Tradisi Gentong Haji di Cirebon Masih Dilestarikan

0
68
Tradisi Gentong Haji di Cirebon

Cirebon,- Tradisi Gentongan atau Gentong Haji di Cirebon sampai saat ini masih terus dilestarikan seperti di Desa Pangkalan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon tradisi tersebut masih dipertahankan.

Setia musim haji, tradisi Gentong Haji di Cirebon terus dipertahankan yakni tradisi tersebut menandakan bahwa ada salah satu keluarga yang sedang menunaikan ibadah haji.

Aston Hotel

Uniah, warga Desa Pangkalan, Kecamatan Plered mengatakan tradisi gentong haji bertujuan untuk bersedekah dan mencari berkah.

Setiap hari, Uniah selalu menyimpan gentong haji tersebut di depan rumahnya yang sudah diisi dengan air. Ditempat tersebut juga sudah disediakan gelas.

“Adanya Gentong Haji didepan rumah, untuk menunjukkan bahwa salah satu keluarga sedang berangkat haji,” ujarnya, Senin (30/7/2018).

“Yang sedang berangkat haji ibu saya, waktu hari Minggu (29/7) kemarin. Tapi, gentong haji sudah disimpan sejak hari Sabtu (28/7),” imbuhnya.

Setia orang, kata Uniah, dipersilakan untuk meminum air yang sudah disediakan di dalam gentong tersebut.

“Tradisi seperti ini sudah dijalankan turun menurun dan setiap tahun bila ada yang berangkat haji. Niatnya untuk bersedekah saja,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan adanya gentong haji, agar keluarga yang sedang berangkat haji merasa adem dan tidak kepanasan saat menjalankan ibadah haji.

Gentong Haji, tambah Uniah, akan ada terus di depan rumah sampai keluarga yang berangkat kembali pulang ke rumah.

“Selain gentong haji, keluarga juga menggelar pengajian di rumah,” tandasnya. (AC212)