Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Cukup Umur

Cirebon,- Menjelang perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, banyak umat Muslim yang mencari hewan kurban. Biasanya, jenis hewan kurban yang dipilih yakni domba, kambing, maupun sapi.

Untuk mencari hewan untuk berkurban yang sesuai syariat, tentunya harus diperhatikan dari sisi usia hingga kesehatan dari hewan kurban itu sendiri. Karena, hewan kurban yang akan disembelih memiliki persyaratan yang berbeda.

drh. Arsi Kurniawan, Dokter Hewan Berwenang dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon menjelaskan untuk hewan kurban yang sudah memenuhi kriteria, minimal berumur 1 tahun untuk kambing dan domba. Serta ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

BACA YUK:  Jasa Foto Busana Adat Jawa Kini Hadir di Cirebon

“Sedangkan untuk sapi minimal berumur 2 tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap,” ujar drh. Arsi saat ditemui About Cirebon usai pengecekan hewan kurban di Jalan Kalijaga, Kota Cirebon, Selasa (11/6/2024).

Selain dari sisi usia, kata drh. Arsi, kondisi fisik hewan kurban juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pastikan hewan tersebut memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, bulunya tidak kusam.

“Dari sisi kesehatan hewan kurban itu sehat, seperti dari makan dan minum baik, terlihat ceria, mata cerah. Kemudian hewan kurban tidak cacat, seperti tidak buta, tidak pincang, telinga hewan tidak rusak, testis yang masih lengkap dengan bentuk dan letaknya simetris,” bebernya.

BACA YUK:  Cycling de Jabar 2024, Salah Satu Event Sport Tourism di Jawa Barat

Selain itu, tambah Arsi, untuk memastikan kesehatan hewan kurban, yang ingin membeli hewan kurban untuk menanyakan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) sebagai acuan. Ditambah dengan yang sudah berlabel sehat.

Di tempat yang sama, Kepala DKPPP Kota Cirebon, Elmi Masruroh menambahkan untuk pembagian hewan kurban diimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik berwarna hitam.

“Kami imbau kepada masyarakat, nanti pada saat pembagian hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik berwarna hitam. Tapi bisa menggunakan wadah lain yang tetap terjaga kebersihannya,” singkat Elmi. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *