Tingkatkan SDM, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Lakukan Uji Ketangkasan dan Ketahanan Fisik

Cirebon,-  Untuk meningkatkan pelayanan maksimal untuk masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon melakukan uji ketangkasan ketahanan fisik para barisan relawan pemadam kebakaran (Balakar). Hal tersebut, upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Melalui uji ketangkasan dan ketahanan fisik para Balakar, menurut Kepala DPKP Kota Cirebon, Adam Nuridin merupakan hal utama bagi petugas lapangan. Sehingga, lanjut Adam, kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin.

“Dilakukan secara rutin. Ujian yang dilakukan itu juga disertai dengan peningkatan keterampilan saat menjalankan tugas,” ujar Adam, Kamis (19/5/2022).

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 17 Mei 2022

Keterampilan yang wajib dikuasai, kata Adam, adalah penggunaan selang, merayap di tambang, penyelamatan korban, hingga menguji kecepatan dan ketepatan dalam penyelamatan.

“Peningkatan uji ketangkasan dan ketahanan fisik sangat penting. Jangan sampai kita yang menolong warga, justru kita yang ditolong karena memiliki fisik yang lemah,” tuturnya.

Selain itu, Balakar DPKP Kota Cirebon juga kerap mengikuti kompetisi keterampilan dan ketangkasan dengan Damkar se-Indonesia. Salah satunya pada Juli 2022 mendatang, yakni pada Hari Jadi DKI.

Terkait layanan, kata Adam, pihaknya ingin memberi kemudahan bagi warga. Karena berbekal laporan dan data valid, maka petugas akan turun langsung ke lapangan.

BACA YUK:  Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik, Harga Cabe Rawit Merah Tembus Rp93.750 Per Kilogram

“Jadi tidak perlu ada surat RT/RW. Karena itu pasti memperlambat layanan. Selain itu pelayanan juga gratis. Petugas tidak memungut biaya apapun,” kata Adam.

Pihaknya juga bersyukur, karena selama memberikan layanan cepat bisa mendapat respons baik oleh warga. Bahkan tingkat kepuasan atas layanan Damkar Kota Cirebon mencapai 92 persen.

“Angka tersebut diketahui setelah kami melakukan survei mandiri kepada warga yang meminta bantuan DPKP Kota Cirebon. Ada 300 warga yang diberikan angket. Semuanya memberikan kepuasan dan respon baik,” terangnya.

BACA YUK:  Cegah Banjir Rob, Pemkot Kota Cirebon Minta BBWS Buatkan Pintu Air

Perlu diketahui, selama ini DPKP Kota Cirebon tidak hanya bertugas melakukan pemadam saat kebakaran. Melainkan sesuai dengan panca darma, yakni pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). (HSY)

(Dilihat: 27 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.