Tingkatkan Partisipasi Pemilih Milenial, KPU Kota Cirebon Gelar Lomba Kreasi Seni

0
26

Cirebon,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon menggelar kegiatan lomba kreasi seni pemilu serentak tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Kebumen, Jalan Palang Merah, Kota Cirebon, Sabtu (6/4/2019).

1. Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Aston Hotel

Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mengatakan pemilu merupakan hajat bangsa Indonesia, sehingga pemilu harus memberikan kesan yang menyenangkan dan menggembirakan.

“Oleh karena itu, pemilu harus mendesain sebagai kegiatan yang mengarahkan dan memaksimalkan potensi masyarakat, khususnya pemilih,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Didi, kegiatan Lomba Kreasi Seni yang diselenggarakan oleh KPU Kota Cirebon merupakan rangkaian untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu 2019, khususnya kepada pemilih pemula.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

“Kegiatan ini juga diselenggarakan secara nasional, namun setiap daerah melakukannya dengan waktu yang berbeda-beda,” terangnya.

2. Peserta Kaum Milenial

Lomba kreasi seni pemilihan umum serentak tahun 2019, kata Didi, melibatkan banyak lapisan, terutama para generasi milenial dari pelajar SMA se Kota Cirebon.

“Peserta yang ikut sekitar 20 peserta,” ungkapnya.

Menurutnya, dari kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesan kepada kaum milenial, bahwa hajat besar ini harus menyenangkan dan menggembirakan.

3. Generasi Milenial 40 persen

Lebih lanjut Didi menjelaskan bahwa pemilih yang dikategorikan dari generasi milenial di Kota Cirebon potensinya sangat besar sekali.

“Di Kota Cirebon itu sekitar 40 persen katagori pemilih milenial dan juga pemilih pemula dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebesar 238.003,” bebernya.

Generasi milenial ini, lanjut Didi, merupakan pemilih secara realitas dan realistis. Artinya, mereka yang memilih tidak hanya sekedar simbolis, tetapi memilih dengan target dan indikator pertimbangan.

“Indikator pertimbangannya biasanya dari rekam jejak calon, visi misi, dan program kerja yang hendak digulirkan,” jelasnya. (AC212)