Tong-tong Enon Kembangkan Bisnis Penjualan Tanaman dan Pembuatan Taman

Cirebon,- Berawal dari kesulitan penjualan barang bekas Tong-Tong Enon di tengah Pandemi Covid-19, membuat Suhanan (43) mengembangkan bisnis dengan menjual tanaman dan pembuatan taman.

Kondisi Pandemi Covid-19 ini, bisnis pembuatan tempat sampah, kursi dari tong dan sejenisnya menurun hingga 90 persen. Karena, menurut Enon sapaan akrab Suhanan penjualan barang-barang di Tong-Tong Enon cenderung ke pemerintahan, seperti pemda, sekolah, hingga desa-desa.

“Karena pandemi ini dan mungkin anggaran dialihkan, akhirnya tidak ada pesanan. Hanya mengandalkan konsumen swasta dan rumahan dan itu sangat jauh sekali menurun 90 persen,” ujar Enon saat ditemui About Cirebon di Desa Cengkoak, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/11/2020).

BACA YUK:  Kini Versus Café Buka dari Siang dan Berikan Diskon 30 Persen untuk Semua Menu

“Bahkan ada pengurangan pegawai, dari yang 5 orang pegawai kini hanya tinggal dua orang,” tambahnya.

Atas kondisi tersebut dan dapur agar tetap ngebul, Enon mencoba mengembangkan bisnis penjualan tanaman bonsai taman dan juga menerima pembuatan taman serta kolam ikan yang dinamakan N-On Garden.

“Saya beralih penjualan tanaman karena banyaknya permintaan drum untuk tanaman. Akhirnya saya terinspirasi, bahwa usaha sebelumnya ada kaitannya dengan bunga dan taman,” ungkap Enon.

Sehingga, lanjut Enon, usaha ini bisa dikembangkan dalam arti tidak meninggalkan usaha yang lama dan bisa menjadi alternatif usaha ditengah Pandemi Covid-19.

BACA YUK:  Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Sejumlah Pohon Langka Ditanam di Mapolresta Cirebon

“Tanaman yang dijual disini, saya ambil dari para petani tanaman, pemburu tanaman baik itu dari Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, bahkan dari Cirebon sendiri sampai ke daerah Jawa Tengah,” bebernya.

Untuk jenis tanaman yang dijual, kata Enon, sangat beragam, mulai dari tanaman serut, anting putri, yasmi, putri salju, dan yang berhubungan dengan taman.

“Di tengah Pandemi ini selalu ada peluang. Selagi kita mau mencari yang saat ini lagi banyak digemari, tetapi tidak putus kedepannya. Karena setiap orang yang membangun rumah, pasti membutuhkan tanaman,” jelasnya.

BACA YUK:  DPRD dan Pemda Kota Cirebon Sepakati KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022

Pandemi ini, menurut Enon, bukan menjadi alasan kita malas untuk berusaha, malas untuk bekerja, tapi justru Pandemi ini inspirasi kita untuk menggali potensi dalam diri kita maupun potensi yang ada dilingkungan kita.

“Alhamdulillah, permintaan pembuatan taman, kolam hias di tengah Pandemi ini ada peningkatan. Mungkin banyak orang tinggal di rumah, mencoba hobi baru, atau untuk menghilangkan penat ,” katanya.

N-On Garden yang ada berada di Desa Cengkoak, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon ini menerima pembuatan taman, kolam ikan hias, jasa perawatan taman dan penyewaan tanaman. (AC212)

(Dilihat: 30 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.