Tips Staycation Seru Bersama Keluarga Tanpa Menguras Isi Kantong

Keterbatasan waktu sering membuat rencana liburan sulit diwujudkan. Padahal, kita tetap bisa meluangkan waktu untuk melakukan liburan singkat, misalnya staycation. Kita bisa sewa apartemen atau kamar hotel untuk melepas penat setelah sibuk beraktivitas. Kalau ingin merasakan sensasi liburan secara maksimal, coba deh merealisasikan rencana staycation bersama keluarga dalam waktu dekat.

Apa sih yang dimaksud dengan Staycation?

Staycation bisa didefinisikan sebagai liburan singkat yang dilakukan tanpa bepergian ke luar kota. Kita bisa menginap selama satu hingga beberapa malam di hotel atau apartemen dalam kota. Sensasi serunya mirip dengan wisata ke luar kota karena suasananya berbeda dari rumah.

Ketika akan staycation, tentu saja kita tak boleh mengabaikan beberapa hal penting ini:

Memilih Hotel atau Apartemen sesuai Bujet

Kalau tetap ingin berhemat selama staycation, sebaiknya kita memilih hotel atau apartemen yang tarif sewanya sesuai bujet. Sekarang, sewa apartemen Jakarta Selatan dan kawasan Jakarta lainnya makin mudah dan hemat. Kamu bisa mencari referensi apartemen untuk staycation melalui Traveloka sehingga bisa menyesuaikannya sesuai bujet. Kalau punya bujet cukup besar dan menginginkan fasilitas apartemen yang lebih lengkap, kamu juga leluasa memilih apartemen yang tarif sewanya sedikit lebih mahal. Jangan lupa mencari review di internet terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan apartemen, ya.

BACA YUK:  OPINI : Cirebon Katon ; Tari Topeng Cirebon Kesenian yang Jadi Media Dakwah

Kapasitas Kamar yang Memadai

Staycation bersama pasangan dan anak jelas membutuhkan kapasitas kamar yang besar agar kita sekeluarga leluasa beraktivitas di apartemen. Oleh sebab itu, kita harus memilih kamar hotel dengan teliti. Jangan sampai memesan kamar yang terlalu kecil hingga terasa kurang nyaman bagi keluarga. Jika apartemen berkapasitas besar sudah sold out, alangkah lebih baik jika kita memilih apartemen lain yang pilihan kamarnya masih lengkap.

Jangan Membawa Pekerjaan saat Staycation

Membawa pekerjaan adalah hal yang diharamkan selama staycation. Karena tujuan staycation adalah rileks sejenak meninggalkan rutinitas yang melelahkan. Sebaiknya kita menyiapkan jeda waktu yang cukup untuk meninggalkan pekerjaan. Bila perlu, kita juga bisa memanfaatkan jatah cuti untuk memaksimalkan pengalaman staycation. Momen staycation yang menyenangkan tak boleh terganggu oleh kehadiran pekerjaan yang menyita waktu.

BACA YUK:  Simak Baik-baik, Inilah Syarat Naik Kereta Api Terbaru Mulai 5 April 2022

Menghindari Staycation di Masa Liburan

Momen liburan biasanya memang dimanfaatkan banyak orang untuk staycation. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan ketika pandemi. Staycation saat pandemi justru berisiko bagi kesehatan karena penginapan dan tempat hiburan biasanya dipenuhi pengunjung. Alangkah lebih baik jika kita memilih momen staycation di hari biasa (weekday) agar tak perlu beraktivitas di kerumunan dan bisa menikmati suasana liburan secara maksimal.

Mengecek Protokol Kesehatan di Apartemen

Sebelum menentukan tempat staycation saat pandemi, kita wajib mengecek protokol kesehatan di apartemen yang kita inginkan. Proses pengecekan bisa dilakukan melalui akun media sosial resmi penginapan tersebut, menelepon dan bertanya, atau menyimak testimoni dari pengunjung yang pernah menginap. Pastikan kalau penginapan yang akan kita pilih benar-benar beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak berisiko bagi kesehatan, terutama jika kita akan menginap bersama pasangan dan anak.

Selain itu, kita juga wajib membawa beberapa perlengkapan berikut ini untuk menjaga kebersihan:

  • Masker medis dan cadangan dalam jumlah cukup.
  • Cairan disinfektan untuk membersihkan seisi ruangan apartemen.
  • Hand sanitizer, tisu basah antiseptik, dan tisu kering.
  • Perlengkapan ibadah dan peralatan makan pribadi.
BACA YUK:  Libur Lebaran Idulfitri 2022, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Capai 90 Persen

Mencoba Aktivitas Seru di Luar Ruangan

Staycation saat pandemi bukan berarti membuat kita harus berada di kamar sepanjang hari. Pasti bosan banget ya kalau hanya berdiam di apartemen seharian. Sebaiknya kita mencoba berbagai aktivitas seru di luar ruangan, misalnya jalan-jalan di sekeliling apartemen, jogging di taman, atau wisata kuliner. Selain mengurangi rasa bosan, aktivitas sederhana ini akan membuat tubuh Anda tetap fit dan bersemangat. Namun, jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan dan menjaga kebersihan tubuh sewaktu beraktivitas di luar ruangan, ya. Sehingga kita sekeluarga tetap sehat sepulang dari staycation.

Jika punya sedikit waktu luang, yuk coba cari referensi sewa apartemen untuk staycation di Jakarta Selatan maupun kawasan Jabodetabek lainnya. Klik website atau aplikasi Traveloka supaya proses reservasi apartemen makin praktis dan hemat. Selamat mewujudkan rencana staycation! (*)

(Dilihat: 18 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.