TPID Kota Cirebon Lakukan Sidak Pasar Jelang Natal dan Libur Akhir Tahun

Cirebon,- Sebagai Upaya Antisipasi menghadapi Hari Besar Keagamaan dan Libur Akhir Tahun, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pasar tradisional Kota Cirebon, Jumat (20/12/2019).

Sidak tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kota Cirebon (Asda II) Sumanto didampingi oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono juga Kepala Bulog Sub Divre IV Cirebon, Topan Ruspayandi.

Anggota TPID termasuk satgas pangan mengunjungi beberapa pedagang komoditas di Pasar Pagi dan Pasar Kanoman untuk melihat perkembangan harga dan keamanan stock komoditas yang selama ini menjadi penyumbang inflasi di akhir tahun.

BACA YUK:  Biznet Bangun Infrastruktur Internet Masa Depan di Pulau Bangka

Sumanto menjelaskan dari sidak di dua pasar tersebut diperoleh informasi bahwa hampir seluruh komoditas pangan harganya relatif stabil dan stock masih mencukupi mulai dari beras premium, beras medium, bawang merah, bawang putih, daging ayam , daging sapi, tepung terigu, minyak goreng, cabe rawit dan cabe keriting dan cabe merah.

“Hanya dua komoditas yang sedikit mengalami kenaikan yaitu cabai merah dan telur ayam ras,” ujar Sumanto.

Lanjut Sumanto, meskipun hampir semua komoditas pangan tidak mengalami kenaikan, namun TPID tetap menghimbau kepada semua pihak dan stakeholder harus tetap waspada dan selalu melakukan pemantauan harga secara intens.

BACA YUK:  Polri dan Pesantren Buntet akan Deklarasi Kawal NKRI

“Kami menghimbau kepada semua pihak dan stakeholder terkait untuk tetap waspada dan selalu memantau jelang libur akhir tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono mengatakan bahwa inflasi sampai dengan November 2019 terkendali dan diprediksikan sampai dengan akhir tahun masih tetap di bawah target inflasi nasional 3.5 persen plus minus 1 persen bahkan diprediksi bisa dicapai jauh di bawah target.

“Hal tersebut berkat kerja sama seluruh pihak termasuk peran dan upaya TPID selama ini,” singkatnya. (AC212)

BACA YUK:  Panjunan Disiapkan Menjadi Destinasi Kampung Arab
(Dilihat: 18 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.