Tradisi Grebeg Syawal di Cirebon Dipadati Warga

Tradisi Grebeg Syawal dilakukan Keraton Kanoman Cirebon di kompleks pemakaman Gunung Sembung, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon . Tradisi ini seperti biasanya dilaksanakan seminggu  setelah Lebaran dan disambut antusias masyarakat di wilayah Cirebon

Grebeg Syawal  sejak pukul 06.00 WIB, ribuan masyarakat Cirebon dan juga yang berasal dari luar Cirebon telah berdatangan memadati area Komplek Pemakamaman Sunan Gunung Jati.

Selain untuk berziarah, banyak di antaranya yang berebut bersalaman dengan Sultan Kanoman, P.R. Emirudin beserta kerabat Keraton Kanoman.

BACA YUK:  Anda Bisa Berwisata Gerabah di Desa Sitiwinangun, Ada Paket Wisata Makan Empal Blotong

Dalam acara Grebeg Syawal, seluruh pintu masuk yang jumlahnya mencapai sembilan buah dibuka oleh petugas kompleks pemakaman dari yang lokasinya terendah hingga paling tinggi. Namun, masyarakat umum hanya diperkenankan hingga pintu ketujuh serta di pungkuran  yang bisa dijangkau dari samping luar bangunan kompleks Gunung Sembung.

Ribuan warga Cirebon dan dari luar Cirebon, sejak pagi hingga siang berbondong-bondong memadati acara Grebeg Syawal yang berada di Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati Cirebon.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *