Tol Cisumdawu Bandung-Cirebon akan Lewati Terowongan, Ini Penampakannya

Jakarta, 25 November 2017, – Proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61,6 kilometer hingga kini masih dalam proses pembangunan. Proyek strategis nasional pemerintahan Presiden Joko Widodo ini ditargetkan selesai pada 2019 nanti.

Nantinya jalan tol yang bisa menghubungkan Bandung-Cirebon ini akan dilengkapi terowongan. Lokasi konstruksi terowongan di Desa Cilengser Kabupaten Sumedang dengan panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Progres pembangunan terowongan yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang ini masuk dalam pengerjaan di seksi 2 Fase II.

Terowongan di Tol Cisumdawu

“Saat ini sudah berhasil menembus sepanjang 65 meter,” dalam keterangan tertulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima About Cirebon, Sabtu (25/11/2017).

BACA YUK:  Rindoe Taloen Referensi Wisata Anak dan Kuliner yang Asik di Cirebon

Pada ruas ini juga sedang dilakukan pembangunan Jembatan Cinampel yang telah mencapai tahap pengecoran pilar. Ditargetkan penyelesaian pembangunan seksi 2 fase II yakni September 2019.

Pembangunan ruas tol Cisumdawu ini terbagi menjadi 6 seksi. Seksi 1 dan 2 menjadi porsi pemerintah yang pendanaanya menggunakan pinjaman dari Pemerintah China. Sedangkan untuk seksi 3 hingga 6 dibangun melalui investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol. Investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan tol ini sekitar Rp 8,4 triliun. (AC350)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *