Selasa, 26 Januari 2021

Tong-tong Enon Kembangkan Bisnis Penjualan Tanaman dan Pembuatan Taman

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Cirebon,- Berawal dari kesulitan penjualan barang bekas Tong-Tong Enon di tengah Pandemi Covid-19, membuat Suhanan (43) mengembangkan bisnis dengan menjual tanaman dan pembuatan taman.

Kondisi Pandemi Covid-19 ini, bisnis pembuatan tempat sampah, kursi dari tong dan sejenisnya menurun hingga 90 persen. Karena, menurut Enon sapaan akrab Suhanan penjualan barang-barang di Tong-Tong Enon cenderung ke pemerintahan, seperti pemda, sekolah, hingga desa-desa.

“Karena pandemi ini dan mungkin anggaran dialihkan, akhirnya tidak ada pesanan. Hanya mengandalkan konsumen swasta dan rumahan dan itu sangat jauh sekali menurun 90 persen,” ujar Enon saat ditemui About Cirebon di Desa Cengkoak, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/11/2020).

Loading...
BACA YUK:  Pintar Memilih Peluang di Tengah Pandemi

“Bahkan ada pengurangan pegawai, dari yang 5 orang pegawai kini hanya tinggal dua orang,” tambahnya.

Atas kondisi tersebut dan dapur agar tetap ngebul, Enon mencoba mengembangkan bisnis penjualan tanaman bonsai taman dan juga menerima pembuatan taman serta kolam ikan yang dinamakan N-On Garden.

“Saya beralih penjualan tanaman karena banyaknya permintaan drum untuk tanaman. Akhirnya saya terinspirasi, bahwa usaha sebelumnya ada kaitannya dengan bunga dan taman,” ungkap Enon.

Sehingga, lanjut Enon, usaha ini bisa dikembangkan dalam arti tidak meninggalkan usaha yang lama dan bisa menjadi alternatif usaha ditengah Pandemi Covid-19.

“Tanaman yang dijual disini, saya ambil dari para petani tanaman, pemburu tanaman baik itu dari Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, bahkan dari Cirebon sendiri sampai ke daerah Jawa Tengah,” bebernya.

Untuk jenis tanaman yang dijual, kata Enon, sangat beragam, mulai dari tanaman serut, anting putri, yasmi, putri salju, dan yang berhubungan dengan taman.

“Di tengah Pandemi ini selalu ada peluang. Selagi kita mau mencari yang saat ini lagi banyak digemari, tetapi tidak putus kedepannya. Karena setiap orang yang membangun rumah, pasti membutuhkan tanaman,” jelasnya.

BACA YUK:  Grage Group Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Desa Slangit ⁣⁣

Pandemi ini, menurut Enon, bukan menjadi alasan kita malas untuk berusaha, malas untuk bekerja, tapi justru Pandemi ini inspirasi kita untuk menggali potensi dalam diri kita maupun potensi yang ada dilingkungan kita.

“Alhamdulillah, permintaan pembuatan taman, kolam hias di tengah Pandemi ini ada peningkatan. Mungkin banyak orang tinggal di rumah, mencoba hobi baru, atau untuk menghilangkan penat ,” katanya.

N-On Garden yang ada berada di Desa Cengkoak, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon ini menerima pembuatan taman, kolam ikan hias, jasa perawatan taman dan penyewaan tanaman. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ruang Isolasi Mandiri di The Radiant Hotel Cirebon Sudah Terisi 9 Pasien

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di The Radiant Hotel Cirebon. Namun,...

PPKM di Kabupaten Cirebon Diperpanjang Hingga 8 Februari 2021

Cirebon,- Pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kabupaten Cirebon berakhir hari ini 25 Januari 2021. Namun, Bupati Cirebon Drs. H. Imron akan memperpanjang...

ACT Cabang Cirebon Kirim Bantuan Untuk Sulbar dan Kalsel

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Cirebon melepas bantuan dari Cirebon untuk korban terdampak bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin...

Maryam Qonita, Wanita dari Kuningan yang Pernah Mewakili Indonesia di Forum PBB⁣

Kuningan,- Tidak pernah terbayangkan oleh Maryam Qonita bisa menempuh pendidikan beasiswa S2 hingga ke New York University di Amerika Serikat. Dengan kesederhanaan yang dimiliki,...

More Articles Like This