempat berbelanja. Tingginya potensi pasar belanja online, membuat banyak platform media sosial berlomba-lomba melengkapi apps mereka dengan fitur belanja online. Tren yang tengah melanda adalah social commerce. ⁣

Salah satu tempat belanja smartphone di Cirebon adalah Complete Selular yang berlokasi di Jalan Tuparev No. 109F Cirebon. Complete Selular ini memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk dan cabang-cabangnya yang ada di beberapa kota.⁣

Bahkan yang terbaru, Complete Selular menyediakan pembelian secara online melalui https://completeselular.co.id/ dan juga telah mengaktifkan fitur shopping yang disediakan oleh instagram.⁣

Dengan social commerce, pengguna tidak hanya merasakan pengalaman bersosialisasi di dunia maya, tetapi mereka dapat sekaligus mencari produk yang diinginkan, mencari toko terbaik, memilih lalu membeli produk, hingga melakukan transaksi langsung lewat aplikasi media sosial.⁣

Belum lama ini Instagram juga meluncurkan fitur belanja lewat tab Shopping dalam platform-nya. Tab ini akan berfungsi sebagai basis untuk fitur e-commerce aplikasi yang memungkinkan merek dan bisnis menjual produk di profil mereka, yang dapat pula dibeli langsung dari aplikasi oleh pengguna.⁣

Jauh sebelum Instagram, Facebook pun menyematkan fitur berbelanja di platform-nya yakni Facebook Marketplace. Facebook berdalih bahwa fitur ini merupakan tempat jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook, karena marketplace ini ditempatkan didalam aplikasi itu sendiri.⁣

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Ungkap 15 Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Tujuannya tentu saja agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual di dalam Facebook. Di sini pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain atau membuat akun lain.⁣

Salah satu manfaat yang paling terasa ketika menggunakan social commerce adalah jangkauan dan engagement yang bisa didapatkan setiap membagikan sesuatu secara online. Dengan muncul secara rutin di feed media sosial pengikut kita, branding awareness bisnis akan semakin kuat. Terlebih, orang akan lebih suka memberikan rekomendasi atau ulasan yang positif mengenai suatu produk jika mereka memiliki hubungan yang baik dengan bisnis tersebut.⁣

Dengan menggunakan social commerce untuk berbisnis, kita tidak hanya menjual dan mempromosikan produk, tetapi sekaligus membangun hubungan baik dengan customer. Kita jadi berkesempatan untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari customer. Customer yang senang dan puas akan produk dan servis akan melakukan pembelian kembali dan pada akhirnya menjadi pelanggan setia. (*)⁣

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *