Tingkatkan Sektor Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Disbudpar Kabupaten Cirebon Gelar Cirebon Creative Expo 2023

Cirebon,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon menggelar Cirebon Creative Expo 2023. Event tersebut berlangsung di Creative Center Ahmad Djuhara, Kawasan Gedung Negara Krucuk Kota Cirebon, Minggu (10/12/2023).

Acara yang berlangsung dari pagi hingga malam hari itu, menghadirkan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba-lomba, expo ekraf, bazar UMKM, demo masak kuliner khas Cirebon, hingga diskusi panel Ekonomi Kreatif se- Cirebon Raya.

Bayu Suradilaga, S. Par, Kepala Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon mengatakan Cirebon Creative Expo 2203 ini sebagai bentuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Cirebon. Dalam event ini menghadirkan berbagai kegiatan.

BACA YUK:  Dengan Kecepatan Terbatas, Jalur Haurpugur – Cicalengka Sudah Bisa Dilewati Kereta Api

“Tujuan dari Cirebon Creative Expo 2023 ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat pada sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Cirebon. Kami menyajikan lomba-lomba, expo ekraf, bazar UMKM ekraf, demo masak kuliner cirebon, hingga diskusi panel ekraf se-Cirebon Raya,” ujar Bayu.

Menurut Bayu, lomba-lomba yang disajikan dalam Cirebon Creative Expo 2023 mulai dari lomba tari kreasi untuk pelajar SMP sederajat, lomba kaligrafi piktografi pelajar SMP sederajat, dan juga lomba fotogragi untuk umum.

“Lomba -lomba yang digelar merupakan sub-sektor sub-sektor yang ada di ekonomi kreatif,” katanya.

BACA YUK:  Malam Pergantian Tahun, Aston Cirebon Hotel Hadirkan Kisah 1001 Malam

Dengan dihadirkannya lomba-lomba tersebut, Bayu berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru regenearasi ekonomi kreatif di Kabupaten Cirebon pada masa yang akan datang.

Selain itu, tambah Bayu, kegiatan Cirebon Creative Expo juga menyelenggarakan expo ekraf seperti pameran batik tulis Ciwaringin, batik tulis Trusmi, ecoprint, aneka kerajinan tangan berupa kulit dan aksesoris.

“Pada bazar UMKM Ekraf juga terdapat aneka jajanan Ekraf yang bersertifikasi HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk demo masak kreasi kuliner khas Cirebon pada Cirebon Creative Expo 2023 mengangkat kuliner khas Cirebon dan menu minuman terbarukan dengan memanfaatkan tape bakung.

BACA YUK:  Realisasi Investasi Masih Tinggi, Perekonomian Jabar 2024 Masih Bakal Tumbuh Positif

“Kuliner yang diangkat ini dengan kreasi baru seperti mie koclok, Mojito Tape Bakung, dan juga cake tape bakung. Kami juga menghadirkan Diskusi Panel Ekonomi Kreatif se- Cirebon Raya,” bebernya.*

Bayu berharap kegiatan Cirebon Creative Expo 2023 ini bisa digelar secara berkesinambungan di tahun-tahun yang akan datang.

“Sehingga, dengan kegiatan ini dapat memperkuat ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif di Cirebon Raya,” harapnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *